oleh

Honda Sumbang 200 Unit Konsentrator Oksigen

Honda sumbang 200 unit konsentrator oksigen. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mempercepat percepatan penanganan virus Covid-19 di Indonesia.

Dalam laporannya Jumat, (20/8/2021) Honda mengatakan telah menyumbangkan 200 unit konsentrator oksigen kepada Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Konsentrator oksigen tersebut merupakan sumbangan dari 3 perusahaan afiliasi Honda di Indonesia yang terdiri dari PT Honda Prospect Motor (HPM), PT Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM) dan PT Honda Trading Indonesia (HTI).

Seremoni penyerahan simbolis perangkat konsentrator oksigen dilaksanakan dalam acara virtual yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia pada 20 Agustus 2021.

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian Republik Indonesia, beserta jajaran pejabat Kementrian Perindustrian lainnya serta perwakilan dari perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi. 

Selain konsentrator oksigen, donasi yang diserahkan kepada Kementrian Perindustrian pada acara ini juga meliputi tabung oksigen, oksigen cair, obat-obatan dan alat medis lainnya yang berasal dari 28 perusahaan dan 6 asosiasi industri di Indonesia.

Dalam sambutannya, Agus Gumiwang mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada produsen mobil yang telah mengulurkan bantuan kemanusiaan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.”

Baca juga  Uji Konsumsi BBM Mobilio, Benarkah Efisien?

Masih menurutnya, bantuan oksigen konsentrator pasti akan memberikan manfaat bagi daerah-daerah yang membutuhkan.

“Aksi kepedulian dari sektor industri ini menghadirkan wajah dan watak industri yang patriotik dan inklusif,” tambahnya.

Apa itu Konsentrator Oksigen?

Honda Sumbang 200 Unit Konsentrator Oksigen
Sebagian konsentrator telah didistribusikan langsung dengan memprioritaskan kebutuhan medis di daerah-daerah yang membutuhkan di luar pulau Jawa dan Bali.

Berdasarkan laporan yang disampaikan dalam acara ini, Kementrian Perindustrian sampai saat ini telah menyalurkan sebagian dari konsentrator oksigen kepada Pusat Krisis Kementrian Kesehatan.

Sebagian telah didistribusikan langsung dengan memprioritaskan kebutuhan medis di daerah-daerah yang membutuhkan di luar pulau Jawa dan Bali.

Konsentrator oksigen ini terutama sangat membantu di daerah-daerah yang tidak memiliki produsen oksigen atau jauh dari jalur distribusi oksigen.

President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe mengatakan jika sumbangan ini merupakan komitmen Honda untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam penanganan virus Covid-19.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami berharap sumbangan ini dapat bermanfaat bagi layanan kesehatan di daerah yang membutuhkan, sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Konsentrator oksigen merupakan alat yang digunakan untuk menyaring udara pada ruangan dan mengubahnya menjadi oksigen murni dengan kadar hingga 93%.

Baca juga  Honda HR-V Generasi Terbaru Meluncur di IIMS 2022?

Alat ini dapat digunakan untuk para pasien yang membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit ataupun unit kesehatan di berbagai daerah.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pernah mengatakan jika kebutuhan oksigen nasional perhari, di tengah lonjakan Covid-19  mencapai 2.500 ton oksigen per hari.

Sementara kapasitas produksi oksigen kementrian kesehatan hanya mampu mencapai 1.700 ton per hari.

Demikian ulasan terkait Honda sumbang 200 unit konsentrator oksigen. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru