by

Menebak Produk Baru Daihatsu Indonesia, Rocky Apa Taft?

Guna memperkuat pasar mereka di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tentunya bakal memboyong sejumlah line-up produk baru Daihatsu ke Indonesia. Kuat dugaan sementara bahwa produk yang paling dekat dengan pasar domestik adalah Daihatsu Rocky.

Namun sangat disayangkan, karena terdampak pandemi virus korona atau Covid-19 melanda dunia dan juga Indonesia. Hingga saat ini, pihak ADM masih enggan membeberkan secara rinci terkait kehadiran produk baru Daihatsu tersebut.

Tak banyak yang bisa diungkapkan para petinggi Daihatsu Indonesia terkait produk terbarunya itu. Pun begitu, sejatinya tak menutup kemungkinan bahwa Daihatsu Rocky bakal dijajakan di Indonesia.

Menanggapi kehadiran produk baru Daihatsu di Indonesia, petinggi ADM pun seakan memberi sinyal kuat terkait kehadiran jajaran produk teranyar mereka untuk Tanah Air.

“Gambarannya yang sudah launching di Jepang, di Indonesia tunggu deh pada waktunya akan kami informasikan,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor ketika berbincang via digital dengan Moladin, Jumat (11/9/2020).

Kehadiran Daihatsu Rocky sendiri seakan menjadi angin segar bagi segmen sport utility vehicle (SUV) di Indonesia. Produk yang dirilis pada Oktober 2019 lalu itu mendapatkan sambutan positif dari konsumen di Jepang.

Baca juga  Avanza-Xenia Generasi Terbaru Bermesin Turbo atau Hybrid?

Hal ini terungkap dari data pemesanan yang sangat tinggi. Di mana dalam kurun waktu tujuh bulan, Daihatsu Rocky sudah berhasil terjual sebanyak 23.103 unit.

Mengacu pada data tersebut, bukan tidak mungkin Rocky sebagai produk baru Daihatsu juga bakal diterima pasar di Indonesia. Sayangnya Amel masih menutup rapat mengenai informasi terkait kondisi pasar maupun riset dari calon produk terbarunya itu.

Intinya, saat ini para pecinta mobil Daihatsu di Indonesia harus menunggu lagi. Karena yang pasti peluncuran dari produk baru Daihatsu itu bisa dipastikan tidak berlangsung di tahun 2020.

Baca juga:

Mengulas Kemungkinan Produk Baru Daihatsu di Indonesia

Produk baru Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky dipastikan tidak akan meluncur tahun 2020

Membahas lebih dalam mengenai kemungkinan produk baru Daihatsu untuk pasar Indonesia. Sejatinya masih banyak line-up produk pabrikan asal Jepang itu yang cocok untuk pasar domestik.

Menariknya lagi, seluruh produk baru Daihatsu saat ini sudah mengusung platform baru yang disebut dengan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Struktur rangka terbaru ini dipastikan akan menjadi basis kendaraan terbaru Daihatsu.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Taft 2020, Rival Suzuki Jimny!

Penggunaan platform DNGA sendiri ditujukan untuk model kei car, maupun mobil segmen A dan B. Termasuk diantaranya Daihatsu Tanto, Taft, hingga Rocky terbaru yang sudah menggunakan platform itu.

Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Div. Head PT ADM menjelaskan, “Dengan DNGA selain performa optimal, kendaraan lebih solid dan stabil, kemudian memungkinkan beberapa teknologi canggih bisa diterapkan di semua model”.

“Penggunaan platform tersebut membuat mobil lebih memiliki kelapangan kabin. Meski secara dimensi, DNGA diperuntukkan mobil berukuran kecil,” jelas Anjar.

Ia pun sempat memberikan gambaran singkat mengenai platform DNGA, seperti yang digunakan pada Daihatsu Tanto. Kei Car itu punya kabin luas dan tanpa pilar B sehingga aksesnya jadi lebih mudah.

“Kalau untuk Rocky dengan mesin 1.000 cc turbo tapi setara tenaga mesin 1.500 cc namun konsumsi BBM lebih efisien, sementara Taft daya tampungnya juga luas makanya cocok untuk berbagai aktivitas,” beber Anjar.

Meski sudah memberikan gambaran mengenai platform DNGA untuk jajaran produk baru Daihatsu. Namun Ia masih belum memastikan kapan waktu yang tepat bagi Daihatsu Indonesia untuk memproduksi produk-produk terbaru tersebut.

Baca juga  5 Kekurangan Daihatsu Sigra, Ketahui Sebelum Beli

Padahal informasi tersebut dapat memperkuat kapan pabrikan mulai memproduksi Rocky. Kendati begitu, Anjar hanya menyatakan dari 3 model Daihatsu yang sudah di-DNGA-kan itu, hanya Rocky yang bakal diterapkan di Indonesia.

Pertanyaan besarnya, jadi kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk Daihatsu Rocky mengaspal di Indonesia. Mengingat saat ini segmen SUV di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Well.. kita tunggu bersama kehadiran jajaran produk baru Daihatsu di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian para pecinta mobil Daihatsu di Tanah Air.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru