Thursday, October 6, 2022

5 Mobil Eropa Irit BBM, Mesin Di Bawah 1.400 cc!

by Firdaus Ali
Mobil eropa irit BBM

Saat harga bensin naik tinggi tapi tetap ingin tampil beda, maka mobil Eropa irit BBM adalah pilihannya. Rekomendasi ini kami berikan dengan membuat daftar mobil-mobil yang kapasitas mesinnya di bawah 1.400 cc. Hal tersebut lantaran semakin kecil mesin, maka konsumsi BBM juga semakin hemat.

Kalau ada yang tanya, memangnya ada mobil eropa hemat BBM? Dulu mungkin sulit mencarinya, lantaran mobil asal Benua Biru didominasi kapasitas mesin yang besar. Alahasil konsumsi bahan bakarnya jadi boros.

Namun begitu, saat ini pabrikan otomotif asal Eropa sudah tidak melulu menghadirkan mobil dengan kapasitas mesin yang besar. Kini banyak mobil Eropa irit BBM yang kubikasi jantung mekanisnya di bawah 1.400 cc.

Beli mobil di bawah 1.400 cc juga memudahkan kamu, bila nantinya pemerintah mengetok palu terkait pembatasan penggunaan Pertalite berdasar cc mobil. Informasi yang beredar, hanya mobil di bawah 1.400 cc yang boleh menggunakan bensin subsidi tersebut.

Apalagi, perkembangan teknologi juga mendukung untuk mengatur sistem suplai bahan bakar mobil menjadi irit. Salah satunya mode berkendara Eco, di mana secara otomatis membantu konsumsi BBM mobil jadi lebih hemat.

Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak deretan mobil Eropa irit BBM dengan kapsitas mesin di bawah 1.400 cc berikut ini:

1. Renault Triber – 20 Km/liter

Mobil eropa irit BBM

Renault Triber

Mobil Eropa irit BBM yang pertama adalah Renault Triber. Catatan iritnya sekitar 20 Km/liter, karena pakai kubikasi mesin kecil yaitu 999 cc 3-silinder.

Jantung mekanis tersebut dipadukan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Mesin Triber diklaim mampu menyemburkan tenaga 72 PS di 6.250 rpm dan torsi mencapai 96 Nm di 3.500 rpm.

Baca juga  6 Bengkel Spesialis Mobil Mercedes-Benz

Melihat kapasitas mesinnya, tentu mobil Eropa asal Perancis ini masih aman untuk menenggak BBM jenis Pertalite. Sebab, Pemerintah sudah mengeluarkan aturan bahwasanya BBM Pertalite hanya boleh untuk mobil yang mesinnya di bawah 1.400 cc.

Selain irit BBM, Renault Triber juga mempunyai harga yang tergolong ramah dikantong, yaitu kisaran Rp 195 juta hingga Rp 200 jutaan. Selain itu, mobil Eropa irit BBM asal Perancis ini juga sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Tidak hanya itu, ada pula fitur keyless, panel instrument digital, serta charger smartphone di setiap baris bangku.

Oh ya, kapasitas kabin Renault Triber juga jadi keunggulan tersendiri. Mobil Perancis buatan India ini sanggup menampung 7-orang di dalam kabin. Selain itu, konfigurasi bangkunya juga sangat variatif. Bahkan jok paling belakang bisa dicopot ketika tidak dipakai.

2. Mercedes-Benz A200 Sedan – 18,5 Km/liter

Mobil eropa irit BBM

Mercedes-Benz A200 sedan

Mobil Eropa irit BBM selanjutnya adalah Mercedes-Benz A200 sedan. Mobil ini dilengkapi mesin 1.332 cc turbo dengan konfigurasi empat silinder. Klaim konsumsi BBM-nya adalah 18,5 Km/liter, irit bukan?

Soal performa, jantung mekanis tersebut diklaim bisa mengeluarkan torsi 250 Nm pada 1.620 – 4.000 rpm dan tenaga maksimal 163 hp pada 5.500 rpm. Kemudian untuk transmisinya pakai 7G-DCT Automatic.

Mobil sedan buatan Jerman ini mempunyai ragam fitur yang cukup modern. Sebut saja active parking assist dengan parktronic, dynamic select, pengaturan jok elektrik, kamera parkir, dan touchpad. Kemudian yang tidak kalah menarik adalah active brake assist untuk mencegah terjadi kecelakaan depan, caranya mengaktifkan pengereman secara otomatis. Soal harga, Mercedes-Benz A200 sedan ini dibanderol kisaran Rp 700 jutaan.

Baca juga  Pemesanan Renault Kiger Dibuka, Rocky-Raize Waspada

3. Volkswagen Polo 1.2 – 21,2 Km/liter

Mobil eropa irit BBM

VW Polo

Masih dari pabrikan otomotif Jerman, mobil Eropa irit BBM berikutnya adalah Volkswagen Polo dengan klaim konsumsi BBM 21,2 km/liter.

VW Polo memiliki mesin 1.200 cc dengan teknologi turbo. Keistimewaan lain ada di sistem transmisi 7-percepatan dual-clutch automatic gearbox (DSG). Mesin tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak 175 Nm pada 1.500 rpm – 4.100 rpm dan tenaga maksimal 106 hp pada 5.000 rpm. Performa tersebut bisa dikatakan mirip dengan hatchback 1.500 cc asal Jepang, seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Kemudian soal kenyamanan, mobl merek Jerman ini sudah ada head unit layar sentuh. Tidak ketinggalan memiliki audio steering switch untuk mengatur audio dari lingkar kemudi. Ada pula fitur cruise control untuk kemampuan berkendara yang lebih nyaman saat di jalan bebas hambatan.

Bicara harga, VW Polo 1.2 dijual dengan kisaran Rp 350 jutaan.

4. Renault Kwid Climber – 22 Km/liter

Mobil eropa irit BBM

Renault Kwid

Mobil Eropa murah irit BBM berikutnya yaitu Renault Kwid Climber. Di mana mobil merek Perancis ini harganya tidak beda jauh dengan mobil LCGC, seperti Toyota Agya, Honda Brio, dan Daihatsu Ayla, yaitu kisaran Rp 175 jutaan.

Kemudian soal konsumsi BBM, Renault Kwid Climber tembus 22 Km/liter. Dengan demikian, Kwid benar-benar bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin mencari city car murah serta irit BBM.

Kwid Climber menyematkan mesin 3-silinder berkapasitas 1.000 cc. Jantung mekanis itu mampu menghasilkan tenaga 68 ps dengan torsi sebesar 91 Nm. Soal sistem transmisi, tersedia pilihan manual 5-percepatan, sementara Climber hanya tersedia AMT.

Baca juga  New Renault Koleos Meluncur, Ini Daftar Ubahannya

Meski harganya tergolong murah, fitur-fiturnya cukup lengkap. Ada head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang telah terintegrasi Android Auto atau Apple CarPlay. Kemudian ada arm rest di bangku baris kedua. Lalu soal keselamatan, tersedia Dual SRS Airbags, ABS+EBD, serta empat buah sensor parkir di belakang.

5. Audi A3 – 20,4 Km/liter

Mobil eropa irit BBM

Audi A3

Mobil Eropa irit BBM selanjutnya adalah Audi A3, konsumsi bensinnya diklaim bisa tembus 20,4 Km/liter. Hal tersebut lantaran mengusung mesin 1.2L dengan Turbo FSI dengan transmisi 7-percepetan S-Tronic.

Bicara performa, mesin Audi A3 itu diatas kertas mampu memuntahkan tenaga 110 hp pada 4.600 – 5.600 rpm dan torsi hingga 175 Nm pada 1.400 – 4.000 rpm. Jadi selain irit, performanya juga istimewa.

Soal kenyamanan kabin, Audi memberi delapan speaker untuk memanjakan telinga. Kemudian tersedia head unit layar sentuh, paddle shift, 2 zone air conditioner, dan audio steerting swtich. Tidak ketinggalan sistem pencahayaan sudah full LED.

Oh ya, untuk fitur keselamatan, Audi A3 memiliki enam airbag dengan rem tangan elektrik dan hill hold assist. Kemudian untuk harganya ada dikisaran Rp 700 jutaan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa mobil Eropa irit BBM dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 cc. Harganya juga cukup terjangkau, bahkan ada yang setara mobil LCGC.

Tentunya rekomendasi mobil yang telah diulas tersebut bisa menjadi pilihan kamu jika ingin mempunyai mobil Eropa namun tidak perlu risau akan konsumsi BBM yang boros. Bagaimana, tertarik membeli salah satu mobil Eropa yang kami ulas tersebut? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika