Minggu, Juni 16, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mobil Formula E GENBETA Tercepat di Sirkuit Indoor, Pecahkan Rekor!

by Tigor Sihombing

Mobil Formula E GENBETA masuk Guinness World Record sebagai kendaraan dalam ruangan tecepat di dunia. Hal ini tercapai berkat kolaborasi antara GENBETA dan SABIC. Buat yang belum tahu, SABIC adalah perusahaan kima asal Arab Saudi yang material racikannya digunakan untuk mobil GENBETA.

Pemecahan rekor oleh GENBETA dilakukan bersama pembalap mobil ABB FIA Formula E World Championship, Jake Hughes (NEOM McLaren Formula E) dan Lucas di Grassi (Mahindra Racing). Jake Hughes sukses mencapai kecepatan tertinggi pada 218,71 km/jam.

Mobil Formula E GENBETA merupakan bagian dari proyek pengembangan dan inovasi yang ditujukan mengeksplorasi material dan teknologi baru untuk mobil balap dan jalanan masa depan. Dibuat berdasarkan mobil Formula E GEN3, di mana SABIC membantu pengembangan mobil listrik tercepat, teringan, terkuat, dan paling efisien yang mendukung ambisi perusahaan untuk mengakselerasi elektrifikasi dan netralitas karbon dunia.

Peran SABIC dalam program GENBETA dan integrasi mobil merupakan bagian dari kemitraan inovasi kolaboratif dengan FIA World Championship all-electric pertama di dunia. Material SABIC yang diintegrasikan dalam pembuatan mobil GENBETA merupakan termoplastik. Material ini dikembangkan secara khusus untuk memberi kebebasan dalam mendesain melalui kemampuan inheren dalam proses pencetakan dibandingkan material lainnya.

Baca juga  Ini Alasan Pemilihan Ancol Sebagai Sirkuit Formula E 2022

Termoplastik sendiri diklaim dapat meningkatkan aerodinamika kendaraan. Ujung-ujungnya ini berkontribusi dalam peningkatan performa akeselerasi dan kecepatan dari mobil Formula E.

Modifikasi Mobil Formula E GENBETA yang Melibatkan SABIC

Sisi Ujung Sayap Depan

Mobil Formula E GENBETA masuk Guinness World Record

Komponen pertama yang jadi fokus modifikasi mobil Formula E GENBETA dengan SABIC adalah sisi ujung sayap depan. Elemen ini dibentuk dengan manufaktur aditif atau proses 3D printing yang dikenal sebagai fused deposition modeling. Elemen ini merupakan elemen integral dalam mengatur alur angin di sekitar ban depan untuk mengurangi drag dan berkontribusi dalam menjaga kestabilan dan downforce kendaraan.

Sirip Roda

mobil formula e genbeta
Komponen berikut dibuat untuk mobil Formula E GENBETA melalui cetakan termoplastik keberlanjutan yang didaur ulang secara mekanis. Dipasang pada pelek dengan pola melingkar, seperti jari-jari, ditujukan untuk mengoptimasi alur udara dan mengurangi hambatan angin supaya meningkatkan performa akselerasi dan kecepatan. Sirip roda juga dapat meningkatkan efisiensi mobil secara umum dan membantu menurunkan suhu rem sehingga meningkatkan kemampuan rem.

Deflektor Angin

Mobil Formula E GENBETA masuk Guinness World Record


Bagian transparan ini dilapisi produk lapisan termoplastik, dibuat melalui proses ekstrusi dengan materi bio-renewable dan rendah karbon dari portofolio TRUCIRCLETM. Komponen ini dipasang pada sisi depan kokpit, di depan pembalap, dan mendukung optimisasi alur angin untuk mengurangi hambatan angin.

Baca juga  Honda Civic Type R-GT, Ganteng Siap Balap!

Demikian ulasan mobil Formula E GENBETA masuk Guinness World Record untuk kendaraan tercepat di dalam ruangan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika