Harga Daihatsu Terios Facelift 2023, Varian ADS dan 6 Airbags!

by Firdaus Ali
Biaya servis berkala New Daihatsu Terios

Harga Daihatsu Terios facelift 2023 resmi diumumkan saat peluncuran di Jakarta, Kamis (8/6/2023). Mobil SUV 7-seater tersebut kini punya varian ADS. Soal banderolnya mulai Rp 236,05 juta (OTR Jakarta untuk varian X MT hingga yang termahal tembus Rp 303,25 juta (OTR Jakarta) khusus varian R Custom AT.

Sementara untuk Terios ADS dijual dengan harga di tengah-tengah, tersedia untuk varian X dan R. Harganya mulai Rp 248 juta (OTR Jakarta) varian X ADS dan paling mahal Rp 290,45 juta (OTR Jakarta) varian R ADS AT.

“Harga Terios terbaru cuma naik 1-5 persen dibanding model lama, tapi perubahannya sangat banyak,” kata Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AIDSO), Hendrayadi Lastiyoso saat peluncuran Terios Facelift di Jakarta. 

Setelah harga Daihatsu Terios Facelift 2023 diumumkan, konsumen sudah bisa melakukan pemesanan di dealer resmi terdekat. Lalu untuk pengiriman mobil ke rumah konsumen bakal dilakukan paling cepat pada bulan depan atau Juli 2023.

Apa saja ubahan yang didapat oleh SUV berlogo D tersebut? Satu yang jelas, Terios masih menggunakan penggerak roda belakang (RWD), belum ada Terios penggerak roda depan (FWD). Ingin tahu lebih detail, berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Terios Terbaru Semakin Mirip Xenia

harga terios facelift 2023 - varian R ADS

Terios R ADS punya ciri khas aksen chrome di grille depan

Setelah tahu harga Daihatsu Terios Facelift 2023, bagaimana dengan spesifikasinya. Pabrikan berlogo D memberi ubahan yang cukup menyeluruh mulai dari eksterior, interior, hingga fitur-fiturnya.

Di bagian paras, wajahnya semakin mirip dengan Xenia. Kini seperti terbagi dalam dua bagian, di mana grille depan dibuat lebih pipih, sementara di bagian bawah ada bumper dan kisi-kisi udara berbentuk trapesium sama sisi.

Baca juga  Bocoran Spesifikasi MG ZS, SUV Inggris Rasa Tiongkok!

Lalu khusus untuk Terios ADS dengan R Custom, memiliki tambahan body kit yang membuat tampilan mobil semakin sporty. Bedanya di versi ADS menggunakan aksen chrome lebih banyak. Sementara di Terios R Custom lebih banyak aksen hitam.

Pembedanya untuk varian Terios X masih pakai velg alloy warna silver ukuran 16 inch dengan ban 215/65 R16. Kemudian varian R dan R ADS sudah menggunakan velg berwarna gun metal ukuran 17 inch dengan ban 215/60 R17. Lalu untuk varian R Custom pakai velg 17 inch dengan gaya two tone.

Tersedia pula dua pilihan warna bodi baru untuk Terios 2023 yaitu Silver Metallic dan Greenish Gun Metal yang bisa
dipilih sesuai selera dan karakter pelanggan. Menarik bukan?

Interior Terios 2023 Pakai 6 Airbags dan Wireless Charger

interior terios facelift 2023

Terios R Custom sudah pakai jok kombinasi kulit dengan aksen merah

Kemudian sektor interior Terios Facelift 2023 juga punya beberapa ubahan. Sebut saja mulai dari varian X ADS sudah mendapat wireless charger. Ini tentunya memudahkan pengemudi dan penumpang di dalam mobil untuk cas baterai smartphone sepanjang perjalanan.

Hadir pula head unit layar sentuh 7 inch dengan konektivitas smartphone via Android Auto dan Apple CarPlay mulai dari varian Terios R. Sementara yang paling istimewa adalah Terios R Custom 2023, karena mendapat panel soft touch di dashboard dan pintu bagian dalam, ada pula jok kombinasi kulit dengan aksen merah.

Kelebihan Terios R Custom terbaru selanjutnya ada di penggunaan 6 airbags. Ini tentunya membuat seluruh penumpang di Terios terbaru terlindungi saat terjadi kecelakaan. Pasalnya kini ada tambahan curtain airbag di sisi bodi, sehingga mampu menambahkan perlindungan hingga penumpang di baris ketiga.

Baca juga  Chery Siap Buka Pemesanan Omoda 5 EV, Catat Tanggalnya!

Soal kapasitas penumpang, Terios tidak berubah masih menggunakan konfigurasi tiga baris bangku dengan posisi duduk 2+3+2. Alhasil total muat 7-orang.

Daihatsu juga tetap mempertahankan fitur yang ada di Terios lama. Ambil contoh untuk fitur keselamatan, sudah dilengkapi beberapa fitur modern. Diantaranya teknologi Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sebagai standar. VSC berguna menjaga mobil stabil saat bermanuver dengan cara mencegah oversteer dan understeer.

Sementara HSA mampu mencegah mobil mundur saat berhenti ditanjakan secara otomatis. Efeknya pengendara bisa mendapat momentum untuk berkaselerasi sehingga Terios mampu menanjak.

Kemudian ada pula fitur ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution) yang memaksimalkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) yang membuat mobil melaju lebih stabil, ESS (Emergency Stop Signal) yang mengatur lampu hazard menyala otomatis ketika pengereman mendadak.

Melengkapi fitur keamanan dan keselamatan, Daihatsu memperhatikan detail fitur kenyamanan yang disematkan pada SUV-nya itu. Salah satu fitur unggulan Daihatsu Terios adalah fitur keyfree dan push start/stop button yang memudahkan pengendara untuk keluar masuk kendaraan serta menyalakan/mematikan kendaraan. 

Performa Mesin Daihatsu Terios 2023, Masih Penggerak Roda Belakang

bocoran harga daihatsu terios facelift 2023 - fitur eco idle daihatsu terios

Terios punya fitur Eco Idle untuk hemat BBM

Bagaimana dengan ubahan lain di Terios Facelift 2023? Hingga saat ini belum ada. Mesin masih sama yaitu pakai kubikasi 1.496 cc peminum bensin berkode 2NR-VE DOHC Dual VVT-i. Jantung mekanis ini bisa melontarkan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 104 PS pada 6.000 rpm. Bicara pilihan transmisi ada manual 4-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

Baca juga  Xenia Baru Hadir di GIIAS 2021? Ini Kata Daihatsu

Agar konsumsi BBM lebih hemat, Terios terbaru juga punya idling stop system (ISS) di model lama. Fitur ini bisa menonaktifkan mesin secara otomatis saat mobil berada di kemacetan, kemudian mengaktifkannya lagi saat pedal gas diinjak.

Bicara penggerak roda, performa Terios 2023 disalurkan lewat transmisi ke penggerak roda belakang (RWD). Jadi, buat kamu yang berharap kelahiran Terios FWD atau penggerak roda depan masih belum terwujud untuk saat ini.

Daftar Harga Daihatsu Terios Facelift 2023

harga daihatsu terios facelift 2023 - banderol

Varian termahal dari Terios Facelift 2023 adalah R Custom

Setelah tahu spesifikasi lengkap dari Terios 2023 varian X, X ADS, R, R ADS, dan R Custom, bagaimana dengan harganya? Mobil kembaran Toyota Rush ini punya banderol yang masih sangat terjangkau dibanding para kompetitor. Dijual dalam total 10 varian, berikut daftar harganya:

  • Daihatsu Terios X MT Rp 236,05 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios X AT Rp 246,45 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios X ADS MT Rp 248 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios X ADS AT Rp 258,4 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R MT Rp 269,95 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R AT Rp 280,45 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R ADS MT Rp 279,95 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R ADS AT Rp 290,45 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R Custom MT Rp 292,75 juta (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R Custom AT Rp 303,25 juta (OTR Jakarta)

Itulah tadi bahasan harga Daihatsu Terios Facelift 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika