LED Head Lamp Motor Sport Rusak? Ganti Satu Paket

Moladin – Hampir semua sepeda motor keluaran terbaru, sudah dibekali lampu menggunakan LED. Selain membuat tampilan lebih futuristik, lampu LED punya banyak keunggulan. Appearance jelas jadi lebih bagus, cahaya lampu jelas lebih terang dan lebih irit serta lebih awet dibanding lampu konvensional.  

Kini di pasaran banyak ditawarkan beragam jenis dan tipe lampu LED motor yang mampu menawarkan pancaran cahaya lebih terang, sehingga bikers harus benar-benar cermat dalam memilih dan menggunakannya. Salah memilih malah bikin aki tekor. Parah kan

LED memiliki sinar monoton, berwarna putih, tidak dapat sempurna menembus kabut atau saat hujan lebat. Dan apabila mengalami kerusakan, LED mesti ganti Assy part alias komplet alias ganti semua.

 

Kini Hampir Semua Tipe Motor Pakai LED

Head Lamp MotorIlustrasi di Suzuki GSX R400 | Foto: Contributor Moladin

Beberapa motor yang sudah dibekali lampu jenis ini All New, Honda Supra GTR150, Honda PCX150, Vario Series eSP, All New Yamaha Soul GT125, Yamaha Aerox 155 VVA, Yamaha Xmax 250, Yamaha Nmax 155 VVA, Yamaha Tricity 155. Hanya saja tidak semua motor ini menggunakan LED pada head lampnya.

Pada beberapa motor naked Sport, menggunakan LED pada head lamp, seperti Honda CB150 Street fire,  All New Honda CBR150R,  All New Honda CBR250RR, Suzuki GSX-R150 maupun GSX-S150. 

Keren sih. Tapi ingat, siapkan kocek tebal kalau mau mengganti atau jika kualitasnya sudah dirasakan menurun. Memang secara usia, pemakaiannya bisa mencapai 15000 jam. Cocok digunakan untuk Daytime Running Light (DRL), stoplamps, dan indicator.  Lebih berkualitas lho Moladiners.

 

Yamaha MT 15

*Angsuran mulai dari

 

Untuk headlamp, membutuhkan proyektor khusus untuk mengoptimalkan pencahayaan agar titik penerangannya fokus ketika digunakan sebagai lampu utama. Maksudnya proyektor ini yang mampu memecah panas yang dihasilkan dari LED.   

Menurut Lily Hernawan, direktur CV Sampurna Part Niaga, distributor lampu merek Autovision, “LED merupakan lampu tanpa gas dan filament, saat ini telah mencapai 150 lumens/watt dan lampu model ini sangat sedikit menghasilkan panas searah gelombang cahaya, tetapi suhu panasnya timbul pada bagian belakang lampu. Makanya LED itu sangat riskan dengan panas karena akan menurunkan kualitasnya.”

Nah, apabila lampu jenis ini alami kerusakan, pecah atau korslet saat penggantian,  harus diganti satu paket (assy) yang harganya cukup mahal. Ingin tampil keren memang perlu modal besar ya.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *