oleh

Daihatsu Rocky Hybrid, Angin Segar Untuk Indonesia

Daihatsu Motor Corporation nampaknya punya mainan baru untuk sport utility vehicle (SUV) terbarunya Rocky. Pabrikan saat ini menyiapkan Daihatsu Rocky hybrid untuk memenuhi kebutuhan pasar global, seperti diberitakan oleh Asia Nikkei

Dalam pengembangannya, Daihatsu Rocky hybrid tentunya tak akan sendiri. Daihatsu turut menggandeng Toyota, untuk memproduksi varian terbaru Rocky. Dengan kata lain bisa dipastikan bahwa Toyota Raize juga bakal hadir dalam pilihan mesin hibrida.

Pada pelaksanaannya, kehadiran Daihatsu Rocky hybrid menjadi upaya pabrikan untuk menjawab permintaan pemerintah Jepang, untuk menurunkan kadar emisi karbon 0 persen pada 2050. Sejalan dengan itu, tentunya tak menutup kemungkinan jika Rocky versi ramah lingkungan juga akan ditawarkan untuk sejumlah negara lainnya.

Apalagi peluangnya untuk masuk Indonesia, tentu bakal terbuka lebar. Mengingat diproyeksikan mobil ini juga akan diproduksi di Indonesia.

Tentunya kehadiran Daihatsu Rocky hybrid menjadi angin segar bagi pasar otomotif Tanah Air. Karena Indonesia pun sudah memasuki era mobil ramah lingkungan, terlebih di masa yang akan datang.

Baca juga  5 Produk Modifikasi Mobil Daihatsu di Tokyo Auto Salon 2021

Siap Masuk Indonesia

daihatsu rocky hybrid
Daihatsu pernah pula memamerkan prototipe sistem hybrid di Indonesia pada GIIAS 2018

Berdasarkan sumber Moladin, dalam waktu dekat bukan Daihatsu Rocky hybrid yang lebih dulu dipasarkan untuk pasar nasional. Melainkan Rocky yang masih mengandalkan mesin bensin.

Rocky Hybrid diproyeksi bakal punya banderol yang sedikit lebih mahal dari varian bensin. Hal ini bukan tanpa alasan bila melihat sejumlah teknologi yang tersemat.

Mesin hybrid di Rocky terbaru bakal lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar 20 hingga 30 persen, dibanding versi bensin biasa. Urusan teknologi, kemungkinan bakal mengadopsi mesin hybrid Toyota. Sistem hybrid milik Toyota sendiri akan berfungsi saat mesin mati atau hanya ketika awal kendaraan melaju.

Belum ada kata terlambat bagi Daihatsu untuk mulai ambil bagian di segmen mobil bertenaga hybrid. Pasalnya, jauh sebelum saat ini Daihatsu pernah memperkenalkan Hijet Hybrid yang ditawarkan untuk pasar Jepang hingga tahun 2010 lalu dengan jumlah unit terbatas.

Mereka juga pernah memamerkan sistem prototipe mobil hybrid pada GIIAS 2018 dengan nama Daihatsu Advanced Tech.

Daihatsu Rocky Hybrid Hadir Untuk Menjawab Tantangan

Daihatsu Rocky Hybrid
Daihatsu Rocky Hybrid

Bicara lebih mendalam mengenai Daihatsu Rocky Hybrid, nampaknya mobil ini sebagai jawaban pabrikan untuk menunjukkan komitmen mereka memasuki era kendaraan listrik dunia.

Baca juga  3.000 All New Honda BR-V Mulai Dikirim ke Konsumen

Sejalan dengan adanya permintaan khusus dari pemerintah Negeri Sakura. Di mana pemerintah Jepang memang menargetkan semua mobil baru pada tahun 2035 menggunakan teknologi listrik.

Seiring dengan itu, Rocky Hybrid juga sebenarnya cocok untuk pasar domestik. Namun kehadirannya kemungkinan untuk beberapa tahun mendatang.

Dalam waktu dekat, kemungkinan Daihatsu Rocky bermesin 1.0 liter turbo yang bakal dijual di Indonesia. Sekadar informasi, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menjadi salah satu mobil terlaris di Jepang.

Sejak diluncurkan pada tahun 2019 lalu, tercatat mobil ini membukukan penjualan yang tinggi. Pertanyaan besarnya, apakah mobil ini juga bakal laris di Indonesia? Kita tunggu bersama peluncurannya di Indonesia.

Baca juga: 

Terbaru