by

Mazda2 Generasi Terbaru, Pakai Basis Toyota Yaris?

Sosok mobil yang diduga sebagai Mazda2 generasi terbaru mulai muncul dalam sebuah uji jalan di Eropa. Hatchback tersebut tampil beda, lantaran punya desain baru.

Walau demikian yang unik, desainnya justru sangat mirip dengan Toyota Yaris di Benua Biru. Dari bocoran gambar ini dapat diketahui bahwa Mazda2 generasi terbaru bakal pakai basis dari Toyota Yaris.

Perlu kamu ketahui, Yaris Eropa beda dengan yang dijual di Indonesia. Salah satu perbedaannya ada di penggunaan rangka Toyota New Global Architecture (TNGA). Kemudian performa mesinnya sudah tersedia opsi teknologi hybrid.

Mesin bensin yang digunakan berkubikasi 1.490 cc berkonfigurasi tiga silinder dikawinkan dengan motor elektrik. Kemudian transmisinya pakai e-CVT automatic.

Ada pula opsi mesin 1.500 cc bensin dengan kombinasi transmisi 6-percepatan manual atau CVT. Tidak ketinggalan untuk segmen entry level, tersedia mesin 1.000 cc tiga silinder.

Hanya saja, kemungkinan besar versi hybrid yang bakal digunakan sebagai basis dari Mazda2.

Fitur Kesematan Mumpuni di Mazda2 Baru

bocoran mazda2 generasi terbaru 002
Mesin hybrid milik Toyota Yaris kemungkinan bakal jadi jantung dari Mazda2 terbaru

Di samping punya pilihan mesin hybrid, kemungkinan Mazda2 generasi terbaru juga bakal mendapat teknologi keselamatan yang istimewa. Seperti di Yaris Eropa, maka Toyota Safety Sense akan turun ke hatchback Mazda.

Baca juga  Harga Mazda CX-3 1.5 Lebih Murah Rp 100 Jutaan

Ambil contoh pre-collision system, intelligent adaptive cruise control, road sign assist, lane departure alert, dan automatic high-beam. Semua fitur itu membantu pengendara secara aktif dengan cara memberi peringatan, mengoreksi setir, hingga menekan rem otomatis bila ada potensi kecelakaan.

Sebenarnya kehadiran fitur-fitur canggih itu bukan hal baru di Mazda2. Di generasi lama, Mazda selalu memberi teknologi keselamatan terbaik untuk mobil-mobil produksinya. Walau memang tidak secanggih yang ada di Toyota Yaris model Eropa.

Menarik bukan kemungkinan spesifikasi Mazda2 generasi terbaru? Hanya saja yang sangat disayangkan adalah tampilan benar-benar tidak beda dari Toyota Yaris Eropa. Jadi cuma ganti emblem. Kalau begitu, kenapa tidak beli Toyota Yaris Eropa saja sekalian?

Buat kamu yang masih ingin melihat Mazda2 dalam versi Mazda yang sebenarnya, masih ada harapan. Pasalnya kemungkinan model serupa Yaris ini hanya akan diapsarkan di Eropa. Sementara pasar Jepang, kemungkinan memiliki tampilan berbeda.

Rumor berkembang di berbagai media asal Negeri Sakura soal tampilan Mazda2 generasi terbaru untuk pasar Jepang. Hanya saja sejauh ini belum ada informasi jelas.

Baca juga  Mazda CX-3 1.5 Meluncur Minggu Depan, Harga Lebih Murah!

Satu yang pasti, Mazda akan bertransformasi menjadi pabrikan yang ramah lingkungan. Alhasil bakal lebih banyak produk mobil listrik dan mobil hybrid yang diproduksi. Target mereka pada 2030 semua mobil mazda bakal terinduksi dengan teknologi elektrifikasi. Menarik!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru