by

Konsumsi BBM Sienta dan Cara Membuatnya Semakin irit!

Tahukah kamu seberapa irit konsumsi BBM Sienta? Ini penting untuk diketahui, terutama jika kamu sedang berburu unit baru atau bekas dari mobil MPV besutan Toyota yang mengusung pintu geser tersebut.

Apa lagi Toyota Sienta merupakan salah satu mobil MPV yang menerima insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Nol Persen. Otomatis membuat harga Toyota Sienta bulan Juli 2021 ini mengalami penurunan.

Tercatat potongan harga mobil Toyota Sienta akibat PPNBM saat ini berkisar mulai dari Rp19 juta hingga Rp22 juta per unit. Atau kini harganya menyusut mulai Rp258.100.000 hingga Rp294.400.000.

Toyota Sienta yang termahal adalah varian Welcab. Model ini dirancang khusus untuk mobilitas lansia atau mereka yang berkebutuhan khusus. Toyota Sienta Welcab yang hadir dari type v ini mengadopsi bangku tengah yang fleksibel, dibanderol mulai dari Rp 362,7 jutaan.

Sebelum kamu tahu konsumsi BBM Sienta, tidak ada salahnya untuk mengetahui kiprah singkat Toyota Sienta di Indonesia. Toyota Sienta hadir di Indonesia sejak tahun 2016. 

Toyota Sienta menggendong mesin 2NR-FE, In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.500cc. Mesin Toyota Sienta ini menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 Ps pada 6.000 rpm.

Sedangkan torsi puncak Toyota Sienta mencapai 14.3 kgm pada 4.200 rpm Menariknya mesin yang terkenal bandel ini juga digunakan oleh All New Yaris hingga saat ini.

Kelebihan Mesin Toyota Sienta

Konsumsi BBM toyota Sienta
Mesin 2NR-FE Sienta

Kalian juga harus tahu, kode 2NR-FE pada mesin Toyota Sienta ini memiliki spesifikasi “F”, yang berarti merujuk pada penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft). Sedangkan huruf “E” mengartikan Electronic Fuel Injection (EFI).

Baca juga  MPV DFSK Tertangkap 'Wara-Wiri' di Ibu Kota, Kembaran Serena?

Mesin Toyota Sienta meiliki pilihan transmisi model CVT tujuh percepatan yang mengusung teknologi Sport Sequential Shiftmatic dan pilihan transmisi manualnya enam percepatan.

Transmisi jadi salah satu kelebihan MPV pintu geser ini dibanding Avanza, karena CVT punya distribusi tenaga lebih halus dan pas untu keluarga. Kemudian untuk transmisi manual 6-percepatan juga punya lebih banyak gigi dibanding Avanza.

Pabrikan mengatakan, mesin Toyota Sienta dibuat menggunakan bahan aluminium sebagai material utama, sehingga diklaim lebih ringan dan irit konsumsi dalam hal konsumsi bahan bakar.

Konsumsi BBM Sienta

konsumsi BBM Sienta
Sienta paling pas pakai Pertamax, tapi kalau mau Pertalite juga bisa

Bicara konsumsi BBM Sienta, sebelumnya tercatat pihak Toyota pernah mengklaim jika konsumsi BBM Sienta lebih irit 10 persen di banding kompetitor.

Selain itu kami juga sempat merangkum hasil dari beberapa sumber terpercaya yang menyebut hasil konsumsi BBM Sienta tembus 1:14 km/liter untuk varian matik.

Sementara untuk konsumsi BBM Sienta varian manualnya bisa melaju lebih jauh yakni di kisaran 1:18 km/liter. Hasil ini tidak berbeda jauh dengan nara sumber yang kami wawancarai langsung terkait konsumsi BBM Sienta.

Nara sumber kami adalah Indra Prabowo, seorang profesional di bidang digital yang juga memiliki Sienta. Ia mengatakan konsumsi BBM Toyota Sienta miliknya yang bertype Q AT (Tertinggi), rakitan tahun 2017 bisa menghasilkan 1:12 km/liter.

“Kalau luar kota bisa lebih, angka itu untuk penggunaan harian yang sering terjebak macet, dengan kondisi berkendara stop and go,” kata Indra, Rabu, (28/7/2021).

Baca juga  Inilah Sosok Toyota Land Cruiser 70th Anniversary

Dengan tipe mobil yang sama, sumber lain menyebut konsumsi BBM Sienta tembus 11,3 km/liter. Dalam artian hasil konsumsi BBM akan sangat bergantung dari kondisi jalan dan cara berkendara pengemudinya ya guys.

9 Trik Agar Konsumsi BBM Sienta Tetap Irit

konsumsi BBM Sienta

Supaya konsumsi BBM Sienta kamu tetap irit harus dilakukan perawatan berkala. Indra mengatakan tiap service berkala Toyota Sienta miliknya menghabiskan dana kurang lebih Rp 3 jutaan. “itu sudah termasuk jasa dan parts.

Menurut laman Auto2000, service berkala Toyota Sienta dilakukan setiap 10.000 km. Umumnya saat service berkala pergantian meliputi oli mesin, filter oli, gasket, dan balance weight.

Adapun cara lainnya kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini agar konsumsi BBM Sienta tetap irit.

  1. Matikan mesin saat berhenti lama, misalnya saat kamu berhenti lama di mini market atau rest area jalan tol. Hal ini memang terlihat sepele, namun jika diakumulasi setiap hari bahkan bulanan akan terasa manfaatnya.
  2. Atur jarak yang pas dengan mobil di depan sehingga kamu tidak perlu tergesa-gesa menginjak pedal gas atau pedal rem.
  3. Jangan terlalu lama memanaskan mobil. Berbeda dengan mobil lawas, mobil modern sudah cerdas dalam mengatur suplay bahan bakar bahkan saat pertama kali mobil dinyalakan di pagi hari. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama jelas menghabiskan bensin sia-sia.
  4. Berkendaralah dengan santai dan halus saat menginjak pedal gas dan biarkan mobil melaju dengan memanfaatkan momentum. Mobil dengan transmisi otomatis lebih mudah dalam hal penggantian gigi transmisi karena sudah diatur oleh komputer. Berkendaralah dengan halus agar gigi transmisi pindah di putaran mesin rendah, biasanya sekitar 2.000 rpm, bahkan bisa di bawah itu bila mesin mobil kamu besar.
  5. Manfaatkan fitur mode Eco. Termasuk menempatkan tuas transmisi di posisi normal dan tidak di mode Manual atau Sport. Pilihan ini sudah mengunci mobil kamu untuk tidak reaktif di jalan dan menghemat konsumsi BBM.
  6. Oper gigi di putaran rendah, jika kamu menggunakan mobil manual. Misalnya pada 2.000 rpm lebih sedikit. Di putaran ini biasanya mobil sudah mendapatkan gaya dorong yang cukup dan kamu tinggal memanfaatkan momentum untuk menambah lajunya.
  7. Saat mengurangi laju mobil, jangan terlalu cepat menurunkan posisi gigi transmisi. Biarkan sampai terasa nyaris habis tenaganya, baru oper ke gigi lebh rendah. Kecuali di saat kamu membutuhkan momentum, seperti ketika mau menanjak, transmisi bisa dipindah lebih cepat.
  8. Sabar, dan jangan sering pindah jalur dalam kemacetan. Karena pola berkendara agresif seperti pindah jalur terus menerus dalam macet membuat konsumsi bensin semakin boros. Berkendaralah sewajarnya sesuai kecepatan arus kendaraan saat itu.
  9. Isi bensin dengan oktan yang sesuai agar konsumsi BBM Sienta jadi irit. BBM yang tepat adalah Pertamax dengan RON 92.
Baca juga  Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Bagus Mana?

Demikian ulasan terkait konsumsi BBM Sienta. Kiranya konten ini bisa menjadi panduan reverensi kamu sebelum memutuskan untuk membeli mobil. 

Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan ulasan terbaru terkait berita otomotif.

Terbaru