oleh

4 Kelebihan Fitur Hyundai Bluelink di Creta, Canggih!

Fitur Hyundai Bluelink merupakan teknologi baru unggulan yang telah hadir di Hyundai Creta. Ini layaknya seperti asisten pribadi, sebab di dalamnya terdapat fitur-fitur yang semuanya bisa dioperasikan melalui ponsel.

Kecanggihan Hyundai Bluelink menjadi ancaman kompetitornya seperti Toyota yang telah dulu mengadopsi fitur Toyota T Intouch yang sudah terpasang pada Toyota Camry dan Avanza baru.

Beberapa waktu lalu kami juga telah mengulas mengenai kelebihan fitur T Intouch yang disematkan pada New Avanza. Dapat disimpulkan bahwa fitur tersebut fungsinya mirip dengan fitur Hyundai Bluelink yang ada pada Creta.

Lalu, apa saja yang ditawarkan fitur Bluelink pada Hyundai Creta, apakah lebih baik dari T Intouch?

Saat ini, Bluelink memang lebih unggul. Pasalnya memiliki tiga kemampuan utama yaitu keselamatan, indentifikasi kerusakan, pengoperasian mobil dari smartphone, hingga keamanan 24 jam.

Dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia, fitur-fitur Hyundai Bluelink di Creta sebagai berikut:

1. Memastikan Keselamatan Mobil dan Pemiliknya

  • SOS/Emergency Assistance

hyundai creta diproduksi massal tahun 2022
Sosok Hyundai Creta yang meluncur di GIIAS 2021

Fitur ini membantu pemilik mobil jika mengalami keadaan darurat di jalan. Pemilik mobil hanya perlu menekan tombol SOS yang terletak di overhead console yang ada di dalam mobil.

Selanjutnya Hyundai Bluelink call center akan menghubungi pemilik mobil dan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan ke lokasi mobil saat itu.

  • Auto Collision Notification (ACN)

Fitur ini akan bekerja saat Hyundai Creta mengalami kecelakaan dan airbag mengembang. Dimana secara otomatis sinyal ACN akan mengirimkan informasi ke Hyundai Bluelink Call Center.

Kemudian call center Hyundai Bluelink akan menghubungi pemilik mobil melalui mic dan speaker yang berada di dalam Hyundai Creta.

Operator akan memastikan keselamatan kondisi pengemudi dan penumpang mobil, kemudian operator akan menghubungi pihak Kepolisian dan tim medis untuk menuju TKP.

  • Road Side Assistance (RSA)

RSA pada fitur Bluelink bisa dimanfaatkan saat mobil menglami masalah di tengah jalan. Caranya dengan menekan tombol Bluelink yang terletak di overhead console.

Baca juga  Biaya Servis Hyundai Ioniq 5, Semurah Apa?

Setelah itu Bluelink call center akan menginformasikan lokasi Hyundai service terdekat. Bisa juga mengirimkan mobil derek untuk menjemput, jika kondisi Hyundai Creta sudah tidak bisa dijalankan.

  • Stolen Vehicle Notification

Fitur Hyundai Bluelink
Ilustrasi pencurian mobil.

Fitur ini melindungi mobil dri kejahatan pencurian, dimana pemilik mobil akan menerima notifikasi melalui ponsel yang sudah mengunduh aplikasi Bluelink.

Layanan tersebut akan memberikan kesempatan bagi pemilik mobil untuk merespon lebih cepat jika terjadi tindak pencurian, atau saat alarm mobil menyala.

  • Stolen Vehicle Tracking & Immobilization

Berbeda halnya jika mobil sudah dicuri, misalnya saja ponsel pemilik mobil baterainya habis jadi notifikasi fitur Stolen Vehicle tidak terbaca.

Tak perlu panik, saat ponsel sudah Kembali menyala  pemilik mobil bisa menghubungi call center Bluelink untuk menginformasikan lokasi dan rute yang dilalui agar pihak call center bisa melacak posisi mobil yang dibawa pencuri dan pemilik mobil bisa meminta untuk mematikan mesin mobil yang telah dicuri.

2. Pengoperasian Mobil Lewat Smartphone

Fitur Hyundai Bluelink

Fitur Hyundai Bluelink memang diciptakan untuk memanjakan pemilik mobil Hyundai Creta sebagai fitur keselamatan yang bisa dioperasikan melalui ponsel.

Untuk bisa menikmatinya pemilik mobil harus mengunduh aplikasi Bluelink dari ponsel dengan memasukan identitas KTP dan nomor telepon. Berikut kemudahannya:

  • Remote engine and climate AC start/stop

Agar kondisi mesin mobil maksimal tentunya mesin mobil harus dipanaskan terlebih dahulu. Nah, dengan fitur ini pemilik mobil bisa menyalakan mesin dan AC, 2 sampai 10 menit sebelum pemilik mobil masuk ke dalam mobil.

Baca juga  Hyundai Jamin Harga Creta Bekas Tetap Tinggi!

Alhasil saat pemilik mobil memasuki kabin, ruangan akan menjadi adem dan mobil sudah langsung siap dijalankan.

  • Remote door lock/unlock

Jika umumnya mengunci atau membuka pintu mobil menggunakan remote alarm, dengan fitur Hyundai Bluelink pemilik mobil bisa melakukannya dengan menggunakan ponsel.

  • Remote horn & light control

Pernah mengalami kelupaan letak parkir mobil? Nah, dengan fitur ini pemilik mobil akan lebih mudah menemukan mobil diparkiran dengan menggunakan remote horn & light control untuk menyalakan lampu atau klakson selama 30 detik.

Caranya mudah, cukup dengan menekan icon remote horn & light pada aplikasi Bluelink.

  • Find my car

Selain fitur horn and light control, untuk menemukan mobil di lokasi parkiran dengan mudah bisa juga menggunakan fitur ini. Dimana Hyundai Bluelink akan menunjukan posisi mobil melalui peta di aplikasi. Posisi tersebut akan terupdate secara otomatis selama 10 menit.

3. Memastikan Kesehatan atau Kondisi Mobil

harga hyundai creta
Hyundai Creta sudah dilengkapi fitur Bluelink

Fitur Hyundai Blulink juga bisa memastikan kondisi kesehatan mobil. Jadi kamu bisa tahu bila ada kerusakan, atau malfungsi. Dengan demikian, diharapkan persoalan bisa ditangani dengan segera, tanpa perlu menunggu saat pemerksaan ke bengkel.

  • Manual & Automatic Diagnostic Report

Hyundai Bluelink didesain untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil Anda. Bluelink akan mengirimkan indikator apabila ada temuan. Pengecekan secara manual juga bisa dilakukan melalui Vehicle Diagnostics pada Head Unit.

  • Driving Information and Vehicle Health Report

Anda bisa mengetahui kebiasaan berkendara dan kondisi mobil Anda. Terdapat informasi berapa kali mesin nyala, jarak tempuh, kecepatan maksimal/rata-rata, kondisi sistem, dll.

  • Vehicle Status Check/Notification

Anda bisa mengecek status mobil Anda, seperti mesin menyala/tidak, AC menyala/tidak, pintu terbuka/terkunci, kap mesin terbuka/tertutup, tekanan angin ban, dan indikator BBM melalui aplikasi Bluelink.

Baca juga  Hyundai Pamerkan Ioniq 5, Calon Mobil Listrik Buatan Indonesia!

Fitur Hyundai Bluelink didesain untuk mengontrol dan menginformasikan kondisi mobil. Fitur ini akan menampilak notifikasi jika ada gangguan pada mobil.

  • Driving information and vehicle health report

Dengan fitur ini pemilik mobil bisa mengetahui kebiasaan berkendara dan kondisi mobil tersebut. Informs tersebut seperti jarak tempuh, berapa kali mesin menyala, kecepatn rata-rata, tekanan angin ban, serta indicator BBM.

4. Keamanan  mobil 24 jam

Fitur Hyundai Bluelink

Nah, sekarang kita akan mengulas dari sisi keamanan dari fitur Bluelink yang ada di Hyundai Creta. Fitur-fiturnya sebagai berikut

  • Geo-fence notification

Geo-Fence memungkinkan pemilik mobil untuk menentukan batas area di mana mobil boleh dan tidak boleh dikendarai. Jika mobil melewati batas yang ditentukan, pemilik mobil akan mendapatkan notifikasi di ponsel Anda.

  • Speed notification

Dengan fitur ini Anda dapat mengatur batas kecepatan maksimum. Jika batas kecepatan melebihi yang telah ditentukan, pemilik akan mendapatkan notifikasi di ponsela.

  • Time Fencing notification

Fitur ini memungkinkan pemilik  mengatur waktu kapan mobil pemilik tidak boleh digunakan. Jika dikendarai pada jam yang telah ditentukan, akan mendapatkan notifikasi di ponsel.

  • Valet mode

Dengan menggunakan Valet Mode, Anda dapat mengawasi mobil melalui aplikasi Hyundai Bluelink selama meninggalkan mobil kepada staf valet. Jika Valet Mode diaktifkan, Anda dapat melihat informasi seperti jarak tempuh, waktu mengemudi, kecepatan tertinggi dan lainnya melalui aplikasi. Valet Mode juga melindungi informasi pribadi Anda dengan menonaktifkan kontrol pada Head Unit.

Moladiners, itulah ulasan mengenai fitur Hyundai Bluelink yang baru ada pada Hyundai Creta.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru