7 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Motor Dengan Mudah dan Praktis

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot – Masalah timbulnya karat menjadi problem yang sering dihadapi oleh para pemilik motor. Keberadaannya tidak hanya membuat tampilan motor menjadi jelek, tetapi juga berpengaruh pada performanya. Salah satu komponen yang kerap mengalami korosi adalah pada bagian knalpot. Bahkan, potensi munculnya karat pada knalpot motor bisa menjadi lebih tinggi kalau moladiners tidak melakukan perawatan dengan baik.

Karat pada knalpot motor dapat terjadi karena komponen ini kerap mengalami perubahan suhu secara cepat. Apalagi, ketika kamu sering berkendara di musim hujan. Bagian knalpot yang paling rentan mengalami korosi adalah bagian leher knalpot. Untuk mencegah terjadinya korosi, moladiners sebenarnya dapat melakukan perawatan dengan mudah, yakni mencuci motor secara rutin, terutama ketika digunakan saat hujan.

Namun, bagaimana dengan knalpot yang sudah berkarat? Apakah ada cara menghilangkan karat pada knalpot motor yang efektif dan praktis? Kalau moladiners menemukan adanya bagian knalpot yang berkarat, ada 7 metode pembersihan yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Oli bekas

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Menggunakan Oli

Cara menghilangkan karat pada knalpot motor yang pertama adalah dengan memanfaatkan oli bekas. Jadi, kalau kamu punya oli bekas di rumah, jangan terburu-buru membuangnya. Stok oli bekas tersebut bisa dipakai untuk merontokkan korosi yang biasanya menempel tebal di bagian leher knalpot. Menariknya lagi, proses pembersihannya dapat dilakukan tanpa melepas knalpot.

Untuk membersihkan knalpot dari karat, kamu dapat terlebih dahulu menyalakan motor sampai mesin panas. Setelah itu, moladiners dapat mengoleskan oli bekas ke area berkarat yang ada di knalpot. Oli memiliki sifat yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Oleh karena itu, knalpot panas yang sudah diolesi oli bekas, akan membuat karat meleleh.

2. Krim pembersih karat

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Krim Pembersih Karat

Solusi berikutnya yang dapat moladiners coba untuk melenyapkan tumpukan karat pada knalpot motor adalah memakai krim pembersih karat. Krim seperti ini punya kemampuan yang efektif menghilangkan karat. Harga krim pembersih karat pada knalpot seperti ini juga cukup murah, berkisar di angka Rp10 ribuan untuk ukuran kecil.

Cara pemakaian krim pembersih karat dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melepas knalpot. Selanjutnya, bersihkan karat menggunakan ampelas sampai bersih. Selanjutnya, bersihkan dengan air lalu keringkan. Ketika knalpot sudah kering, maka tahap berikutnya adalah dengan mengoleskan krim penghilang karat pada area yang dibersihkan. Selanjutnya, kamu tinggal menyiram dengan bensin dan memasangnya kembali

3. Oli gemuk

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Suzuki Genuine Oil

Oli gemuk atau yang biasa disebut dengan istilah stempet juga memiliki fungsi ampuh untuk menghilangkan karat pada knalpot. Bahan ini umumnya digunakan untuk melumasi bagian-bagian tertentu pada motor dengan tujuan untuk mencegah terjadinya korosi. Dengan cara yang tepat, oli gemuk ternyata juga bisa dipakai untuk melenyapkan kerak membandel di knalpot.

Cara penggunaan oli gemuk untuk melenyapkan karat pada knalpot juga sangat mudah. Seperti halnya ketika mencoba upaya penghilangan karat dengan oli bekas, kamu juga terlebih dahulu harus memanaskan mesin. Setelah itu, knalpot yang sudah dalam kondisi panas, bisa diolesi dengan oli gemuk, terutama pada area-area berkarat. Oli gemuk yang panas selanjutnya akan melelehkan tumpukan karat membandel pada knalpot.

4. Pasta gigi

Pasta Gigi

 

Knalpot yang disertai dengan lapisan stainless steel juga memiliki potensi mengalami korosi. Permasalahan korosi pada knalpot stainless steel dapat moladiners selesaikan cukup menggunakan pasta gigi. Pilihan pasta gigi yang bisa dipakai bebas, dapat berasal dari berbagai merek. Hanya saja, sekali lagi kalau pasta gigi hanya mampu menghilangkan karat untuk knalpot yang berlapis stainless steel.

Cara pemakaian pasta gigi sebagai upaya pembersihan karat juga mudah. Moladiners cukup mengoleskannya pada beberapa area yang memiliki tumpukan karat. Selain bisa digunakan untuk menghilangkan karat, pasta gigi juga mempunyai kemampuan yang efektif untuk membersihkan rantai motor, lho!

Baca Juga : 

 

5. Pertamax Plus

Pertamax plus

Moladiners dapat pula menggunakan bahan bakar jenis Pertamax Plus sebagai upaya menghilangkan karat membandel. Hanya saja, kamu perlu mencampur Pertamax Plus dengan bahan lain, yakni minyak tanah.

Untuk penggunaan campuran Pertamax Plus dan minyak tanah dalam membersihkan karat juga cukup mudah. Moladiners tinggal mengoleskan campuran tersebut ke bagian berkarat. Selanjutnya, diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan sikat.

6. Cairan pembersih keramik

Cairan Pembersih Lantai

Tips selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cairan pembersih keramik. Caranya dapat dilakukan dengan mengoleskan cairan pembersih pada area berkarat di knalpot. Langkah selanjutnya, kamu tinggal membersihkannya dengan lap pembersih. Hanya saja, pastikan bahwa tidak ada cairan yang masuk ke blok mesin, karena bisa menimbulkan kerusakan fatal.

7. Soda kue

Baking Soda

Metode pembersihan berikutnya adalah dengan menggunakan soda kue. Kamu bisa mencampur soda kue dengan perasan air jeruk sebagai cara menghilangkan karat pada knalpot. Selanjutnya, oleskan campuran soda kue dan air jeruk itu pada bagian yang berkarat dan diamkan beberapa menit. Setelah karat memudar, kamu dapat membersihkannya dengan kain pembersih.

Itulah 7 tips yang bisa moladiners terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *