Cara Pasang Lampu LED Motor, Bisa Lakukan di Rumah

Cara Pasang Lampu LED Motor – Lampu LED pada motor dapat menghasilkan penerangan maksimal tanpa memakan terlalu banyak energi dan menambah kesan mewah. Namun, teknologi ini tidak ada pada kendaraan roda dua keluaran terdahulu, sehingga masih menggunakan bohlam atau halogen.

Ada beberapa cara pasang lampu LED motor, tetapi Anda pun dapat melakukan hal tersebut tanpa membongkar bodi atau modifikasi. Jadi, untuk mendapatkan kelebihan  sistem penerangan canggih itu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Nah, berikut tips dan trik untuk Anda.

Cara Pasang Lampu LED Motor Tanpa Membongkar Bodi

Cara Pasang Lampu LED

Sistem kelistrikan pada motor dengan penerangan bohlam atau halogen adalah AC, sementara teknologi LED menggunakan DC. Melalui tips dan trik berikut, Anda tidak perlu mengubah arus listrik tersebut.

Pertama – tama, siapkan lampu LED yang bisa Anda temukan secara mudah di pasaran. Sebagai rekomendasi, belilah merek Osram dengan kisaran harga 60.000 sampai 75.000 ribu rupiah. Hal tersebut dikarenakan cocok dengan motor keluaran lama yang cenderung berarus AC.

Kedua, ketahuilah jenis – jenis soket yang cocok dengan kendaraan roda dua Anda. Misalkan, P19 atau M5 untuk bebek dan skutik. Sementara yang berkode HS1 dapat dipasangkan pada kuda besi bertipe sport. Anda dapat mengidentifikasi klasifikasi tersebut pada kemasan lampu LED dimana terdapat informasi yang Anda butuhkan.

Ketiga, perhatikan apakah lampu pada motor Anda terletak di bagian bawah atau atas. Kalau di bagian bawah, Anda dapat mengganti lampu LED secara langsung dengan memasukkan tangan melalui lubang untuk memutar soket, berkebalikan dengan lampu di bagian atas yang mengharuskan membongkar bodi. Hal tersebut dikarenakan menyatu dengan batok atau rangka.

Keempat, perhatikan posisi soket dengan benar agar sesuai dengan lubang yang ada di dalam motor. Masukkan ujung lampu LED dengan perlahan untuk  melakukannya, karena memiliki model yang berbeda dengan lampu halogen. Namun, keduanya memiliki persamaan dari bentuk soket tersebut.

Kelima, nyalakan lampu motor apakah sudah bisa atau belum. Kalau belum, cobalah mengatur posisi lampu LED lagi, karena mungkin saja belum pas. Bagi Anda yang mungkin kesulitan, Anda dapat meminta tolong teknisi di tempat Anda membeli komponen tersebut.

Memasang lampu LED tanpa membongkar bodi pada motor berarus AC memang mudah. Namun, agar keawetannya lebih lama, Anda harus mengubahnya ke DC yang dapat ditempuh melalui beberapa cara di bawah ini.

Memakai Konverter AC ke DC

Konverter AC DC

Cara kerja komponen ini adalah mengubah input AC ke DC. Untuk pemasangannya, Anda memerlukan sedikit modifikasi dengan memotong serta menyambungkan kabel. Dalam pemasangan tersebut, Anda harus cermat saat membedakan kabel output dan input agar tidak terbalik.

Konverter tersebut memiliki tiga kabel yaitun egatif atau ground, lampu dekat, dan lampu jauh. Masing  -masing kabel disambungkan ke lampu utama. Sementara itu, daya maksimal dari komponen tersebut adalah 30 watt.

Apabila lampu utama motor Anda memiliki dua reflektor, maka Anda pun memerlukan dua konverter yang dipasang. Di pasaran, harga komponen  ini memiliki harga yang bervariasi, mulai dari 35.000 sampai 60.000.

Baca Juga :

Mengubah Arus Lampu Utama dari AC ke DC

Mengubah AC ke DC

Cara pasang lampu LED motor berikut ini memang cukup ribet, karena Anda harus memiliki pengetahuan tentang perkabelan. Anda harus memotong jalur kabel pada lampu utama, lalu menghubungkan dengan kabel kontak yang tenaganya bersumber dari aki.

Saat memutuskan arus kabel pada lampu utama, lebih baik Anda melepaskannya dari soket. Anda dapat menemukan posisi soket dengan menelusuri jalur kabel sumber arus dari saklar lampu. Nah, pada setiap motor memiliki warna kabel yang berbeda – beda. Anda bisa mencarinya di internet untuk mendapatkan informasi ini.

Saat melakukan cara ini, Anda juga perlu mempertimbangkan performa aki agar tidak melebihi kapasitas kerjanya. Selain menyesuaikan dengan besaran watt pada lampu LED, berikanlah saklar dan hanya dinyalakan saat dibutuhkan saja. Untuk memudahkan Anda untuk mengetahui daya yang digunakan, Anda pun dapat memasang voltmeter.

Mengubah Kelistrikan Menjadi Full DC atau Fullwave

Yamaha Mio S Headlamp LED

Cara terakhir berikut merupakan yang paling rumit dan harus memerlukan keahlian mekanik. Tidak bisa dipungkiri bahwa cara ini paling aman dan benar. Setiap motor memiliki prosedur tersendiri, tetapi pada dasarnya adalah mengubah pengisian spul dari lampu utama ke aki.

Setelah spul diubah, langkah selanjutnya adalah penggantian pada bagian kiprok, karena versi standar belumlah mencukupi dari segi kapasitas kerja. Kiprok yang sering digunakan untuk modifikasi ini adalah milik Honda Tiger.

Itulah beberapa cara pasang lampu LED motor yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Apabila dalam keadaan darurat atau harus segera digunakan untuk perjalanan, cara pertama dapat Anda lakukan. Sementara untuk jangka panjang, lebih baik Anda memilih cara lain. Bagi Anda yang hendak membeli lampu LED atau komponen lain, kunjungi saja situs Moladin pada menu Part & ACC.

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *