Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

7 Destinasi Wisata Untuk Touring Motor di 2024, Pilih Pantai Atau Pegunungan?

by Firdaus Ali
Destinasi wisata untuk touring motor di 2024

Berikut akan kami ulas 7 destinasi wisata untuk touring motor di 2024. Dimana untuk pilihannya ada tempat wisata pantai dan ada pula dataran tinggi alias pegunungan.

Sebelum membahas lebih jauh destinasi wisata untuk touring motor 2024, ada baiknya kita simak terlebih dahulu perlengkapan dan persiapan sebelum melakukan perjalanan. Berikut perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan:

Kondisi Motor Wajib Prima

Sebelum melakukan perjalanan touring, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kondisi motor yang harus prima. Servis terlebih dahulu ke bengkel resmi atau bengkel langganan.

Sebab jika motor bermasalah saat diperjalanan tentu akan bikin repot dan capek. Kondisi motor yang prima juga mendukung keselamatan saat di perjalanan.

Gunakan Riding Gear Yang Berkualitas

Selain kondisi motor yang harus prima, gunakan pula riding gear yang berkualitas saat perjalanan touring. Ini berguna untuk safety selama perjalanan. Adapun riding geear yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Jaket tebal yang nyaman
  • Jas hujan
  • Helm ringan yang nyaman
  • Sarung tangan
  • Knee pad
  • Masker
  • Sepatu yang nyaman
  • Pakaian ganti
  • Kotak P3K
  • Tool kit
  • Senter dan pemantik api
  • GPS
  • Power bank
  • Uang tunai

Nah, setelah mengetahui peralatan dan persiapan sebelum berangkat touring, kita kembali akan mengulas 7 destinasi wisata untuk touring motor di 2024 berikut ini.

1. Curug Cibaliung

Destinasi wisata untuk touring motor 2024 pertama dari yang terdekat dari Jakarta, yaitu wilayah Kabupaten Bogor. Nama tempat wisatanya Curug Cibaliung yang lokasinya berada di di Kampung Wadung, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor.

Disini, pengunjung akan ditawarkan wisata alam yang kental dengan petualangan yang dibalut dengan keindahan alam. Ketika sampai di Curug Cibaliung, kamu harus parkir motor. Kemudian dilajutkan berjalan kaki (trekking) yang ditempuh sekitar 1,5 jam dari lokasi parkirnya. Namun begitu, jika pengunjung tidak mau terlalu jauh berjalan kaki bisa memilih lokasi parkir paling ujung (mendekati curug). Untuk jenis motor disarankan pakai jenis motor underbone (bebek) atau motor

Untuk tiket masuk Curug Cibaliung Rp 15 ribu ditambah uang parkir Rp 5 ribu. Sebaiknya saat berlibur ke sana, bawa juga makanan dan minuman dari rumah, supaya pengeluaran tidak membengkak.

2. Darajat Pass

Destinasi wisata untuk touring motor di 2024 berikutnya masih di wilayah Jawa Barat, tepatnya di Garut. Namanya Darajat Pass yang lokasinya berada di Jalan Darajat KM 14 Pasirwangi, Garut atau tepatnya di Kampung Bedeng, Desa Karyamekar. Tempat ini cocok untuk beristirahat dan melepas lelah setelah keliling Kota Garut. Untuk HTM, Rp 30 ribu per orang.

Fasilitas yang ditawarkan dari Darajat Pass yang utama tentunya pemandian air panas dan kolam renang air biasa. Selain itu, ada juga fasilitas seperti arena outbound, photo studio, saung, WiFi gratis dan masih banyak lagi lainnya. Oh ya, tersedia pula fasilitas penginapan untuk beristirahat dan bermalam di sini.

3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti juga bisa menjadi salah satu pilihan menarik Destinasi wisata untuk touring motor di 2024. Lokasinya ada di dataran tinggi Ungaran, tepatnya di Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran-Bandungan yang jarak dari pusat kota Semarang 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Untuk tarif masuknya Rp 15 ribu.

Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata nuansa alam yang menawarkan udara segar dan juga panorama indah alam Semarang dari ketinggian. Di tempat ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas outbound yang seru, kolam renang dengan air yang sejuk khas pegunungan, serta kafe dengan pemandangan alam yang indah. Tak hanya itu saja, di Umbul Sidomukti pengunjung juga bisa menginap di penginapan berkonsep villa dan resort.

4. Taman Wisata Kopeng

Tempat wisata Kopeng lokasinya berada di Taman Wisata Kopeng, Jl. Raya Kopeng – Magelang Km. 15 Getasan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Kopeng Salatiga ini merupakan area rekreasi yang cocok untuk liburan keluarga atau instansi. Taman Wisata Kopeng menjadi tujuan menyenangkan untuk melepaskan penat.

Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas lengkap seperti Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop. Berpadu dengan suasana pegunungan yang sejuk, Taman Wisata Kopeng menarik dikunjungi bagi Anda yang ingin melepas penat.

Taman Wisata Kopeng juga menawarkan camping ground untuk berkemah. Tak perlu repot membawa tenda dan peralatan lainnya, semua sudah disediakan di sini.

Untuk masuk ke tampat wisata ini wisatawan diwajibkan membeli tiket dengan harga Rp 20 ribu per orang. Sementara untuk jam operasionalnya dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore.

5. Pantai Sari Ringgung

Destinasi wisata untuk touring motor di 2024 selanjutnya ada Pantai Sari Ringgung yang berlokasi di Jalan Way Ratai KM.14, Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Adapun untuk menuju tempat ini naik motor, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dan jarak 16,2 km dari Bandar lampung ke arah Selatan.

Di Pantai Sari Ringgung, wisatwan dapat berenang, berfoto dengan latar pemandangan yang indah, bersantai sambil berbaring dengan bantal pasir di pinggir pantai, serta bisa menyewa wahana seperti banana boat, speedboat, kano, dan jetski.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Sari Ringgung, pengunjungdikenakan tiket Rp. 20.000 per orang. Biaya parkir motor sebesar Rp. 5.000. Sementara untuk jam operasionalnya mulai buka dari jam 6 pagi hingga 5 sore.

6. Pantai Pandan

Destinasi wisata di Medan dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Pandan. Lokasinya berada di Jl. Padang Sidempuran, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Kalau dari Kota Medan, naik mobil butuh waktu sekitar 8 jam, lantaran menempuh jarak 353 Km.

Oleh karenanya, paling tepat mengunjungi Pantai Pandan setelah puas menikmati Danau Toba. Pasalnya dari sana sudah setengah jalan. 

Daya tarik dari Pantai Pandan ini antara lain hamparan pasir putih, ombak tenang, pemandangan sunset yang indah serta flora dan fauna laut seperti terumbu karang. Kemudian di tempat ini juga menyediakan fasilitas penyewaan perahu, toko souvenir, warung dan restoran, serta penyewaan ban renang. Setelah ke sini, kamu jadi tahu kalau Sumatera Utara juga punya pantai indah.

7. Pantai Pandawa

Destinasi wisata untuk touring motor di 2024 berikutnya ada Pantai Pandawa di Bali. Yup, pantai ini lokasinya ada di pulau Bali Selatan. Tempat ini juga tak kalah menarik dari pantai Jimbaran, yaitu memiliki pasir putih dan garis pantai yang panjang.

Hal lain yang menjadi daya tariknya adalah ombak yang relatif tenang, sehingga aman untuk bermain anak-anak. Selain itu, di area pantai juga terdapat penyewaan kano dan warung yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Pantai ini di beri nama Pandawa karena pada tebing karang menuju akses masuk ke area pantai terdapat patung dari panca Pandawa. Total ada enam patung, seperti patung Arjuna, Yudistira, Nakula, Sadewa, Dewi Kunti, dan patung Bima.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika