by

Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Bakal Dijual, Kenali Sosoknya

Mitsubishi Eclipse Cross PHEV dipastikan bakal masuk jalur produksi dalam waktu dekat. Hal ini dipertegas dengan munculnya tampilan perdana dari Mitsubishi Eclipse Cross terbaru yang dirilis oleh Mitsubishi Motor Corporation (MMC) pada 17 September 2020 lalu.

Secara desain, Mitsubishi Eclipse Cross generasi teranyar mendapatkan serangkaian ubahan baru, khususnya jantung mekanis yang ditawarkan. Produk ini akan memperluas portofolio Mitsubishi sebagai pemimpin industri drivetrain plug-in hybrid (PHEV).

Mitsubishi Eclipse Cross PHEV dijadwalkan bakan diluncurkan pada tahun fiskal 2020 yang berakhir pada Maret 2021 mendatang. Tentunya bukan tidak mungkin bagi mobil ini untuk turut dipasarkan di Tanah Air.

Sedikit mengulas ke belakang, Mitsubishi Eclipse Cross pertama kali mendebut secara global di tahun 2017. Produk ini dirancang untuk mengisi segmen crossover yang memadukan desain a la coupe dengan kemampuan SUV.

Dalam keterangan resmi MMC seperti yang diterima Moladin. Mitsubishi Eclipse Cross PHEV mendapatkan penyegaran secara signifikan pada desain depan dan belakang.

Terlihat tampilannya jadi terkesan lebih mewah dan juga sportif. Desainnya dibangun dari Mitsubishi e-Evolution Concept.

“Desain baru ini mendapat inspirasi dari Mitsubishi e-Evolution Concept yang menekankan kekuatan dan dinamika dari warisan SUV Mitsubishi Motors, sekaligus menambah keindahan dan keanggunan a la coupe SUV,” ujar Seiji Watanabe, Division General Manager of Design, MMC.

Menurut Watanabe, Mitsubishi Eclipse Cross PHEV merupakan langkah pertama menuju generasi berikutnya dari desain Mitsubishi dan banyak hal lain yang akan datang.

Nah, yang cukup menarik tentunya dari sektor jantung mekanis yang disematkan pada model terbaru tersebut. Di mana MMC berencana untuk memperluas jajaran PHEV dengan New Eclipse Cross ke sejumlah negara.

Kehadiran Mitsubishi Eclipse Cross PHEV diharapkan mampu meneruskan kiprah sukses yang diraih oleh Outlander PHEV yang menjadi model dengan penjualan terbaik dengan total penjualan lebih dari 260.000 unit.

Baca juga  Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport 'Berwajah' Alphard, Tampil Beda

New Eclipe Cross merupakan kendaraan bertenaga PHEV kedua yang dilansir oleh pabrikan berlogo tiga berlian tersebut. Bila benar masuk ke Indonesia, tentunya bakal membuat segmen SUV bakal semakin menarik.

Mengingat beragam produk baru bertenaga listrik maupun hybrid mulai menjajal panasnya pasar otomotif Tanah Air. Lalu apa perbedaan antara Mitsubishi Eclipse Cross PHEV dengan model yang beredar saat ini di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini:

Sebelum Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Rilis, Kenali Dulu Model Lawasnya

Mitsubishi Eclipse Cross PHEV
Generasi terbaru, Mitsubishi Eclipse Cross usung mesin PHEV

MMC sudah memastikan bakal merilis Mitsubishi Eclipse Cross PHEV dalam waktu dekat. Pun begitu, Mitsubishi Eclipse Cross yang saat ini masih dijajakan secara global termasuk Indonesia. Sejatinya masih punya tampilan yang menarik, teknologi canggih, dan modern.

Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross
Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross yang saat ini masih dipasarkan

Bicara mengenai tampilan, Mitsubishi Eclipse Cross mengusung konsep desain Dynamic Shield khas Mitsubishi.  Hal ini mempengaruhi tampilannya yang terlihat gagah dengan gril berpalang ganda yang tebal. Sedikit berbeda dengan Mitsubishi Eclipse Cross PHEV yang jadi generasi teranyarnya.

Bagian depan dilengkapi Projector LED Headlamp. Sementara di belakang tampilan Eclipse Cross semakin menarik dengan Shark Fin Antenna dan desain Tailgate Window yang hadir dengan gaya coupe yang menjadikan kaca belakang seperti terbagi dua dirancang khusus tanpa mengurangi visibilitas pengendara.

Dalam menunjang tampilan semakin terkesan mewah, mobil ini turut dihiasi dengan siluet kromium yang mengalir melewati lampu utama dan foglamp. Bila diteliti secara seksama, posisi lampu terlihat mirip dengan Mitsubishi Xpander. Namun terlihat ada perbedaan dari sisi komposisi saja.

Untuk pasar Indonesia, kehadiran Mitsubishi Eclipse Cross tentunya melengkapi line-up produk Mitsubishi Indonesia. Mobil ini diposisikan berada diatas Outlander Sport, namun dibawah Pajero Sport.

Baca juga  Komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, Pilih Mana?

Secara dimensi, Eclipse Cross punya panjang 4.405, lebar 1.805, dan tinggi 1.674 mm. Serta didukung jarak sumbu roda sebesar 2.670 mm. Ukurannya terbilang cukup compact untuk mengisi segmen crossover.

Untuk menunjang kenyamanan dalam melibas segala medan jalan. Eclipse Cross didukung dengan ground clearance sebesar 183 mm. Sudah cukup mumpuni menghadapi medan jalan di Tanah Air.

Interior yang Nyaman

Interior Mitsubishi Eclipse Cross
Interior Mitsubishi Eclipse Cross menawan dan mewah

Eclipse Cross memastikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang. Kabin luas dengan jok ergonomis yang dilapisi genuine leather berwarna hitam dengan jahitan oranye. Jadi meski Mitsubishi Eclipse Cross PHEV hadir, rasanya model ini masih patut jadi pilihan.

Crossover SUV Mitsubishi ini dilengkapi dengan 9 pengaturan kemiringan pada jok belakang dan jarak geser hingga 200 mm untuk ruang kaki yang lebih lega. Bagasi yang luas dapat diperbesar dengan melipat kursi belakang untuk mendapatkan ruang tambahan.

Menariknya dari sisi interior, sudah ditunjang dengan Power Panoramic Sunroof. Sebagai pelengkap desain stylish dari Eclipse Cross dengan double sunroof, yang dapat terbuka keluar untuk membuka atmosfer penggunanya dan meninggalkan kesan kabin menjadi lebih luas.

Masing-masing shade dari sunroof dapat dioperasikan secara terpisah. Alhasil pengendara dan penumpang dapat menikmati masuknya sinar matahari yang menyegarkan.

Mesin Tawarkan Performa yang Mumpuni

Mesin Eclipse Cross
Pada generasi terbaru, Mitsubishi Eclipse Cross PHEV usung mesin ramah lingkungan

Bicara mengenai dapur pacunya, Mitsubishi Eclipse Cross ditopang mesin bertipe 4B40 DOHC MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic) dengan volume 1,5 liter empat silinder dengan turbocharged.

Pihak pabrikan mengklaim, tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin 2.0 liter. Momen puntir maksimal Eclipse Cross mencapai 250 Nm yang muncul dari 2.000 rpm hingga 3.500 rpm.

Sementara untuk tenaga puncaknya mampu mencapai 150 PS yang keluar di 5.500 rpm. Daya dorong disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi Continuously Variable Transmission 8-speed.

Baca juga  Test Drive Xpander Cross di Bali: Layak Beli? (Bag.2)

Fitur Keamanan Lengkap dan Modern

Mitsubishi Eclipse Cross
Eclipse Cross dilengkapi beragam fitur-fitur modern

Terkait dengan fitur keamanan, Eclipse Cross disematkan teknologi “Advance Safety Feature” diantaranya fitur 7 SRS Airbags dan Forward Collision Mitigation System (FCM).

Khusus untuk FCM, fitur itu mampu mencegah terjadinya benturan di depan mobil dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Selain itu tersedia juga fitur standar pendukung lainnya seperti Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS), Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic High Beam (AHM), Hill Start Assist (HAS), dan RISE Body.

Istimewanya, guna memastikan pengemudi dapat mengontrol penuh kendaraan. Eclipse Cross sudah dibekali dengan Active Yaw Control (AYC), yang dapat membantu mengoptimalkan kekuatan rem.

Dampaknya mobil tetap terkontrol bahkan saat kondisi jalan licin dan basah. Performa AYC ini bisa Anda lihat pada indikator yang terpampang di meter display.

Mengacu pada fitur-fitur tersebut, bukan tidak mungkin bisa Mitsubishi Eclipse Cross PHEV bakal punya fitur yang minimal sama, atau bahkan lebih lengkap.

Sebagai informasi tambahan, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan satu varian dengan tiga pilihan warna. Setiap warna tentunya punya banderol yang berbeda-beda.

Untuk Eclipse Cross Red Diamond (merah) dijual Rp 489,650 juta, lalu Silky White (putih) seharga Rp 487,650 juta, dan Amethyst Black (hitam) dibanderol Rp 484,650 juta.

Baca juga:

Terbaru