by

5 Kelebihan Kia Seltos, Ketahui Sebelum Beli

Kelebihan Kia Seltos – PT Kreta Indo Artha (KIA) menjadi agen pemegang merek (APM) baru untuk produk Kia di Indonesia. Perusahaan yang bernaung dibawah Indomobil Group itu optimis mampu membawa produk Kia dapat bersaing di pasar otomotif Tanah Air.

Sebagai modal KIA untuk dapat bersaing di Indonesia, mereka memboyong produk sport utility vehicle (SUV) untuk pasar Nasional. Produk tersebut adalah Kia Seltos, yang punya desain menarik dengan fitur yang berlimpah.

Rival kuat Honda HR-V itu punya sejumlah kelebihan yang ditawarkan. Bila dibandingkan dengan kompetitornya.

Sedikit menilik kebelakang, Kia Seltos juga dipasarkan di beberapa negara seperti India, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Produk ini merupakan hasil pengembangan dari SP Concept yang pernah ditampilkan di India Auto Expo 2018.

Bicara desain dan teknologi, kini produk-produk asal Korea Selatan punya desain dan teknologi yang tak kalah menarik dengan produk Eropa. Di sisi lain, harga yang ditawarkan juga cenderung terjangkau.

Lalu sebenarnya apa saja yang menjadi kelebihan Kia Seltos yang merupakan modal kuat mereka bersaing di pasar otomotif Tanah Air? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Kelebihan Kia Seltos Punya Desain Ala Mobil Eropa

Kelebihan Kia Seltos
Salah satu kelebihan Kia Seltos terletak pada desain yang ditawarkan

Desain jadi salah satu kelebihan Kia Seltos yang menjadi modal untuk menarik hati konsumen di Indonesia. Secara tampilan Kia Seltos punya desain yang modern ala-ala mobil Eropa.

Terlihat jelas bagian depan mobil menyajikan ciri khas desain Kia yakni ‘Tiger Nose’. Desain itu dipadukan dengan beragam teknologi terkini, melalui kehadiran lampu depan LED tipis yang segaris dengan gril.

Keunggulan Kia Seltos juga sudah dilengkapi auto light, LED proyektor serta garis siang hari (DRL). Namun tipe termurah tidak dibekali sistem lampu otomatis.

Guna menguatkan kesan SUV yang tangguh, pabrikan turut membekali roof rail di atap. Lalu skid plate depan dan belakang memperkuat unsur sportif.

Baca juga  Beda 3 Varian Kia Seltos, Mana yang Sebaiknya Dibeli?

Mobil ini juga didukung cladding hitam di sekeliling bodi, menggambarkan sifat kuat SUV. Coretan garis tegas tampak menghias bagian belakang.

Di bagian belakang tak kalah menariknya dengan desain depan. Di mana terlihat bagian belakang dihiasi dengan garis krom yang diapit oleh lampu rem, yang dipadukan dengan sepasang knalpot palsu.

Guna menyempurnakan tampilan SUV semakin kental, Kia Seltos didukung dengan pelek berukuran 18 inci model dual tone.

Seltos punya dimensi yang cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan konsumen yang membutuhkan compact SUV di Indonesia. Di atas kertas, Kia Seltos punya panjang Panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm dan jarak sumbu roda 2.610 mm.

2. Fitur Tak Kalah Menarik Dengan Kompetitor

Fitur jadi kelebihan Kia Seltos
Fitur jadi kelebihan Kia Seltos

Berbeda dari SUV kompak lainnya yang ditawarkan di Indonesia. Kelebihan Kia Seltos selanjutnya, mobil ini tidak hanya dilengkapi socket USB untuk mengisi baterai smartpone, tapi juga fitur wireless charging.

Fitur ini belum ditemui di kompetitor lainnya yang ditawarkan di Indonesia. Kehadiran wireless charging tentunya mampu meningkatkan daya tarik SUV asal Korea Selatan itu.

Di sisi lain, beragam fitur lainnya juga sudah tersedia di Kia Seltos, seperti enam airbag, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), control, brake assist, hill-start assist, dan sensor parkir di depan dan belakang mobil.

Ditambah sisipan Cruise Control di EX+ sebagai poin lebih kasta tertinggi. Peranti ini jadi pasangan yang pas, saat berselancar ria dengan aliran daya kencang.

Tak hanya itu saja, interior Kia Seltos juga didukung dengan perangkat hiburan berupa head unit layar sentuh dengan ukuran yang besar yakni 10,25 inci dengan tombol pengaturan di sampingnya.

3. Mesin Turbo dengan Transmisi DCT jadi Kelebihannya

Mesin Kia Seltos
Seltos dipersenjatai mesin 1.4 liter turbocharger

Berlanjut membahas kelebihan Kia Seltos, sisi yang cukup menarik dari SUV itu adalah sektor jantung pacu dan transmisi yang ditawarkan. Dalam hal ini Kia terbilang cerdas menawarkan mesin dengan karakter yang berbeda dibandingkan kompetitor, sekelas Honda HR-V sekalipun.

Baca juga  5 Merek Mobil Terlaris di Awal 2020

Di mana Kia Seltos dipersenjatai dengan mesin 1,4 liter turbo GDi dengan tenaga yang cukup besar. Rival lain belum pakai turbo. Torsi yang ditawarkan cukup besar, menembus 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm.

Tenaga mesin bensin itu mencapai 140 PS pada 6.000 rpm. Transmisi menggunakan tipe otomatis 7-speed DCT. Diklaim kopling ganda menyalurkan tenaga ke roda depan lebih cekatan, mulus serta senyap.

Menariknya lagi, Kia Seltos dilengkapi dengan enam opsi mode berkendara, yaitu Sport, Eco, Normal, Mud, Snow dan Sand. Meski untuk kondisi cuaca di Indonesia, beberapa opsi tersebut tak semua bisa digunakan.

Untuk urusan mesin ini, bisa dibilang Kia Seltos tak bisa dipandang sebelah mata, Sob! Di sisi lain, durabilitas produk Kia sejatinya tak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya mesin yang ditawarkan bukan barang inferior maupun kelas dua. Strata kualitas linear dengan mobil-mobil pabrikan Jepang.

Pun begitu, tentunya bukan perkara mudah untuk mobil ini lantas diserap pasar dengan cepat. Tentunya butuh waktu untuk hal yang satu ini.

Ketika Moladin merasakan sensasi berkendara bersama Seltos, terasa memang mesin responsif. Sayangnya kala itu, kami belum sempat melakukan pengujian terkait konsumsi bahan bakarnya.

Sebagai informasi tambahan, jika mengacu pada pasar global. Sejatinya Kia Seltos punya beberapa pilihan mesin, baik tipe bensin maupun diesel.

Ada pilihan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter yang diklaim dapat menghasilkan tenaga 146 hp serta torsi maksimal 179 Nm.  Selain itu mesin 1.6 liter turbocharged bertenaga 175 hp dan torsi 264 Nm.

Sementara yang masuk ke Indonesia hanya pilihan mesin 1,4 liter. Dalam hal ini nampaknya Kia sudah menyesuaikan pilihan mesin yang tepat untuk pasar domestik.

Baca juga  Biaya Perawatan Suzuki XL7 Hanya Rp3.800 Per Hari

4. Punya Kamera Pandang Belakang Jadi Daya Tariknya

kelebihan Kia Seltos
SUV asal Korea Selatan yang patut diperhitungkan

Mengacu pada kelebihan Kia Seltos lainnya, mobil ini punya fitur yang cukup menarik. Memang fitur ini terasa simpel, namun punya kegunaan yang cukup membantu khususnya bagi pengemudi. Fitur unggulan Kia Seltos adalah kamera pandang belakang, yang belum ditemui pada sejumlah kompetitor yang ada di Indonesia.

Mengapa fitur ini dianggap penting? Biasanya kalau pengguna pergi ke luar kota otomatis bagasi pasti penuh, pandangan pengemdi ke belakang mobil melalui kaca spion tengah akan terganggu, sebab tertutup barang bawaan.

Dengan mengaktifkan kamera pandang belakang, maka seolah-olah tidak terpengaruh dengan barang di belakang yang menutupi pandangan. Pengemudi bisa melihat situasi dibelakang mobil melalui layar head unit saja.

5. Harga Cenderung Lebih Terjangkau Dari Kompetitor

Harga jual terjangkau kelebihan Kia Seltos
Harga jual yang cenderung terjangkau, jadi kelebihan Kia Seltos

Faktor yang tak kalah penting, dan menjadi kelebihan Kia Seltos adalah dari sisi harga yang cenderung lebih terjangkau, dibandingkan sang rival seperti Honda HR-V. Terlebih untuk varian 1.5L Honda HR-V yang merupakan pesaing terdekatnya.

Kia Seltos dibanderol dengan harga mulai dari Rp 295 juta hingga Rp 355 juta. Tersedia 3 varian yang ditawarkan yakni E, EX, dan EX+.

Untuk sang kompetitor, harganya sedikit lebih mahal mulai dari Rp 301,6 juta hingga Rp 353,1 juta. Untuk varian tertinggi Seltos sedikit lebih mahal. Namun jika mengacu pada fitur yang ditawarkan rasanya pantas Seltos jadi pilihan.

Nah, sekarang sudah tahukan apa saja yang menjadi kelebihan Kia Seltos? Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya buat kamu yang ingin membeli compact SUV yang sesuai kebutuhan.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

Terbaru