Francesco Bagnaia Kunci Kemenangan di MotoGP Italia 2024 Tinggalkan Marc Marquez

by Ivan
Pecco Bagnaia puncaki MotoGP Italia

Francesco Bagnaia sukses melupakan penalti tiga posisi yang harus diterima dengan Raihan hasil memukau. Pembalap Ducati Lenovo tersebut sukses naik dari posisi kelima ke posisi pertama cuma dalam rentang dua tikungan.

Enea Bastianini juga membuat start yang apik saat ia menyalip Marc Marquez di awal untuk merangsek naik podium. Pada lap ketiga Marquez berusaha keras di tikungan pertama tetapi juara dunia delapan kali itu gagal menghentikan Ducati-nya, sehingga Bastianini kembali ke posisi ketiga.

Kemudian giliran Pedro Acosta yang membuat kesalahan saat ia melebar di tikungan terakhir saat mengikuti Marquez.

Jalannya Balapan MotoGP Italia 2024

Jalannya balapan MotoGP Italia 2024 yang dipuncaki  Francesco Bagnaia
Jalannya balapan MotoGP Italia 2024 yang dipuncaki Francesco Bagnaia

Joan Mir menjadi yang pertama jatuh saat ia kehilangan bagian depan Honda-nya di tikungan pertama lap ketujuh. Pada lap yang sama, Martin mulai kehilangan lebih banyak waktu dari Bagnaia, karena Bastianini dan Marquez malah mendekati pemimpin klasemen.

Hari Honda semakin buruk pada lap ke-10 ketika Takaaki Nakagami mengalami kecelakaan di tikungan ke-12. Di barisan depan, keunggulan Bagnaia mulai terancam karena Martin menemukan kecepatan yang lebih tinggi daripada pembalap di lain.

Baca juga  Dua Seri Ditunda, Ini Jawaban Dorna Soal Nasib MotoGP 2020

Keunggulan pada awal lap ke-13 berada di bawah setengah detik, sementara Marquez mulai mengejar Bastianini sekali lagi untuk posisi tiga besar.

Bagnaia kemudian membalas pada lap ke-13 saat ia memperoleh empat persepuluh detik dari pembalap Pramac, sehingga keunggulannya kembali menjadi lebih dari delapan persepuluh detik.

Dengan enam lap tersisa, perubahan posisi di dalam empat besar menjadi alot. Namun Marquez terus melakukan upaya kedua untuk mengambil posisi ketiga dari Bastianini di tikungan pertama.

Bagnaia, yang memimpin Martin dengan lima persepuluh detik dengan lima lap tersisa, memantapkan kecepatan yang terlalu tinggi untuk memnerikan Jarak lebih jauh, hal ang sama dilakukan Martin saat melawan Marquez.

Meski kehilangan posisi ketiga, Bastianini langsung melupakannya saat ia menyalip Marquez menuju putaran terakhir. Dengan mudah menjadi pembalap tercepat di lintasan, Bastianini kemudian mengejutkan Martin dengan mengejar dan menyalip pembalap Pramac tersebut di tikungan terakhir putaran terakhir.

Hasil Balapan MotoGP Italia 2024

  1. F. Bagnaia
  2. E. Bastianini
  3. J. Martín
  4. M. Márquez
  5. P. Acosta
  6. F. Morbidelli
  7. F. Di Giannantonio
  8. M. Viñales
  9. Á. Márquez
  10. B. Binder
  11. A. Espargaró
  12. R. Fernández
  13. M. Bezzecchi
  14. M. Oliveira
  15. Á. Rins
  16. J. Miller
  17. P. Espargaró
  18. F. Quartararo
  19. J. Zarco
  20. L. Marini
  21. L. Savadori
  22. T. Nakagami (out)
  23. J. Mir (out)
  24. A. Fernández (out)
Baca juga  Johann Zarco Gabung Ducati, Formasi Pembalap MotoGP 2020 Komplit!

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika