Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, Mana Pilihanmu?

by Deni Ferlindungan
Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio

Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio – Mau beli mobil jenis low multi purpose vehicle (MPV), saat ini pilihannya sangat beragam. Dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, hingga Wuling seri Confero.

Seluruh produk tersebut menawarkan daya angkut yang besar, baik untuk penumpang maupun barang. Harga yang ditawarkan pun cenderung terjangkau. Hal ini yang membuat produk LMPV masih diminati masyarakat di Tanah Air.

Penjualan segmen mobil keluarga 7-penumpang di Indonesia, di dominasi oleh Toyota Avanza. Meski dominasinya kini sedikit terusik melalui kehadiran Mitsubishi Xpander.

Pun begitu, jangan lupakan juga saudara kembar Avanza, yakni Daihatsu Xenia. Produk ini pun sejatinya cukup laris dipasar Nasional.

Daihatsu Xenia menjadi salah satu tulang punggung penjualan Daihatsu di Indonesia, bersama Sigra. Lalu sebenarnya apa yang menjadi keunggulan Xenia? Bagaimana jika Xenia diadu dengan Mobilio, yang merupakan MPV andalan Honda di Tanah Air.

Tanpa berpanjang lebar, yuk simak komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio:

1. Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio dari Sektor Mesin

komparasi daihatsu xenia vs honda mobilio dari sisi mesin

Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio dari sektor mesin

Di atas kertas, jika membahas mengenai komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio kurang pas rasanya, jika tidak membahas mengenai sektor mesin yang ditawarkan.

Xenia punya mesin yang lebih kecil dan bila dibandingkan dengan Honda Mobilio. Daihatsu Xenia ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.3 liter dan 1.5 liter.

Mesin 1.3 liter mampu menghasilkan tenaga 97 hp dengan torsi maksimal 120 Nm. Sementara mesin 1.5 liter berkode 2NR-VE mengeluarkan tenaga sebesar 104 hp dan torsi sebesar 136 Nm.

Kedua mesin itu jauh dibawah sang kompetitor, yakni Honda Mobilio yang punya mesin sangat bertenaga. Mesin 1,5 liter Mobilio menghasilkan tenaga 116 hp dengan torsi sebesar 145 Nm.

Transmisi untuk Daihatsu Xenia mengandalkan manual 5-percepatan dan 4-percepatan otomatis. Sementara Honda Mobilio ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Baca juga  Hyundai Stargazer Muncul di Bandung, Segera Mengaspal?

Mengacu dari data ini, tentunya untuk performa Honda Mobilio jauh lebih unggul ketimbang Daihatsu Xenia. Kekurangan MPV Honda itu sayangnya mengandalkan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Terkait kompetitor, Xenia mengusung penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Penggerak roda depan, membuat kerja roda depan jadi lebih berat, lantaran fungsinya sebagai penggerak dan juga kemudi.

Selain itu, penggerak roda depan juga kurang hebat dalam membawa beban berat. Apalagi ketika kondisi mobil menanjak dan kabin mobil diisi penuh penumpang.

Kedua persoalan tersebut tidak bakal kamu temui ketika memilih mobil dengan penggerak roda belakang (RWD). Penggerak roda depan juga tidak melulu soal kekurangan.

Kelebihan Honda Mobilio karena menggunakan sistem FWD adalah akselerasi jadi lebih baik, lantaran tenaga dari mesin langsung didistribusikan ke roda depan.

2. Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, Eksterior Mending Mana?

Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio di sisi eksterior

Bicara komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, kedua produk punya desain yang modern

Baik Daihatsu Xenia ataupun Honda Mobilio, keduanya kini sudah mengusung desain yang modern. Daihatsu Xenia terakhir berstatus facelift di tahun 2019, dan Honda Mobilio minor change rilis juga di tahun yang sama.

Melanjutkan komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, MPV Honda itu didukung dengan beragam fitur modern. Sayangnya pusat pencahayaan atau lampu utama mengandalkan projector halogen.

Lampu senja Mobilio dirancang cukup menarik, karena memakai LED dengan pendar berwarna yang membuatnya terlihat seperti DRL. Mereka menyebutnya LED Light Guide.

Di samping itu, tersedia juga Day Time Running Light (DRL), dan fitur lain power retractable door mirror. Lampu belakang kombinasi model smoked.

Daihatsu Xenia dilengkapi dengan lampu utama jenis LED. Guna menunjang kesan modern, desain head lamp juga kini menggunakan konsep terpisah atau double layer yang terinspirasi dari Vellfire.

Otomatis dengan perubahan tersebut, membuat sektor depan Xenia lebih modern dari model sebelumnya. Apalagi ikut dipadukan dengan desain bumper yang dirancang dengan konsep tough dan sporty guna memadankan wajah baru.

Baca juga  2 Mobil Honda RS Terbaru Meluncur Hari Ini!

3. Interior Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio, Mana yang Lebih Baik?

Interior Honda Mobilio

Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio di sisi Interior

Ketika kedua produk berstatus facelift di tahun 2019 lalu, sisi interior baik Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio mendapatkan sentuhan baru. Daihatsu Xenia kini menyuguhkan interior yang lebih modern.

Mengacu pada komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, kedua mobil tersebut masing-masing menawarkan sejumlah keunggulan. Xenia facelift menawarkan kekedapan kabin yang lebih baik dari model sebelumnya.

Astra Daihatsu Motor (ADM) menambah layer peredam suara yang membuat kabin semakin senyap. Dasbor pun kini sudah menawarkan desain two tone.

Fitur yang cukup menarik pada Daihatsu Xenia adalah hadirnya AC digital dan penambahan power outlet pada baris kedua. Perangkat audio 2-DIN layar sentuh juga sudah terpasang, bahkan menjadi menu standar pada semua varian Xenia.

Khusus untuk varian tertinggi sudah diikuti instalasi enam speaker yang tersebar di seluruh sektor interior. Hal ini tentunya membuat Daihatsu Xenia semakin menarik.

Tak kalah menarik dengan Daihatsu Xenia, interior Honda Mobilio juga menyuguhkan desain yang modern. Lubang kisi-kisi AC yang tak lagi berbentuk bulat dan hadirnya panel instrumen AC digital. Bahkan pada tipe termahalnya, sudah tersedia fitur AC otomatis.

Honda juga menanam tombol pengaturan audio di lingkar kemudi. Namun sayang, memang banyak tombol dan indikator di dalam Mobilio yang tak dilengkapi penerangan.

Ketika di malam hari yang gelap, pengemudinya sudah harus hapal posisi tombol-tombol yang hendak dioperasikan.

Fitur hiburan kedua MPB ini sama-sama mengandalkan headunit audio layar sentuh yang dapat memutar CD/DVD/MP3, radio dan kemampuan konektivitas bluetooth ataupun USB.

Headunit milik Xenia sedikit lebih canggih karena sudah tertanam aplikasi GPS (Global Positioning System) sebagai navigasi. Sementara Honda lebih senang menyediakan fitur K2 Technology dan EQ untuk pengaturan suara yang lebih bervariasi.

Duduk di dalamnya, setiap kursi sudah dibekali dengan sabuk pengaman. Hanya sayang Xenia cuma menyediakan 6 sandaran kepala. Berbeda dengan Mobilio, setiap penumpang dibekali sandaran kepala.

Baca juga  Booking Fee BR-V Terbaru di Diler Honda, Cuma Segini!

Sandaran kepala Mobilio kini juga sudah terpisah, tak seperti dulu yang model menyatu dengan sandaran punggung.

4. Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, Fitur Mending Mana?

Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio

Komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio, fitur mana yang lebih baik?

Mengenai fitur keselamatan, Xenia harus mengakui keunggulan Mobilio. Pasalnya, Mobilio didukung fitur keselamatan dual front SRS airbags, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, kursi ISOFIX untuk pengait kursi anak, kamera parkir dan yang paling penting, rem ABS + EBD.

Xenia sudah dibekali dual SRS airbag, seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, side impact beam, kunci pintu otomatis dengan sensor kecepatan, immobilizer, sensor parkir dan kamera parkir mundur (varian tertentu).

Di Daihatsu Xenia juga sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD, untuk menunjang keselamatan ketika berkendara.

Namun sayang, Daihatsu kurang memperhatikan keselamatan konsumennya dengan tak memasang rem ABS bahkan pada varian tertinggi Xenia sekalipun.

5. Perang Harga Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio

komparasi daihatsu xenia vs honda mobilio

Perang harga terjadi di segmen MPV, termasuk pada Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio

Ada rupa ada harga. Frasa ini berlaku pula pada persaingan Xenia melawan Mobilio. Pasalnya Honda Mobilio yang sedikit unggul pada sejumlah faktor dari Xenia harus rela lawannya itu dijual lebih murah.

Sekadar informasi, Daihatsu Xenia dijual mulai Rp 194,25 juta hingga Rp 238,15 juta. Sementara itu Mobilio ditawarkan Rp 205,5 sampai dengan Rp 261,4 juta.

Faktor harga tentunya lumayan menentukan konsumen memilih kendaraan yang sesuai dengan bujet. Selain itu, dari sisi fitur pun antara Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio tidak berbanding jauh.

Kemungkinan harga yang cenderung lebih terjangkau menjadi alasan kuat mengapa Daihatsu Xenia hingga saat ini masih diminati.

Nah, sekarang sudah tahukan mengenai komparasi Daihatsu Xenia Vs Honda Mobilio. Kira-kira mana yang bisa jadi pilihan kamu? Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika