oleh

5 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor, Tidak Sulit!

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor – Wajar jika kamu hampir tidak akan menjumpai masalah apa pun pada motor yang tergolong baru saja dibeli. Namun, setelah digunakan selama beberapa waktu, kualitas motor biasanya akan menurun. Sejumlah masalah terjadi pada motor, mulai dari perubahan pada performa mesin hingga perubahan pada bodi motor. Salah satu yang rentan terjadi adalah berkaratnya besi motor, terutama knalpot.

Adanya karat pada bodi kendaraan tentu sangat mengganggu penampilan. Motor terlihat seperti kurang kinclong dan tidak terawat. Selain itu, karat juga lama-kelamaan dapat merusak besi motor. Karena itu, sangat penting untuk mencari cara supaya karat pada motor dapat diatasi, bahkan dicegah. Pasalnya, karat ini tidak mempan jika hanya dibersihkan dengan air.

Nah, apa tindakan yang kira-kira bisa kamu lakukan untuk itu? Semoga ulasan tentang 5 cara menghilangkan karat pada besi motor berikut dapat membantu kamu tanpa harus ke bengkel.

1. Menghilangkan karat pada motor dengan oli bekas

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor Bersihkan dengan oli

Jika oli motor baru diganti, yang lama jangan langsung dibuang. Oli bekas ternyata masih berguna, lo! Kamu dapat memakainya untuk menghilangkan karat yang terdapat pada besi motor. Caranya adalah dengan mengoleskan oli tersebut secara merata pada besi motor yang memiliki karat. Biasanya, masalah ini terjadi pada bagian knalpot, seperti pipa dan leher knalpot.

Baca juga  Segini Biaya Bikin dan Perpanjang SIM 2020, Hindari Calo!

Setelah knalpot diolesi oli, sebaiknya nyalakan mesin motor dan biarkan panas selama beberapa menit. Karena suhu yang panas, oli akan langsung bereaksi dan melunturkan karat pada knalpot.

Ternyata, bukan hanya bagian luar knalpot saja yang bisa dibersihkan dengan oli bekas. Kamu juga dapat memasukkan oli bekas secukupnya ke dalam lubang knalpot. Tidak perlu khawatir jika asap akan keluar dari lubang knalpot karena suhu panas.

2. Menghilangkan karat pada motor dengan stempet

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor Suzuki Genuine Oil

Salah satu dari 5 cara menghilangkan karat pada besi motor lainnya adalah dengan menggunakan stempet atau gemuk. Stempet adalah cairan yang sangat kental seperti gel dan bersifat licin. Bagi yang senang mengutak-atik kendaraan, stempet tidak asing lagi karena sering digunakan untuk melumasi suku cadang motor.

Stempet yang juga bersifat lengket membuatnya lebih lama menempel pada bagian yang dilumasi dibandingkan oli. Biasanya, stempet digunakan untuk mencegah karat pada bagian rangka motor yang tidak sempat dicat ulang. Stempet bisa juga diaplikasikan pada rangka motor yang catnya sudah rusak karena gesekan dengan bodi atau jok.

Namun, perlu diketahui bahwa stempet sangat mudah menangkap kotoran karena sifatnya yang lengket. Jadi, kamu sebaiknya tidak menggunakan stempet pada rantai motor karena dapat memperpendek usia rantai.

Baca juga  10 Aplikasi Pinjaman Dana Tunai Online, Terdaftar di OJK

3. Menghilangkan karat pada motor dengan Pertamax Plus

Menggunakan pertamax plus

Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan Pertamax Plus untuk membersihkan karat pada besi motor. Caranya, campurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan skala 1:2. Setelah itu, oleskan campuran ini pada bagian motor yang memiliki karat dan gosok dengan menggunakan sikat gigi. Karat pun dijamin akan langsung bersih.

Baca Juga :

 

4. Menghilangkan karat pada motor dengan pembersih keramik

Pembersih keramik

Ingin opsi lainnya? Kamu dapat menggunakan pembersih keramik merek apa pun untuk menghilangkan karat pada motor. Caranya adalah dengan mengoleskan pembersih keramik tersebut pada bagian motor yang sudah berkarat terutama knalpot. Lalu, diamkan sejenak. Setelah itu, gunakan sikat gigi untuk menggosok bagian yang berkarat hingga hilang.

Akan tetapi, kamu perlu tahu kalau pembersih keramik juga dapat berakibat buruk terhadap blok mesin motor. Karena itu, sebaiknya hindari menggunakan cairan ini pada bagian tersebut.

5. Menghilangkan karat pada motor dengan pasta gigi

Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi, tetapi juga knalpot motor yang dilapisi krom. Pasta gigi disebut dapat membersihkan karat yang menempel pada bagian motor. Caranya sangat gampang yaitu dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian yang ingin dibersihkan. Tunggu selama beberapa saat lalu gosok dengan kain lap. Lakukan cara ini beberapa kali hingga hasilnya terlihat.

Baca juga  Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula, Dijamin Bisa!

Bersihkan dengan Hati-hati!

Ternyata, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan bagian motor dari karat. Namun, jangan lupa untuk tetap berhati-hati menggunakan material apa pun karena ada risiko yang membuat motor justru menjadi semakin rusak. Cara menggosok karat pun harus dengan ringan dan halus supaya tidak menggerus permukaan motor dan menjadikannya kurang enak dipandang.

Apabila kamu telah menyelesaikan proses menghilangkan karat pada besi motor dengan bahan-bahan ini, sebaiknya bersihkan kembali motor dengan air. Hal ini dilakukan guna menghindari risiko kontaminasi material yang mungkin dapat merusak komponen motor secara permanen.

Nah, inilah 5 cara menghilangkan karat pada besi motor yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Sangat mudah, bukan? Bahan-bahan yang digunakan pun gampang ditemukan di sekitar kita. Semoga bermanfaat!

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan Harga Terbaik kamu bisa membeli Motor dengan Merk Terlengkap di Moladin!

Baca Juga :

Terbaru