Jenis – Jenis Peredam Suara Mobil dan Tips Cara Pasang Sendiri

by Tigor Sihombing
Jenis Peredam Suara Mobil

Kali ini Moladin akan mengulas jenis – jenis peredam suara mobil dan tips cara pasangnya. Memiliki kabin mobil yang senyap adalah impian banyak pemilik kendaraan, terutama bagi mereka yang ingin menikmati kualitas audio yang baik selama perjalanan.

Sayangnya, tidak semua mobil dilengkapi dengan kabin yang kedap suara. Kebisingan dari luar maupun dari dalam mobil bisa mengganggu kenyamanan berkendara.

Oleh karena itu, mengetahui cara membuat peredam suara mobil sendiri bisa menjadi solusi efektif untuk menciptakan kabin yang lebih tenang tanpa harus membeli mobil baru yang lebih mahal, atau tanpa perlu ke tukang ahli yang biayanya lebih besar ketimbang melakukanya sendiri.

Sebelum memulai, kita harus paham jika suara bising di dalam mobil bisa berasal dari berbagai sumber, seperti suara mesin, angin, dan getaran dari jalan. Langkah pertama untuk membuat peredam suara mobil sendiri adalah menentukan bagian mana dari mobil yang paling banyak menimbulkan kebisingan.

Area yang sering menyebabkan kebisingan adalah pintu, lantai, dan ruang mesin. Setelah menentukan lokasi yang perlu diatasi, pemilihan bahan peredam yang tepat menjadi sangat penting.

Baca juga  Warna Mobil dan Perawatannya, Agar Laku Saat Dijual Kembali!

Bahan peredam yang umum digunakan seperti jenis aspal, jelly dan busa atau foam.

Peredam aspal adalah pilihan yang efektif untuk meredam suara bising namun memiliki kelemahan berupa bobot yang cukup berat, sehingga dapat menambah beban mobil. Peredam jelly lebih ringan dan mudah dipasang, sering digunakan di bagian pintu karena dilapisi dengan aluminium foil yang juga membantu meredam panas.

Sementara itu, peredam busa lebih cocok untuk digunakan di bagian kabin karena kemampuannya untuk memblokir suara tanpa menambah panas dari mesin. Setiap jenis peredam memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga penting untuk memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan lokasi pemasangan.

Lepas semua Bagian Interior Mobil

700 3327 e1581518253412 752x423 1
Peredam jelly lebih ringan dan mudah dipasang, sering digunakan di bagian pintu karena dilapisi dengan aluminium foil yang juga membantu meredam panas.

Untuk hasil yang maksimal, pemasangan peredam suara harus dilakukan dengan teliti. Langkah pertama adalah melepas bagian-bagian mobil seperti jok, karpet, dan konsol untuk memberikan akses yang lebih mudah ke area yang akan dipasangi peredam.

Bersihkan area tersebut dari debu dan kotoran, terutama minyak atau oli yang dapat mengganggu daya rekat bahan peredam. Setelah pemasangan selesai, pastikan semua bagian yang dilepas dipasang kembali dengan rapi dan aman.

Baca juga  Benarkah Umur Ban Mobil Cuma 3 Tahun?

Menggunakan peredam suara yang berkualitas dan melakukan pemasangan dengan benar akan membuat kabin mobil kamu lebih tenang dan nyaman.

Demikian ulasan jenis peredam suara mobil. Simak terus Moladin.com untuk udpate berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika