by

7 Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot, Mudah dan Praktis!

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot – Para pemilik sepeda motor kerap mengalami masalah timbulnya karat. Hal ini bisa terjadi, karena beberapa faktor, lho!

Tentunya keberadaan karat akan membuat ampilan motor menjadi tak sedap dipandang. Di sisi lain, karat yang timbul dapat mempengaruhi performa.

Bicara komponen yang paling sering mengalami karat atau korosi, berada di bagian knalpot. Bahkan, potensi munculnya karat pada knalpot motor dapat menjadi lebih tinggi. Jika kamu tidak melakukan perawatan dengan baik.

Karat pada knalpot motor bisa terjadi karena komponen ini kerap mengalami perubahan suhu secara cepat. Apalagi, ketika kamu sering berkendara di musim hujan.

Salah satu bagian yang sangat rentan mengalami korosi adalah bagian leher knalpot. Untuk mencegah korosi, kamu sebenarnya dapat melakukan perawatan dengan mudah.

Lalu seperti apa sebenarnya untuk mencegah karat terjadi pada knalpot? Berikut ini Moladin akan memberikan sedikit tips mengenai cara membersihkan knalpot motor dengan tepat.

Supaya karat atau korosi tidak terjadi, karena terkena hujan secara terus menerus. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Cara Membersihkan Knalpot Motor

Cara membersihkan knalpot motor
Dengan rajin membersihkan knalpot, bisa menjauhkan dari karat

Sebelum korosi atau karat menghinggapi motor kamu. Sebaiknya melakukan pencegahan tentunya akan lebih baik. Ada beberapa cara membersihkan knalpot motor, agar dapat terhindar dari karat.

Langkah termudah dari mencegah motor dari serangan karat adalah dengan rajin mencuci sepeda motor. Terutama jika motor kamu habis terkena hujan.

Pasalnya zat asam yang terkandung di air hujan berpotensi menempel di sepeda motor. Dampak air hujan tersebut dapat menyebabkan korosi, jika menempel di motor kita.

Bagian motor yang sering kena karat biasanya di bagian rantai, pelek, baut-baut, knalpot, standar, piston rem. Sebagai upaya mudah untuk mencegah karat bisa dengan rajin mencuci, atau bisa juga menyemprotkan cairan penetran.

Bagi kamu yang menggunakan motor bebek, setelah melakukan pencucian pasca terkena hujan, sebaiknya juga langsung membersihkan kotoran yang melekat dan juga semprotkan pelumas rantai. Karena karat pada rem biasanya terjadi di kanvas rem dan juga piston cakram rem.

Cara untuk menghindari karat pada sektor ini yakni dengan menginjak rem  secara berulang kali. Agar kanvas menjadi kering.

Sementara kendala karat yang paling sering terjadi, biasanya menimpa leher knalpot. Hal ini disebabkan air hujan yang langsung kering jika terkena knalpot yang panas.

Baca juga  Perawatan V-Belt Motor Matik, Bagaimana Caranya?

Bekas air hujan ini dapat menyebabkan karat, yang jika dibiarkan dapat  membuat knalpot keropos. Pencegahan cepat yang bisa dilakukan dengan cara mengoleskan pelumas di bagian leher knalpot, setelah memanaskan mesin motor.

Selain itu, tuangkan sedikit oli, sekitar 1-2 sendok makan, ke dalam knalpot saat memanaskan motor. Apabila korosi belum terlalu menyebar di knalpot, kamu masih bisa menghilangkannya menggunakan sabun yang dicampur minyak tanah dan dioleskan pada bagian yang berkarat.

Simpel bukan agar motor terhindar dari karat. Jika karat sudah terlanjut menyelimuti knalpot motormu. Ada sejumlah metode pembersihan yang bisa kamu lakukan. Berikut ini cara menghilangkan karat pada knalpot:

1. Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Bisa Menggunakan Oli Bekas

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Menggunakan Oli
Cara menghilangkan karat pada knalpot bisa menggunakan oli

Cara menghilangkan karat pada knalpot motor yang pertama adalah dengan memanfaatkan oli bekas. Jadi, kalau kamu punya oli bekas di rumah, jangan terburu-buru membuangnya.

Stok oli bekas tersebut bisa dipakai untuk merontokkan korosi yang biasanya menempel tebal di bagian leher knalpot. Menariknya lagi, cara membersihkan knalpot karatan, bisa dilakukan tanpa melepas knalpot.

Untuk membersihkan knalpot dari karat, kamu dapat terlebih dahulu menyalakan motor sampai mesin panas. Setelah itu, kamu dapat mengoleskan oli bekas ke area berkarat yang ada di knalpot.

Sekadar informasi, oli memiliki sifat yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Oleh karena itu, knalpot panas yang sudah diolesi oli bekas akan membuat karat meleleh.

Penggunaan oli bekas dikenal ampuh sebagai pembersih karat knalpot, Sob!

2. Pakai Krim Pembersih Karat

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Krim Pembersih Karat
Krim pembersih, bisa jadi cara menghilangkan karat pada knalpot dengan mudah

Selanjutnya, cara menghilangkan karat pada knalpot motor. Kamu bisa menggunakan krim pembersih karat untuk melenyapkan tumpukan karat yang menempel di knalpot.

Krim seperti ini punya kemampuan yang efektif sebagai penghilang karat knalpot. Harga krim pembersih karat pada knalpot seperti ini juga cukup murah, sekitar Rp 10 ribuan untuk ukuran kecil.

Penggunaan krim pembersih karat ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melepas knalpot. Setelah itu, bersihkan karat menggunakan ampelas sampai bersih.

Jika sudah selesai, kamu bisa bersihkan dengan air lalu keringkan. Ketika knalpot sudah kering, maka tahap berikutnya adalah dengan mengoleskan krim penghilang karat pada area yang dibersihkan.

Baca juga  Ini Cara Mutasi Motor yang Perlu Kamu Tahu

Lalu kamu tinggal menyiram dengan bensin dan memasang knalpot kembali. Cara ini banyak dipercaya masyarakat sebagai penghilang karat knalpot.

3. Oli Gemuk Dipercaya Bisa Hilangkan Karat Knalpot

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Suzuki Genuine Oil
Oli gemuk jadi langkah tepat menghilangkan karat pada knalpot

Stempet atau biasa dikenal sebagai oli gemuk juga memiliki fungsi ampuh sebagai pembersih karat knalpot.

Bahan ini umumnya digunakan untuk melumasi bagian-bagian tertentu pada motor. Dengan tujuan untuk mencegah terjadinya korosi. Ternyata oli gemuk juga menjadi langkah ampuh dan cara menghilangkan karat pada knalpot yang cukup jitu, lho.

Penggunaan oli gemuk bisa dipakai untuk melenyapkan kerak membandel di knalpot. Penggunaan oli gemuk untuk melenyapkan karat pada knalpot ini cukup mudah.

Sedikit menyerupai langkah menghilangkan karat dengan oli bekas, kamu juga terlebih dahulu harus memanaskan mesin. Setelah itu, knalpot yang sudah dalam kondisi panas, bisa diolesi dengan oli gemuk, terutama pada area-area berkarat.

Kinerja oli gemuk yang panas tersebut selanjutnya akan melelehkan tumpukan karat membandel dengan knalpot. Gimana tertarik untuk menggunakan oli gemuk sebagai penghilang karat knalpot?

4. Pasta Gigi Dianggap Ampuh Sebagai Pembersih Karat Knalpot

Pasta Gigi jadi cara menghilangkan karat pada knalpot yang cukup ampuh
Pasta Gigi jadi cara menghilangkan karat pada knalpot yang cukup ampuh

Mungkin kamu tak pernah menyangka, bahwa cara menghilangkan karat dengan pasta gigi cukup jitu, Bro! Terlebih untuk knalpot yang disertai dengan lapisan stainless steel yang kerap memiliki potensi mengalami korosi.

Permasalahan korosi pada knalpot stainless steel dapat ditangani cukup menggunakan pasta gigi. Pilihan pasta gigi yang bisa dipakai bebas, dapat berasal dari berbagai merek. Hanya saja, sekali lagi kalau pasta gigi, hanya mampu menghilangkan karat untuk knalpot yang berlapis stainless steel.

Cara menghilangkan karat pada knalpot menggunakan pasta gigi ini. Kamu cukup mengoleskannya pada beberapa area yang memiliki tumpukan karat.

Tak hanya bisa digunakan untuk menghilangkan karat, pasta gigi juga mempunyai kemampuan yang efektif untuk membersihkan rantai motor.

Baca Juga : 

5. Pertamax Turbo, Bisa Rontokkan Karat di Knalpot

Pertamax Turbo untuk Hilangkan Karat Knalpot
Pertamax Turbo untuk Hilangkan Karat Knalpot

Berlanjut membahas cara menghilangkan karat pada knalpot, kamu bisa menggunakan bahan bakar jenis Pertamax Turbo. Hanya saja, kamu perlu mencampur Pertamax Turbo dengan bahan lain, yakni minyak tanah.

Baca juga  Manfaat dan Dampak Buruk Cairan Ban Tubeless

Dalam penggunaan campuran Pertamax Turbo dan minyak tanah ini, bisa jadi cara membersihkan knalpot karatan yang tepat. Karena proses pengerjaannya pun mudah, kamu cukup mengoleskan campuran tersebut ke bagian yang berkarat.

Jika sudah dioleskan secara merata, kamu bisa diamkan beberapa menit. Lalu setelah itu kamu bisa  bersihkan dengan sikat.

6. Cairan pembersih keramik

Cairan Pembersih Lantai, Bisa jadi cara menghilangkan karat pada knalpot
Cairan pembersih lantai, bisa jadi cara menghilangkan karat pada knalpot.

Tips mengenai cara menghilangkan karat pada knalpot selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan cairan pembersih keramik. Langkah ini dikenal ampuh sebagai pembersih karat knalpot.

Proses pengerjaan dengan cairan pembersih keramik ini, dengan cara mengoleskan cairan pembersih di area berkarat di knalpot. Selanjutnya, kamu tinggal membersihkannya dengan lap pembersih.

Hanya saja, pastikan bahwa tidak ada cairan yang masuk ke blok mesin, karena bisa menimbulkan kerusakan fatal.

7. Soda Kue

Baking Soda

Metode pembersihan berikutnya terkait cara menghilangkan karat pada knalpot, adalah dengan menggunakan soda kue. Kamu bisa mencampur soda kue dengan perasan air jeruk sebagai cara menghilangkan karat pada knalpot.

Berlanjut membahas pengerjaannya, kamu bisa oleskan campuran soda kue dan air jeruk itu pada bagian yang berkarat dan diamkan beberapa menit. Setelah karat memudar, kamu dapat membersihkan dengan kain pembersih.

Itulah 7 tips yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu yang ingin menghilangkan karat di knalpot sepeda motor kesayanganmu.

Kadang ketika karat knalpot berusaha dihilangkan, menyebabkan bocor halus. Hal tersebut wajar terjadi. Kalau motor kamu mengalami kejadian serupa, maka yang perlu dilakukan adalah tambal knalpot tersebut. Cara menambal knalpot pun tidak sulit, bisa lakukan sendiri di rumah dengan peralatan yang sederhana.

Jika knalpot bocor di banyak tempat dan tidak bisa ditambal lagi. Kamu wajib ganti knalpot lama dengan yang baru. Untuk informasi tentang dunia otomotif lebih lengkap, pantau terus Moladin.

Baca Juga :

Terbaru