oleh

Isuzu D-Max Terbaru Bermesin Kecil Semakin Dekat Indonesia

Isuzu D-Max terbaru resmi dipasarkan di Malaysia. Unit tersebut merupakan produk CBU yang diimpor langusng dari Thailand.

Di Malaysia, Isuzu D-Max sudah memasuki generasi ke tiga, dan pabrikan juga berencana merakit lokal mobil pick cab tersebut.

Dilansir laman Paultan, Isuzu D-Max model 2021 hadir dalam tujuh varian dengan rentang harga mulai dari RM89rb hingga RM142k. Atau dalam kurs rupiah setara dengan Rp 350 – 500 jutaan.

Adapun model yang tersedia mulai dari mesin kecil 1.9L 4 × 4 Single Cab, di atasnya adalah Single Cab 3.0L 4 × 4, model double cabin 1.9L 4 × 4 MT Standard, 1.9L 4 × 4 AT Standard, model 1.9L 4 × 4 AT Premium, dan 3,0L 4 × 4 AT Premium . Keenam varian mobil yang tercantum di sini mendapatkan perlindungan garansi lima tahun atau 150.000 km sebagai standar.

Sedangkan versi tertinggi ada Isuzu D-Max 3.0L 4 × 4 AT X-Terrain, dengan harga hampir menyentuh Rp 500 jutaan. Di malaysia, versi tertinggi ini bersaing dengan Nissan Navara Pro-4X terbaru, Toyota Hilux 2.8 Rogue AT, Mitsubishi Triton Athlete, dan Ford Ranger Wildtrak.

Menariknya Isuzu Malaysia menawarkan garansi jarak tempuh tanpa batas selama tujuh tahun, jika konsumen memilih varian warna Valencia Orange atau Sapphire Blue.

Baca juga  Hadapi Regulasi Euro 4, Bagaimana Nasib Isuzu Panther?

Di sektor mesin untuk versi 1.9 L, Isuzu menyematkan mesin diesel empat silinder common-rail Turbo berkode RZ4E-TC. Jantung pacu ini diklaim telah disempurnakan lebih lanjut dan menawarkan respons throttle yang lebih baik mesi outputnya tidak berubah, pada 150 PS dan torsi 350 Nm.

Sedangkan pada mesin 3.0 liter diberi peningatan performa dengan penggunaan turbocharger. Mesin ini menghasilkan tenaga 190 PS dan torsi 450 Nm, naik sekitar 13 PS dibanding sebelumnya.

Yang terbaru, baik mesin 1.9L dan 3.0L dapat menenggak bahan bakar yang lebih ramah lingkungan seperti biodiesel B20. Update teknologi lainnya adalah pembenahan pada sistem transmisi manual enam kecepatan dan otomatis, agar mendapatkan perpindahan gigi yang lebih mulus.

D-Max baru juga sudah mengusung platform terbaru Dynamic Drive Platform, teknologi ini menawarkan struktur frame yang diklaim lebih rigid, memberikan perlindungan tabrakan lebih baik, dan stabilitas dalam mengemudi juga lebih baik.

Lainnya yang mengalami penyempurnaan adalah peningkatan jarak sumbu roda hingga 30 mm. Pintu belakang juga terkena revisi sehingga bisa terbuka lebih lebar dibanding model sebelumnya.

Baca juga  Isuzu MU-X Terbaru Meluncur, Fortuner & Pajero Waspada!

Jok duduk belakang juga mengalami ubahan, dimana pada bagian bahu lebih lebar 20 mm, dan sudut sandaran kursinya 24 derajat. Ubahan ini diklaim lebih memberi kenyamanan duduk pada penumpang belakang.

Di sektor keamanan kaki-kaki, penggunaan rem lebih besar untuk memberikan daya cengkram sempurna. Dan geometri suspensi turut mengalami udahan.

Ubahan lainnya pada eksterior, Isuzu D-MAX terbaru memiliki desain grill taring yang lebih tipis dibanding versi sebelumnya.Selainn itu kisi-kisi grill depan dibuat lebih besar, mungkin dengan tujuan untuk menangkap aliran udara lebih banyak.

Untuk mereka yang suka adventure mungkin akan menjadi nilai plus, lantaran mobil ini bagian kolongnya dibekali plat baja setebal 1,5 mm untuk melindungi dari benturan batu, serta pada kolong mesin dan porsnelingnya juga diberi lapisan pelingdung 6 mm.

Generasi Isuzu D-Max Terbaru Dipastikan Masuk Indonesia

Isuzu D-Max Terbaru
Isuzu D-Max lawas, model 2020

Dengan hadirnya Isuzu D-MAX terbaru di Malaysia, besar kemungkinan sebentar lagi unit ini akan menuju Indonesia. Pasalnya beberapa waktu lalu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menegaskan jika akan ada dua produk baru meluncur di tahun 2021.

Kedua produk tersebut diperlihatkan gambar siluetnya dalam presentasi konferensi pers secara pada Februari 2021. Besar kemungkinan, gambar tersebut adalah Isuzu D-Max terbaru dan Isuzu MU-X terbaru.

Baca juga  3 Cara Modifikasi Mobil Pick Up Slalom, Boleh Dicoba!

“Pada 2021 kami bakal menyambut keluarga baru (mu-X 2021). Kemudian ini yang kedua, rasanya banyak beredar juga di dunia maya (D-Max baru). Anda pasti sudah tahu ini model apa.”

“Kemudian kami juga tengah menyiapkan implementasi Euro 4 pada April 2022. Sehingga Isuzu siap menghadapi aturan emisi gas buang itu,” kata Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Hanya saja yang masih jadi pertanyaan adalah mesin apa yang bakal digunakan? Apa 1.9 Liter atau 3.0 Liter? Atau Jangan-jangan keduanya siap hadir di Indonesia. Kita tunggu saja peluncurannya di Tanah Air.

Debut pertama Isuzu D-Max generasi terbaru dirilis di Thailand pada tahun 2019. Model ini mengisi segmen pikap, berhadapan dengan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Saat ini di Indonesia, D-Max masih ditawarkan dalam empat varian dengan harga mulai Rp 356,2 juta hingga Rp 536,7 juta.

Demikian ulasan terkait Isuzu D-Max terbaru 2021. Untuk dapatkan update berita otomotif lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru