Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Great Wall Bikin Motor Bermesin 2.000cc Serupa Honda Gold Wing

by Ivan
Great Wall Bikin Motor Bermesin 2.000cc

Pabrikan otomotif Cina Great Wall Motor (GWM) sudah resmi menancapkan taringnya di pasar otomotif Indonesia. Ada GWM Tank 500 dan Haval H6 HEV, meski belakangan terungkap jika anak perusahaan GWM juga ekspansi ke motor gede (moge). Ini dia gebrakan Great Wall bikin motor bermesin 2.000cc serupa Honda Gold Wing.

Salah satu sub-brand GWM yang dikenal dengan nama Great Wall Souo telah resmi memperkenalkan moge bergaya touring nan mewah di perhelatan Beijing International Motorcycle Exhibition 2024. Motor ini diberi label Great Wall Souo S 2000 ST.

Keistimewan motor satu ini sesuai nominal angka di Namanya ditenagai mesin berkubikasi 2.000cc flat 8 silinder. Meski sekilas nampak seperti Honda Gold Wing dari kejauhan, motor ini diklaim memiliki kemampuan hebat tersendiri dan istimewa layaknya Bugatti Veyron versi motor.

Mengapa Mesin 2.000cc flat 8 silinder ?

Mesin boxer 2.000cc jadi andalan Great Wall Souo S 2000 ST
Mesin boxer 2.000cc jadi andalan Great Wall Souo S 2000 ST

Great Wall Souo S 2000 ST saat ini boleh saja menorehkan namanya sebagai satu-satunya sepeda motor bermesin 2.000cc flat 8 silinder di dunia saat ini. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah fungsi mesin besar tersebut?

Lantaran Great Wall Souo S 2000 ST lahir di negara (Cina) yang tidak memperbolehkan sepeda motor melintas di banyak jalan raya? Ya benar di Cina, mengendarai motor gede akan menjadi rancu lantaran penggunanya tidak bakal bisa menggunakan potensi maksimal motor tersebut.

Peraturan mengendarai motor di Cina justru tidak diperbolehkan melaju di jalan raya dengan kencang, dan jika diizinkan, kecepatan motor biasanya dibatasi hingga 50 mph (80 km/jam). hehehe…aneh ya!

Great Wall Souo S 2000 ST jadi ambisi besar bos Great Wall, Wei Jianjun
Great Wall Souo S 2000 ST jadi ambisi besar bos Great Wall, Wei Jianjun

Jadi mengapa Great Wall Souo melakukannya? Pada presentasi motor, bos Great Wall, Wei Jianjun, mengatakan sederhana bahwa dia sangat menyukai motor, dan ini adalah proyek yang sangat dia sukai. Juga upaya membangun ira di segmen sepeda motor, yang mayoritas didominasi oleh pabrikan Jepang.

Meski begitu yang disayangkan lagi, Great Wall belum merilis spesifikasi performa untuk mesin Great Wall Souo 2000 ST. Namun mesin datar lebih disukai pada moge karena memiliki center of gravity rendah, dan menawarkan stabilitas yang lebih baik, dan lebih mudah untuk diangkat. Bobot motor ini hanya 400 kg.

Great Wall Souo S 2000 ST terhubung ke transmisi 8 percepatan dual-clutch dan dilengkapi sederet fitur
Great Wall Souo S 2000 ST terhubung ke transmisi 8 percepatan dual-clutch dan dilengkapi sederet fitur

Mesin raksasa pada Great Wall Souo S 2000 ST terhubung ke transmisi 8 percepatan dual-clutch. Transmisi ini dirancang untuk memudahkan pengendara lepas landas dari posisi berhenti, dan menambah kemewahan berkendara saat melaju di jalan terbuka.

Berbicara tentang kemewahan, Great Wall Souo S 2000 ST hadir dengan kursi berpemanas, kaca depan yang dapat diangkat dengan satu sentuhan tombol, bland-spot warning, dan layar sentuh 12,3 inci yang ditenagai oleh chip 8155 spek otomotif terbaru serta didukung perintah suara.

Great Wall Souo S 2000 ST vs Honda Gold Wing

Harga Honda Gold Wing di Indonesia Rp 1,058 miliar
Harga Honda Gold Wing di Indonesia Rp 1,058 miliar

Secara tampilan seperti sudah disinggung, Great Wall Souo S 2000 ST memiliki paras serupa Honda Gold Wing. Dan berkaca pada spesifikasi Gold Wing yang beredar di Indonesia tentu ada beberapa perbedaan karakteristik.

Honda Gold Wing di Indonesia ditawarkan dalam pilihan mesin bensin dan cuma hadir 1 varian. Mesin tangguh 1.833cc berpendingin cairan 6-silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan, menjadi ciri khas elemen utama dari motor ini.

Adapun tenaganya mencapai 124,58 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4.500 rpm. Model ini terhubung ke transmisi canggih dengan 7 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

Motor berdimensi panjang 2579 mm, lebar 950 mm, wheelbase 1698 mm, serta ground clearance 129 mm memang sukses menghadirkan kesan baru premium-elegan. Terekspos dari area tampilan depan melalui perubahan kombinasi warna bodi dan cover lampu berkesan dual-tone.

Kesan serupa juga dapat ditemui pada cover lampu utama yang menghadirkan ornamen elegan warna hitam. Boks penyimpanan kanan-kiri sepeda motor dibalut dengan kekuatan warna merah yang senada dengan keseluruhan warna bodi.

Honda Gold Wing 1800 didesain dengan mempertahankan aerodinamika dan handling terbaik. Penggunaan kualitas material jok premium menambahkan kesan mewah dan berkelas, ditambah dengan pegangan penumpang yang besar, memberikan pengalaman berkendara jauh lebih nyaman.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika