Sabtu, Mei 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kelebihan dan Kekurangan MG 4 EV Dibanding Nissan Leaf

by Tigor Sihombing
Harga mobil listrik bulan Februari 2024

Tahu kelebihan dan kekurangan MG 4 EV 2023 penting, utamanya sebagai pertimbangan jika kamu ingin mengadopsi mobil listrik merek Inggris yang sudah diakuisisi oleh Cina ini. Di Indonesia, MG 4 EV varian Magnify i-Smart punya kompetitor Nissan Leaf yang harganya mirip yaitu Rp 700 jutaan.

Kehadiran mobil listrik MG di pasar otomotif Tanah Air dimulai sejak pertengahan 2023. Salah satu kelebihannya, terletak pada harga yang terjangkau. Kemudian punya desain futuristik dan fitur-fitur istimewa seperti vehicle to load (V2L), adaptive cruise control, hingga wireless charger.

Selain varian Magnify i-Smart, MG 4 EV juga punya varian Ignite yang dijual lebih murah lagi yaitu Rp 649,9 juta (OTR Jakarta). Hanya saja memang dari sisi fitur, banyak disunat. Meski begitu, soal jarak tempuh tidak berbeda bisa mencapai 425 Km.

“Perbedaan kedua varian ini terletak pada fiturnya. Untuk jarak tempuh, keduanya bisa mencapai 425 km,” kata Arief Syarifudin, Direktur Pemasaran dan Hubungan Masyarakat MG Motor Indonesia, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lalu adakah kekurangan MG 4 EV dibanding Nissan Leaf? Salah satu yang kami temukan adalah ground clearance cukup rendah cuma 117 mm dan ruang bagasi cuma 363 liter. Pilihan warna mobil listrik ini juga terbatas, cuma ada lima: brighton blue (biru), black knight (hitam), andes grey (abu-abu), scarlet red (merah), dan arctic white (putih). 

Mau tahu lebih detail soal kelebihan dan kekurangan MG 4 EV 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

Kelebihan MG 4 EV 2023

Harga Lebih Murah

kelebihan dan kekurangan MG 4 EV

MG 4 EV varian Magnify i-Smart dijual Rp 699,9 juta

Pertama-tama kami bahas kelebihan mobil listrik MG 4 EV terlebih dulu yang punya harga lebih terjangkau dibanding rivalnya yaitu Nissan Leaf. MG menjualnya Rp 649,9 juta untuk varian Ignite dan Rp 699,9 juta untuk varian Magnify i-Smart.

Baca juga  DFSK Hadirkan Seres SF5, SUV Listrik 1.000 Km

Sedangkan Nissan Leaf dijual dengan harga mulai Rp 738 juta untuk one toned dan Rp 740 versi Two-Toned. Tidak ada pilihan varian, cuma pembedanya ada di pilihan warna yang Nissan berikan. 

Baterai Lebih Besar dan Jarak Tempuh MG 4 EV Lebih Jauh

image 5 7

MG 4 EV dalam kondisi melakukan pengecasan.

Kelebihan MG 4 EV 2023 selanjutnya adalah memiliki baterai lebih besar mencapai 51 kWh. Dengan itulah, mobil listrik ini bisa mencapai jarak tempuh hingga 425 Km dalam kondisi baterai penuh. Klaim tersebut mengacu pada New European Driving Cycle (NEDC).

Dengan baterai besar, MG 4 EV juga mampu menggerakkan motor elektrik sehingga menghasilkan performa lebih istimewa. Torsi puncaknya mencapai 250 Nm dan tenaganya 125 kW atau 167 hp.

Jika dibandingkan Nissan Leaf, performa MG 4 EV jauh lebih unggul. Pasalnya mobil listrik Nissan cuma pakai baterai 40 kWh dengan jarak tempuh 311 Km. Lalu torsi puncak yang dapat dihasilkan oleh motor elektriknya hanya 320 Nm dan tenaga 110 kW atau setara 147 hp.

Fitur MG 4 EV Magnify i-Smart Lebih Lengkap dengan V2L

kelebihan dan kekurangan MG 4 EV

Interior MG 4 EV

Bicara fitur, ini juga jadi salah satu kelebihan MG 4 EV Magnify i-Smart. Sebagai mobil listrik, teknologi yang disematkan juga sangat modern. Sebut saja ada head unit besar ukuran 10,25 inci yang dapat terkoneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Ukuran ini lebih besar dibanding Nissan Leaf yang berukuran 8 inci.

Baca juga  Hyundai Ioniq 5 VS Kona EV, Beli yang Mana?

Bisa dipastikan keunggulan layar entertainment yang lebih besar pada Mg 4 EV akan membarikan pengalaman berkendara yang lebih baik kepada pengemudinya. Mulai dari menyediakan visual yang lebih jelas dan detail, dalam hal menampilkan film, atau video musik, dalam kendaraan. Apalagi jumlah audio mobil listrik MG lebih banyak yaitu 6-speaker.

Lalu kenyamanan pengemudi dan penumpang di interiornya juga istimewa. Hadir wireless charger hingga filter udara PM 2.5. Kemudian yang tidak kalah menarik teknologi i-Smart yang merupakan teknologi telematik penghubung mobil dan smartphone. Alhasil berbagai fitur seperti cek kondisi kendaraan (smart check), smart command, dan smart connect bisa diaktifkan.

Tidak ketinggalan, kelebihan MG 4 EV dibanding Nissan Leaf adalah kemunculan fitur vehicle to load (V2L). Ini memungkinkan mobil jadi generator untuk berbagai peralatan elektronik seperti lampu, kompor listrik dan lain-lain. Fitur V2L sangat penting, utamanya ketika kamu sedang berkemah naik mobil bersama keluarga.

Kekurangan MG 4 EV 2023

Ground Clearence Lebih Rendah

kelebihan dan kekurangan MG 4 EV

Ground clearence MG 4 EV lebih rendah

Walau punya banyak kelabihan, kekurangan MG 4 EV 2023 juga ada. Salah satunya adalah ground clearance rendah. Mobil ini punya jarak terendah ke jalan cuma 117 mm. Ini disebut kelemahan, lantaran menimbulkan potensi bodi mobil mudah bersinggungan dengan aspal atau tanah saat melaju di jalan bergelombang.

Apalagi jalanan di Indonesia banyak yang belum di aspal. Lalu rintangan seperti polisi tidur dan lubang, juga termasuk makanan sehari-hari saat berkendara. Sementara Nissan Leaf selaku kompetitor punya ground clearance lebih tinggi yaitu 150 mm.

Pilihan Warna Eksterior MG 4 EV Monotone

kelebihan dan kekurangan mg 4 ev

MG 4 EV tidak punya opsi warna eksterior two tone

Kekurangan MG 4 EV selanjutnya ada di pilihan warna eksterior yang terbatas. Cuma ada lima opsi: brighton blue (biru), black knight (hitam), andes grey (abu-abu), scarlet red (merah), dan arctic white (putih). Kemudian tidak tersedia pilihan eksterior two tone.

Baca juga  Nissan Hyper Punk, Mobil Masa Depan Bergaya Origami!

Padahal kompetitornya yaitu Nissan Leaf, punya 14 pilihan warna eksterior. Opsinya untuk warna bodi one tone: pearl white, black star, blade silver, gun metallic, night blue, dan radiant red. Lalu untuk opsi warna two tone: pearl white with black roof, pearl white with blue roof, black star with grey roof, night blue with black roof, radiant red with black roof, pink with black roof, reddish brown with black roof, dan dark red with black roof.

Bagasi Tidak Sebesar Nissan Leaf

kelebihan dan kekurangan mg 4 ev 2023 - bagasi

Bagasi MG 4 EV cuma bisa menampung barang 363 liter

Soal dimensi, MG 4 EV sesungguhnya tidak terlalu bongsor. Di atas kerta punya panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.516 mm. Ini membuat bagasinya juga tidak terlalu luas untuk barang, cuma bisa mengangkut 363 liter dengan kondisi semua jok digunakan untuk duduk orang.

Luas bagasi tersebut sesungguhnya cukup besar, tapi disebut sebagai kekurangan MG 4 EV, lantaran kompetitornya yaitu Nissan Leaf punya kapasitas angkut barang di belakang hingga 435 liter. Hal tersebut, salah satunya karena dimensinya sedikit lebih bongsor dengan panjang 4.480 mm, lebar 1.790 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Ditambah lagi, bagasi Nissan Leaf punya desain cekung sehingga bisa memuat barang lebih banyak.

Demikian ulasan kelebihan dan Kekurangan MG 4 EV 2023 dibanding Nissan Leaf. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika