Sabtu, Mei 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Harga BMW M4 Competition Convertible 2023, Atap Terbuka Lebih Mahal!

by Baghendra Lodra
bmw m4 competition convertible 2023

Harga BMW M4 Competition Convertible 2023 resmi diumumkan sekaligus dengan peluncurannya di ajang M Fest yang berlangsung di Alam Sutera, Tangerang pada Jumat (23/6/2023). Mobil sport atap terbuka ini banderolnya tembus Rp 2,607 miliar off the road untuk pasar otomotif Indonesia.

Jika melihat harga tersebut, maka BMW M4 Competition dengan atap terbuka dijual lebih mahal dari versi coupe-nya. Sebagai gambaran, bila melihat laman resmi BMW Indonesia, M4 Competition Coupe cuma dibanderol Rp 2,237 miliar off the road. Dengan kata lain, ada gap sekitar Rp 400 jutaan lebih tinggi untuk varian convertible.

“BMW Eurokars sebagai satu-satunya Authorized Dealer dari BMW yang bertanggung jawab untuk BMW M, merasa bangga dapat menghadirkan kendaraan istimewa ini di M Fest. M Fest adalah festival yang diadakan pada 23-24 Juni 2023 bagi seluruh pecinta Motorsport dan loyal customer BMW Eurokars, salah satunya untuk para member M Owners Club Indonesia (MOCI). Pada acara ini, selain menjadi yang pertama untuk melihat BMW M4 Competition Convertible M xDrive secara eksklusif,” kata Managing Director BMW Eurokars, Siva Kumar Krishnan dalam rilis resmi yang kami terima.

Desain Eksterior dengan Atap Terbuka

eksterior bmw m4 competition convertible 2023

Atap terbuka bikin BMW M4 Cmpetition Convertible tampil beda

Harga BMW M4 Competition Convertible 2023 memang mahal, tapi apakah spesifikasinya istimewa? Salah satu yang menarik dari mobil ini tentu kehadiran atap terbuka.

Menurut BMW, softtop di M4 Competition ini sangat cocok dengan bentuk bodi yang tajam. Alhasil bisa menghasilkan tampilan estetika dengan desain emosional.

Baca juga  Uji Tabrak BMW X1, Seberapa Aman untuk Anak?

Keistimewaan atap terbuka di mobil sport tersebut punya mekanisme penggerak elektrik yang memungkinkannya dibuka atau ditutup saat mobil bergerak dengan satu sentuhan tombol. Prosesnya juga cepat, hanya memakan waktu 18 detik.

Lalu softtop di M4 Competition Convertible 2023 juga tidak memakan banyak ruang saat dilipat, karena cuma mengurangi kapasitas bagasi sekitar 85 liter. Dengan kata lain, dalam kondisi top down, bagasi mobil bisa menampung 300 liter. Sementara ketika atap ditutup, kapasitas bagasi meningkat hingga 385 liter.

Eksterior BMW M4 Competition Convertible memiliki 8 pilihan warna bodi, termasuk M Sao Paulo Yellow non-metallic, M Toronto Red metallic, M Portimao Blue metallic, M Brooklyn Grey metallic dan M Isle of Man Green metallic.

Di kaki-kaki, hadir adaptive BMW M-suspension dengan suspensi yang dikontrol secara elektronik dan BMW M-specific kinematics serta elastokinematika untuk as-roda depan dan belakang. Terkait velg menggunakan forged BMW M light-alloy diameter 19 inci di depan dan 20 inci di belakang.

Interior dengan M Carbon Bucket Seats

interior bmw m4 competition convertible 2023

Bucket seat ala mobil sport hadir di BMW M4 Competition Convertible

Bicara interior BMW M4 Competition Convertible 2023, auranya sporty. Ada panel bahu yang ditata dengan cerdas dibingkai oleh pinggiran trim yang tidak terputus dalam warna Black High Gloss, penutup softtop, serta karakter kursi individu dari dua kursi belakang berikan suasana khas Convertible.

Ada pula desain kokpit yang berfokus pada pengemudi dan kontrol M-spesifik. Soal jok, mengandalkan M Carbon bucket seats dengan bobot lebih ringan 10 kg dari M sport seats. Jok ini merupakan bucket seats yang di desain untuk penggunaan di arena balap dengan desain yang mendukung penggunaan 6-point seatbelts. Di bagian belakangnya, struktur CFRP terlihat jelas menguatkan kesan sporty. Kursi ini juga dilengkapi dengan pengaturan elektrik dan fungsi memori serta Easy-entry function untuk di model BMW M4 Competition Convertible M xDrive.

Baca juga  Model Terbaru Lamborghini, Bertahan dengan Mesin V12

Interior BMW M4 Competition Convertible 2023 dilengkapi pula M Carbon interior package. Ini tak hanya meliputi bagian interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian stir dan juga paddle shift.

Performa Mesin BMW M4 Competition Convertible M xDrive

performa mesin bmw m4 competition convertible 2023

Mesin 3.000 cc enam silinder jadi andalan BMW M4

Mesin BMW M4 Competition Convertible 2023 pakai kubikasi 3.000 cc. Jantung mekanis ini punya karakteristik high-revving khas BMW M yang dipadukan dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo terbaru. Hasilnya adalah titik tertinggi baru untuk mesin enam silinder segaris dari BMW dalam hal output dan torsi.

Dua turbocharger dengan sistem pendinginan Indirect Charge air-cooling, sistem asupan udara yang mengoptimalkan aliran udara, dan sistem direct-injection yang bekerja dengan tekanan maksimum 350 bar membantu menghasilkan tenaga instan dan siap untuk putaran tinggi. Di atas kertas, mesin M4 Competition Convertible mampu menghasilkan torsi puncak 650 Nm dari 2.750 hingga 5.500 rpm dan tenaga maksimum 510 hp tersedia pada 5.510 rpm dengan red-line di 7.200 rpm.

Baca juga  Mercedes-AMG GT 63 S E Performance, Terbuas!

Soal akselerasi, mobil sport atap terbuka ini memiliki transmisi transmisi BMW M Steptronic 8-percepatan dan Drivelogic. Hasilnya cuma butuh 3,7 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam. Semakin istimewa, ada sistem exhaust yang dilengkapi electronic-flaps memberikan suara mesin dan knalpot yang kaya secara emosional, apalagi ketika atap softtop sedang dibuka.

Ada pula sistem all-wheel-drive M xDrive sebagai standar di BMW M4 Competition Convertible 2023 yang mengandalkan sistem elektronik kopling multi-pelat, dikontrol dalam kotak transfer untuk memastikan variabel penuh dan distribusi tenaga mesin yang super halus di antara bagian depan dan roda belakang. Bias roda belakangnya menambah kesan khas M, meningkatkan traksi dan kelincahan. Multi-pelat pasokan oli kopling telah dioptimalkan untuk memungkinkan kinerja all-wheeldrive yang berkelanjutan bahkan dalam berkendara di jalur yang sulit. M xDrive bekerja sama dengan Active M Differential di rear axle.

Menu Setup memungkinkan pengemudi untuk mengubah pengaturan 4WD default menjadi Mode 4WD Sport, yang mengarahkan proporsi penggerak mesin yang lebih besar ke roda belakang. Pengemudi juga dapat mematikan sistem DSC sama sekali dan aktifkan mode 2WD. Dalam pengaturan ini, daya hanya disalurkan ke roda belakang dan tidak ada intervensi dari kontrol sasis sistem untuk menstabilkan kendaraan.

Itulah tadi bahasan harga BMW M4 Competition Convertible 2023 beserta spesifikasinya. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika