by

Pengen Punya Motor Klasik Kece? Mulai Saja Dengan Kredit Motor Vespa

Piaggio Vespa adalah merek otomotif yang sudah menjadi legenda di Indonesia. Merek ini sudah hadir di Indonesia sejak medio 60-an. Vespa menjadi sangat populer salah satunya karena motor ini dijadikan hadiah bagi para prajurit yang baru saja menjalankan tugas sebagai penjaga perdamaian di Kongo.

Konon, Kontingen Garuda yang ditugaskan untuk membantu mengamankan Kongo pada tahun 60-an mampu menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Ketika pulang ke tanah air, pemerintah memberikan penghargaan kepada mereka dalam bentuk motor Vespa (yang kemudian populer dengan nama Vespa Kongo).

Sejak saat itu, popularitas Vespa meroket di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan sampai saat ini pun, Vespa Kongo klasik harganya masih tetap terjaga dan cukup mahal. Popularitas Vespa kala itu akhirnya membuat permintaan meningkat dan ATPM resmi Vespa pun didirikan.

Awalnya Vespa adalah motor yang didatangkan secara Completely Built-Up (CBU). Namun di masa ATPM resmi PT. DanMotors vespa Indonesia, motor ini didatangkan secara Knock-Down. Artinya, motor diimpor dalam bentuk komponen-komponen dan kemudian baru dirakit di tanah air.

Pemerintah kemudian menginginkan alih teknologi dan ingin kandungan komponen lokalnya terus dinaikkan hingga 50 persen. Terus berkembang, Vespa bahkan akhirnya bisa memproduksi mesinnya secara utuh di Indonesia. Namun era kejayaan Vespa mendapatkan ujian berat ketika Indonesia dihantam krisis moneter pada 1998. Vespa makin terpuruk dengan semakin populernya motor Jepang.

Baca juga  Penting! 5 Tips Mengendarai Motor di Bawah Terik Matahari

Namun masyarakat Indonesia sepertinya belum siap move on sepenuhnya dari skuter legendaris ini. Komunitas Vespa tetap eksis di banyak kota dan akhirnya merek Vespa pun come back ke Indonesia, dengan wajah dan banyak varian motor baru. Vespa modern kali ini sudah mengusung semua teknologi teranyar meski masih mempertahankan kesan klasik mereka.

Saat ini, ada beberapa varian Vespa yang bisa kamu beli. Hampir semuanya merupakan skuter otomatis dengan gaya klasik yang menggelembung di bagian belakang. Harganya pun bervariasi mulai 35 jutaan hingga 60 jutaan.

Dari segi harga , Vespa memang tidak bisa dikatakan murah. Ada banyak skutik jepang dengan kapasitas mesin yang sama yang dijual dengan jauh lebih murah. Karena itu, bisa dikatakan jika para pembeli Vespa biasanya tidak mengedepankan fitur atau fungsi, lebih ke sentimen pribadi atau prestise saja.

 

Vespa S 125 9938 57339 large
Vespa S 125

*Angsuran mulai dari

 

Vespa juga bisa dibeli dengan cara kredit. Bahkan, kredit motor Vespa juga sudah menjadi pilihan utama para konsumen motor asal Italia ini. Ada 5 tipe motor matic Vespa yang sudah bisa kamu beli secara kredit di Moladin. Ada Vespa Sprint 150 New, Vespa LX 125, Vespa S 125, Vespa Primavera 150 New, dan Vespa GTS 150.

Tata cara dan persyaratan kedit motor vespa secara umum juga tak jauh berbeda dengan motor lainnya.

Hal yang pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih tipe yang ingin kamu beli. Jika kamu membeli di Moladin, maka kamu juga perlu memilih penjual yang paling dekat dengan domisili kamu. Saat ini kredit motor Vespa di Moladin hanya bisa dilakukan di Jabodetabek saja.

Baca juga  10 Daftar Oli Terbaik Harga Mulai Rp 45 Ribu

Setelah memilih motor dan warna yang diinginkan, kamu kemudian bisa menentukan DP dan angsuran yang paling pas dengan kemampuan kamu. Selanjutnya, kamu tinggal mengajukan kredit di website atau apps Moladin.

Tim telesales Moladin akan mempelajari pengajuan kredit dan menghubungi kamu untuk memastikan bahwa kamu memang mengajukan kredit motor Vespa. kamu kemudian akan diminta mempersiapkan empat dokumen: KTP, KK, slip gaji, dan bukti kepemilikan rumah. Tim survey kemudian akan dikirim untuk memberikan penilaian, jadwalnya sesuai dengan waktu yang kamu tentukan.

Setelah kamu dinyatakan lolos survey dan pengajuan kredit diterima, motor akan segera dikirim ke rumah kamu. Baru pada saat motor dikirim ini lah kamu perlu mempersiapkan uang muka. Jika sudah keluar, plat nomor kendaraan juga akan dikirimkan langsung ke alamat kamu.

Kebanyakan DP kredit motor Vespa dimulai dari tujuh jutaan. Skema kreditnya pun cukup variatif, dengan tenor yang bisa mencapai 35 bulan. Meskipun Vespa tergolong motor yang mahal di Indonesia, tetapi jasa kredit itu akan memudahkan bagi kamu yang ingin memiliki motor legendaris ini. Berikut adalah harga semua tipe motor Vespa di Moladin dan skema kreditnya.

Tipe Motor

Harga OTR (Jabodetabek)

DP Terendah

Tenor

Vespa Sprint 150 New

Rp 46.700.000

Rp 7.250.000

11/17/23/29/35 Bulan

Vespa S 125

Rp 34.900.000

Rp 7.000.000

11/17/23/29/35 Bulan

Vespa LX 125

Rp 35.800.000

Rp 7.200.000

11/17/23/29/35 Bulan

Vespa Primavera 150 New

Rp 44.000.000

Rp 6.750.000

11/17/23/29/35 Bulan

Vespa GTS150

Rp 59.500.000

Rp.9.000.000

11/17/23/29/35 Bulan

Baca juga  Cari Skutik Murah, Pilih Honda Beat atau TVS Dazz?

 

Sekamuinya kamu tidak tinggal di Jabodetabek, kamu bisa mengajukan kredit ke perusahaan leasing atau delaer resmi Vespa di kota kamu. Persyaratan yang harus dipenuhi kurang lebih masih sama. Proses kreditnya pun tak jauh berbeda.

Pihak leasing masih akan melakukan survey ke rumah kamu, memastikan semua data dan dokumen memang valid sebelum menyetujui pengajuan kredit. Bedanya adalah bahwa jika kamu mengajukan kredit motor Vespa secara offline, kamu harus mencari tahu dulu perbandingan harga dan skema kredit terbaiknya dari berbagai perusahaan leasing.

Tapi pada intinya, niat kamu untuk memiliki motor Vespa yang legendaris kini tak lagi terhalang holeh harga cash OTR yang mahal. Skema kredit memudahkan para pecinta Vespa untuk membeli motor terbaru yang kebanyakan sudah menggunakan transmisi matic itu.

 

Baca Juga : 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru