Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mitsubishi Triton Gen-6, Mesin Baru Tenaga 204 PS!

by Firdaus Ali
Mitsubishi Triton Terbaru

Mitsubishi Triton Gen-6 resmi meluncur di Thailand pada Rabu (26/7/2023). Mobil double cabin ini bukan cuma dapat ubahan di eksterior dan interior, tapi juga menggunakan mesin baru berkode 4N16 yang tenaganya tembus 204 PS!

“Kami merilis Triton terbaru ini pertama kali di Thailand dan akan diluncurkan juga di negara ASEAN dan Oceania. Tahun depan akan kami rilis di Jepang,” kata President dan CEO Mitsubishi Motors Corporation, Takao Kato dalam acara peluncuran Triton.

Buat pasar Jepang, inilah pertama kalinya Triton hadir di sana selama eksistensinya 12 tahun. Kemudian bagaimana dengan pasar Indonesia? Kemungkinan setelah Thailand, generasi terbaru Triton bakal hadir di Tanah Air, mungkin paling cepat akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024. 

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Mitsubishi Triton Gen-6? Berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior dan Interior Triton 2023

Mitsubishi Triton Gen-6 interior

Interior Triton Gen-6 tampil lebih modern

Secara tampilan, Triton generasi terbaru ini mengusung desain Dynamic Shield khas Mitsubishi. Dari sisi eksterior, grilnya mengadopsi desain persegi panjang yang diapit tiga lampu LED berbentuk L, kemudian ada DRL yang ditempatkan tepat di atas lampu depan. Lampu belakangnya berbentuk T di kedua sisi pintu belakang yang terlihat selaras menyesuaikan desain eksterior secara keseluruhan.

Baca juga  Harga Pajero Sport Bekas di Awal 2022, Masih Tinggi?

Soal dimensi bodi, di atas kertas Mitsubishi Triton 2023 memiliki dimensi panjang 5.320 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 3.130 mm. Dimensinya lebih panjang 55 mm, lebih lebar 115 mm, lebih tinggi 35 mm dari model sebelumnya, termasuk ruang kabinnya lebih luas 50 mm.

Masuk ke bagian interior, ubahannya ada di berbagai sektor. Jok depan dibuat lebih nyaman untuk pengemudi. Posisi paha dibuat naik 20 mm dibanding Triton lama, serta banyak revisi lain.

Kemudian tampilan kabinnya semakin modern dengan head unit floating. Ada pula berbagai komponen soft pad. Hal menarik lain, kabinnya punya banyak tempat penyimpanan. Konsol tengah bisa menyimpan dua tempat minum besar, konsol boks mampu menampung empat botol minum ukuran 600 ml.

Ada pula fitur-fitur kenyamanan seperti glove box, penahan smartphone, hingga beberapa tempat penyimpanan kecil. Mitsubishi juga memberi Triton Gen-6 colokan USB A dan C, serta wireless charger untuk mempermudah isi baterai smartphone di perjalanan.

Bicara mobil double cabin tentu memiliki bak belakang. Mitsubishi membuat ketinggian bak Triton Gen-6 jadi 820 mm atau lebih rendah 45 mm dibanding model sebelumnya. Hal ini berefek memudahkan memasukkan barang ke bak. Ditambah lagi ujung bumper belakang dibuat lebih kuat, sehingga dapat dipakai sebagai pijakan kaki untuk orang naik.

Baca juga  Intip Spesifikasi Truk Ramah Lingkungan, Mitsubishi eCanter

Performa Mesin 4N16 Milik Mitsubishi Triton Gen-6

mesin mitsubishi triton gen-6 4N16

Mesin Triton Gen-6 berkode 4N16

Mitsubishi Triton Gen-6 dibekali mesin diesel baru berkode 4N16. Jantung mekanis itu berkapasitas 2.442 cc yang dilengkapi dengan intercooled turbocharged dan teknologi DOHC. Di atas kertas, performanya paling buas bisa menghasilkan tenaga 204 PS pada 3.500 rpm dan torsi 470 Nm pada 1.500-2.750 rpm

Tersedia pula pilihan output yang lebih rendah untuk Triton terbaru dengan mesin yang sama. Opsinya ada torsi 430 Nm pada 2.250-2.500 rpm dan tenaga 184 PS pada 3.500 rpm. Lalu yang paling rendah memiliki tenaga 150 PS pada 3.500 rpm dan torsi 330 Nm pada 1.500-3.000 rpm.

Jadi buat kamu yang berharap Triton pakai mesin hybrid, harap bersabar dulu. Mitsubishi saat ini ternyata masih mempertahankan mesin dieselnya, bahkan memiliki jantung mekanis baru 4N16 menggantikan 4N15 yang digunakan di Tirton lama.

Sementara soal transmisinya, Triton terbaru pakai 6-percepatan otomatis. Tersedia pula opsi 6-percepatan manual dengan shift-by-wire untuk mengurangi getaran.

Baca juga  Fitur AC NanoeX Mitsubishi Xforce Bisa Cegah Polusi Udara di Kabin!

Mitsubishi juga memberi All New Triton 4WD-II system yang tersedia dalam ALL, 2H, 4H, 4HLc, dan 4LLc. Hadir pula mode berkendara normal, eco, gravel, snow, mud, sand, dan rock.

Fitur Keselamatan Darurat Mitsubishi Connect

eksterior Mitsubishi Triton Gen-6 tampak belakang

Triton tampak belakang

Bicara fitur keselamatan di Mitsubishi Triton 2023, tersedia banyak teknologi canggih. Ada Active Yaw Control (AYC) seperti di Mitsubishi Xpander Cross. Begitu juga dengan dengan active stability & traction control (ASTC), hill descent control (HDC) hingga hill start assist (HSA).

Triton Gen-6 juga memiliki forward collision mitigation system (FCM), blind spot warning (BSW) dengan lane change assist (LCA), rear cross traffic alert (RCTA), hingga adaptive cruise control (ACC). Kemudian hadir teknologi Mitsubishi Connect yang memiliki tombol darurat, bila ditekan, kamu akan terhubung ke call center. Fitur ini juga kaan aktif, ketika airbag mobil terkembang.

Itulah tadi bahasan lengkap soal spesifikasi dari generasi terbaru Mitsubishi Triton. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika