by

Tips Berkendara Aman di Musim Hujan, Bikers Harus Tetap Waspada

-Tips & Trik-106 views

Tips Berkendara Aman di Musim Hujan – Ngerasa nggak sih, kalau akhir-akhir ini kondisi cuaca kurang mendukung. Sebentar hujan, sebentar panas. Ditambah lagi jalanan becek sehabis ujan malah bikin motor gampang banget kotor. Alhasil, mau gak mau si kuda besi harus mendapat treatment ekstra. Hadeeehh.

Yamaha Fino 125 Grande 2067 72610 large
Yamaha Fino 125 Grande

*DP mulai dari

Tapi emang bener ya, melibas jalanan becek itu lebih cepet bikin motor jadi kotor daripada dipake ujan-ujanan. Kondisi jalan yang becek dan bercampur tanah setelah hujan macam ini bisa bikin celaka kalo nggak hati-hati. Pasalnya, jalanan bakal lebih licin akibat tanah atau lumpur yang mengendap. Nah, maka dari berikut adalah tips berkendara aman di musim hujan, terutama saat  melewati jalanan becek dan berlumpur. Cekidoot!

Minimalisir Penggunaan Rem Depan Saat Berhadapan dengan Jalan Berlumpur

Motor Terpeleset Di Jalanan Becek

Yups, kurangi penggunaan rem depan adalah tips yang pertama di saat kalian melewati kondisi jalan seperti ini. Kalaupun pake rem depan perlahan-lahan, kalian harus super waspada kalo motor kalian gak mau kepleset. Penggunaan Engine Brake lebih efektif di saat seperti ini, atau kalian bisa gunakan rem belakang. Meskipun hal ini bisa mengakibatkan ban menjadi selip, setidaknya kalian masih bisa mengontrol laju si kuda besi. Motor yang dilengkapi dengan sistem ABS memiliki keunggulan akan lebih aman saat menghadapi situasi seperti ini.

Baca juga  Honda X-ADV 150 Rilis di GIIAS, Nih Penampakannya!

Kontrol Kecepatan

yamaha lexi 125

Tips yang kedua, ketika kalian bertemu jalanan becek, hendaknya memutar gas secara perlahan. Kalo kalian kebawa nafsu geber gas tiba-tiba, bukan hal yang mustahil ban belakang motor kalian bakalan selip. Dengan kalian mengontrol kecepatan motor saat melewati jalanan kayak gini, setidaknya refleks kalian bisa mengantisipasi kemungkinan motor akan terjatuh.

Baca juga:

Jangan Panik

jaket motor harian

Tips berkendara aman di musim hujan yang terakhir dari Jinny, jangan panik kalo motor mengalami selip. Tetap tenang dan berusaha mengurangi kecepatan sebisa mungkin sampai motor kalian stabil. Apabila motor dirasa sudah nggak bisa dikontrol dan akan jatoh, lepas tangan dari stang dan bersiap melompat ke sebelah kiri atau ke jalur yang aman. Meskipun badan baret-baret, setidaknya cara ini lebih aman dan menghindari kemungkinan jatuh terseret motor.

Hmmmm… jalanan becek dan berlumpur sehabis hujan memang menyeramkan untuk pengendara motor. Tapi bagaimanapun kondisi jalanan, seharusnya kita berkendara secara wajar dan disarankan tidak ugal-ugalan. Di samping itu, meningkatkan kewaspadaan di jalan juga sama-sama penting. Dan yang paling penting, selalu gunakan helm maupun safety gear tambahan saat berkendara. Hal yang paling penting lainnya, patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas di jalan ya kawan.

Mau Beli Motor Aerox dengan DP Cuma 900 Ribu? Cek langsung di sini yuk!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru