Begini Cara Merawat dan Bersihkan Karburator Motor

Moladin – Dalam sebuah motor, banyak sekali komponen salah satunya karburator motor, sehingga kendaraan roda dua bisa bergerak dan dikendarai. Setiap fungsi dari masing-masing komponen saling mendukung. Mulai dari bagian luar seperti lampu utama, sein, klakson, lampu belakang, knalpot, starter, hingga komponen dalam yang sebagian besar adalah mesin.

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan ketika punya motor adalah melakukan servis rutin. Tujuannya tentu saja untuk menjaga performa motor, sekaligus menjaga ketahanan suku cadangnya. Tidak hanya alami penurunan performa, lupa atau bahkan tidak melakukan perawatan rutin motor sama sekali akan membuat mesin sangat rentan alami kerusakan.

 

Karburator, Komponen Motor yang Penting untuk Pembakaran

Karburator Motor Jantungnya MotorPeran karburator sangatlah penting sebagai jantungnya motor

Memang, semua komponen dalam motor itu memiliki peran yang sama pentingnya tanpa terkecuali, karena semuanya bersinergi untuk bisa menggerakkan mesin. Nah, salah satu yang tidak kalah pentingnya adalah karburator motor, yang berperan dalam proses pembakaran.

Seiring dengan teknologi yang semakin pesat perkembangannya, karburator sudah tak lagi banyak dipakai motor. Pasalnya, sudah tergantikan dengan teknologi Electric Fuel Injection (EFI) atau lebih dikenal dengan sebutan sistem injeksi. Awalnya, teknologi ini diadaptasi untuk motor dengan transmisi otomatis. Kini, penerapannya hampir merata.

Nah, masalah yang umum terjadi pada karburator adalah terlalu kotor atau sering kali kemasukan air. Jika ini terjadi, dampak yang muncul adalah motor tersendat atau sangat sulit dihidupkan.

Inilah mengapa sangat penting untuk menjaga kebersihan karburator, terutama jika Anda masih menggunakan motor dengan transmisi manual, tentu saja agar karburator selalu bersih dan performa motor pun terjaga. Lalu, bagaimana cara merawat dan membersihkan karburator motor?

 

Yamaha MT 15

*Angsuran mulai dari

 

1. Lepas Karburator dari Dudukannya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepaskan karburator dari tempat atau dudukannya. Supaya bisa terlepas, Anda membutuhkan beberapa peralatan bengkel, salah satunya adalah kunci pas. Nah, pastikan peralatan yang Anda miliki sudah lengkap untuk melepaskan komponen satu ini, ya!

 

2. Buka Bagian Mangkuknya dan Bersihkan

Bersihkan Bagian Dalam KarburatorSemprot bagian dalam dengan menggunakan cairan pembersih karburator

Setelah karburator berhasil terlepas dari dudukannya, langkah selanjutnya adalah membuka mangkuk atau penutup karburator dan mulai membersihkan bagian tersebut. Perhatikan, apakah terbentuk endapan atau mungkin ada air yang mengisi bagian tersebut. Cara membersihkan bagian mangkuk bisa menggunakan kuas, kemudian bilas dengan bensin.

Mengapa harus bensin? Sederhana, karena bensin memiliki kemampuan untuk membersihkan komponen mesin motor lebih baik dibandingkan dengan air. Jadi, pastikan tangki bensin motor Anda isinya cukup untuk membersihkan komponen karburator motor ini, ya! Sementara untuk membersihkan kerak dan kotoran yang menempel di bagian ini.

 

3. Bersihkan Bagian Penyaring Udara

Tidak boleh ketinggalan, Anda juga perlu membersihkan bagian penyaring udara. Supaya lebih mudah, sebaiknya bagian dari karburator motor ini dilepas terlebih dahulu.

Pembersihannya juga tidak boleh sembarangan. Anda dianjurkan untuk menggunakan cairan yang memang dibuat khusus untuk membersihkan penyaring udara ini. Setelahnya, biarkan saja sampai cairan pembersih tadi mengering dengan sendirinya.

 

4. Bersihkan Bagian Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet

Bersihkan Bagian Karburator Bersihkan bagian yang kecil mulai dari pilot jet, main jet, sampai needle jet

Selesai membersihkan penyaring udara, lanjutkan lagi ke bagian pilot jet, main jet, dan needle jet. Bersihkan satu per satu dengan hati-hati. Untuk membersihkan bagian pilot jet, lepas terlebih dahulu bagian ini, lalu tiup bagian lubangnya. Lebih mudah lagi kalau Anda memiliki kompresor.

Setelahnya, lanjutkan pada bagian main jet. Sama dengan bagian pilot jet, sebelum membersihkannya, lepas dahulu komponen karburator motor ini dari komponen lainnya.

Lalu, tiup kembali bagian lubangnya atau bersihkan dengan kompresor untuk hasil yang lebih maksimal. Terakhir, lepaskan bagian needle jet dan bersihkan dengan kuas yang sebelumnya sudah Anda celupkan ke dalam bensin.

Lalu, tiup area yang berlubang atau semprot dengan menggunakan kompresor. Jangan sampai lupa, bersihkan juga badan inti karburator, semprot atau tiup bagian lubang yang ada pada corongnya supaya karburator bersih maksimal dari debu atau air yang menyumbat dan menghambat kinerjanya.

 

Kawasaki Ninja 250 - 2018

*Angsuran mulai dari

 

5. Bersihkan Spuyer

Spuyer karburator merupakan komponen karburator motor yang tidak kalah pentingnya, karena memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kinerja mesin kendaraan Anda.

Proses pembersihannya sendiri terbilang mudah dan sederhana, kok. Anda hanya perlu memakai amplas halus untuk menghilangkan kotoran yang melekat. Namun, selalu hati-hati, karena apabila terjadi perubahan pada ukuran diameternya, mesin motor Anda bisa jadi tidak bisa dihidupkan.

Terakhir, pasang kembali semua komponennya dan kembalikan karburator motor pada posisi semula. Kalau Anda tidak paham atau awam mesin motor, tidak ada salahnya untuk membawa kendaraan kesayangan ke bengkel motor terdekat.

Mintalah mekanik untuk membersihkan karburator motor Anda, karena pastinya hasil akan lebih maksimal dibandingkan dengan membersihkan karburator sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *