Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Garansi Baterai Mobil Hybrid Suzuki Ertiga, Vitara, dan XL7 Hingga 8 Tahun

by Firdaus Ali
Suzuki Indonesia perpanjang garansi baterai mobil

Perpanjangan garansi baterai mobil hybrid Suzuki di Indonesia resmi dilakukan, dari sebelumnya cuma 5 tahun menjadi 8 tahun. Ini berlaku untuk semua produk hibrida pabrikan berlogo S yang sudah mengaplikasikan baterai lithiun-ion seperti Ertiga Hybrid, Grand Vitara Hybrid, dan XL7 Hybrid.

Di awal peluncuran produk mobil hybrid di Indonesia, kebijakan garansi yang diberlakukan untuk produk Suzuki Indonesia adalah garansi selama 5 tahun, mengikuti kebijakan Suzuki Global. Namun, guna membuktikan kehandalan dan komitmen secara lebih pada keamanan Lithium-ion Battery yang digunakan, Suzuki Indonesia memperpanjang garansi hingga 8 tahun untuk memberi keyakinan dan rasa aman yang lebih bagi pelanggan.

Secara global, Suzuki telah menerapkan penggunaan Lithium-ion Battery di beragam model mobil sejak tahun 2014 di Jepang dan kemudian diperluas hingga benua Eropa. Hingga saat ini menurut data internal Suzuki Global, Lithium-ion Battery yang digunakan memiliki ketahanan yang panjang dan jarang mengalami malfungsi meski sudah dipakai lebih dari 8 tahun berjalan, selama pelanggan melakukan perawatan sesuai anjuran.

Service Dept. Head PT SIS, Hariadi mengatakan bahwa perpanjangan garansi baterai mobil hybrid Suzuki hingga 8 tahun untuk menunjukkan komitmen akan kualitas teknologi yang disematkan dalam setiap produk. Hal ini tentunya juga membuat pemilik mobil Suzuki jadi lebih nyaman.

Baca juga  Toyota Prius 2023 Resmi Hadir, Futuristik!

Pasalnya kalau sampai rusak dan sudah tidak ada garansi, maka harga baterai mobil hybrid Suzuki tidak bisa dikatakan murah. Ambil contoh untuk baterai XL7 Hybrid yang punya kapasitas 10 Ah dijual Rp 14 jutaan. Mahal bukan?

“Salah satu komponen penting untuk kendaraan hybrid ini adalah battery. Maka untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan, Suzuki memperpanjang masa garansi Lithium-Ion Battery hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer. Garansi ini tidak hanya untuk pelanggan yang membeli produk New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid dan Grand Vitara Hybrid tetapi juga untuk pelanggan yang sejak tahun lalu sudah memiliki unit dengan teknologi SHVS. Selain untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, kami memberikan masa garansi ini juga sebagai wujud nyata komitmen Suzuki akan jaminan ketahanan Lithium-Ion Battery dan layanan after sales untuk pelanggan setia maupun calon pelanggan Suzuki,” tuturnya.

Tips Menjaga Baterai Lithium-Ion Mobil Hybrid Suzuki

garansi baterai mobil hybrid suzuki

Suzuki Indonesia perpanjang garansi baterai mobil hingga 8 tahun

Perpanjangan garansi baterai mobil hybrid Suzuki menjadi 8 tahun, memang kabar gembira. Namun begitu, bagi pemilik mobil hybrid, tentu tetap harus memperhatikan cara perawatan kendaraan dan baterai lithium-ion yang baik dan benar.

Baca juga  Mitsubishi Siapkan Outlander PHEV 7-Seater, Indonesia Banget

Selayaknya perawatan kendaraan konvensional, mobil hybrid juga perlu dilakukan secara konsisten dan tepat waktu. Kemudian yang menarik, perawatan Lithium-ion Battery juga tidak jauh berbeda dengan perawatan komponen lain.

Suzuki menganjurkan konsumen untuk mengikuti jadwal perawatan rutin kendaraan hybrid-nya di bengkel resmi Suzuki Indonesia. Nantinya, teknisi profesional akan melakukan pengecekan secara berkala dan menyeluruh untuk memastikan kondisi baterai kendaraan.

Durasi pemakaian baterai ini juga bergantung pada seberapa besar beban kerjanya. Namun, yang harus diketahui adalah jika kerusakan yang diakibatkan kelalaian atau tidak melaksanakan perawatan berkala di Bengkel Resmi Suzuki selama masa garansi maka tidak dapat menggunakan jaminan yang telah diberikan.

Untuk menjaga ketahanan Lithium-ion Battery pada kendaraan hybrid, pelanggan perlu memperhatikan petunjuk seperti berikut:

  • Perbaikan; melepas atau memasang battery harus dilakukan di Diler/Bengkel Resmi Suzuki
  • Penanganan battery atau komponen kelistrikan yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera
  • Jangan melewati banjir/genangan air yang menyebabkan baterai terendam atau hindarkan baterai dari air
  • Jangan mencuci baterai dengan air
  • Jangan mengoperasikan battery pada temperatur dibawah -20’C
  • Jangan terpapar pada suhu di atas 140’C
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak
  • Jangan dibuang bersama dengan sampah rumah tangga umumnya
Baca juga  Honda Odyssey Hybrid 2023 Meluncur, Impor dari Cina!

Moladiners, itulah informasi perpanjangan garansi baterai mobil hybrid Suzuki menjadi 8 tahun. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika