Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Intip Mobil Harian Pembalap F1, Keren-Keren!

by Tigor Sihombing
Mobil Harian Pembalap F1

Memiliki harga kekayaan berlimpah, membuat mobil harian pembalap F1 menarik untuk disimak. Mobil harian disini tentu saja adalah kendaraan harian yang digunakan sehari-sehari, bukan hanya sebagai benda koleksi semata.

Langsung saja, berikut mobil harian pembalap F1 yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

 1. Max Verstappen 

Mobil Harian Pembalap F1

Porsche 911 GT3 RS

Mobil harian pembalap F1 yang pertama adalah milik Max Verstappen. Pembabalap yang tergabung di Red Bull Racing Honda ini merupakan juara dunia Formula 1 tahun 2021.

Iya berhasil mengalahkan saingan terdekatnya Lewis Hamilton di seri pamungkas F1 GP di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Pencapaian ini menjadi yang pertama kali baginya, dan menjadi momen yang sulit dilupakan. Karena juara dunia ditentukan hingga lap terakhir balapan.

Nah di luar balap, ternyata Max juga memiliki selera mobil yang tinggi. Mobil-mobil tersebut pun tidak hanya menjadi barang koleksian semata. Melainkan juga sering digunakannya untuk berkegiatan harian.

Mobil harian pembalap F1 Max yang pertama adalah Porsche 911 GT3 RS.

Mobil Harian Pembalap F1

Max bersama Porsche 911 GT3 RS.

Mobil ini sering terlihat digunakan Max dalam kegitannya sehari-hari. Usut punya usut ternyata Porsche 911 GT3 RS tersebut dibeli untuk merayakan suksesannya di dunia balap F1.

Kala itu Max memenangkan balapan pertamanya untuk Red Bull di F1 GP Spanyol 2016 setelah dipromosikan dari Toro Rosso. Kemenangan tersebut membuatnya menjadi pembalap termuda dan pembalap Belanda pertama yang naik podium.

Kesuksesan Max sebagai pebalap muda tidak terlepas dari didikan sang ayah Jos Verstappen yang mendidiknya dari kecil sehingga memiliki naluri pembalap yang sempurna.

Selain Porsche , Max juga memiliki mobil harian lainnya seperti Aston Martin Valkyrie yang merupakan sebuah hypercar seharga 3 juta dolar AS atau setara dengan Rp 42 miliar, bermesin V12 6,5 liter, .

Juga ada Ferrari Monza SP2, Ferrari 488 Pista dan Renault RS01. Yang menarik disini Max sendiri merupakan orang pertama yang mendapatkan kesempatan memiliki supercar Renault ini pada Mei 2015.

RS 01 memiliki mesin 3,8 liter VR38DETT twin-turbocharged 24-valve V6 yang memungkinkan mobil mencapai kecepatan 300 km/jam sambil menghasilkan 550 tenaga kuda.

2. Sebastian Vettel

Mobil Harian Pembalap F1

Vettel sering tertangkap kamera menggunaka produk mobil terbaik dari Ferrari.

Mobil harian pembalap F1 berikutnya adalah milik Sebastain Vettel. Sebastian Vettel adalah salah satu pembalap terhebat dalam sejarah Formula 1.

Pada usia 23 tahun, ia memenangkan kejuaraan pertamanya dan kemudian memenangkan 3 tahun berturut-turut, mengendarai mobil F1 Red Bull. Dia telah mengemudi untuk Scuderia Ferrari yang legendaris sejak 2015, dan bersama mereka, dia memenangkan 14 balapan, naik podium 55 kali, dan mendapatkan 11 posisi terdepan.

Dengan prestasinya tersebut Sebastian Vettel pun memiliki gaji yang sangat besar. Belum lagi ditambah bonus-bonus kemenangan yang iya raih bersama timnya.

Maka dari itu tidak heran Vettel memiliki koleksi mobil yang sangat fantastis di dunia. Tidak jarang mobil-mobil tersebut digunakannya harian.

Seperti misalnya Ferrari F40. Dimana Vettel sering tertangkap kamera menggunakan salah satu produk mobil terbaik dari Ferrari ini.

Singkat cerita Vettel memperoleh F40-nya pada 2014, tahun dimana Vettel memenangkan kejuaraan F1 keempatnya. Menariknya Ferrari yang dibelinya merupakan mobil bersejarah miliki penyanyi tenor Italia Luciano Pavarotti, yang meninggal dunia pada 2007.

Menurut data pabrikan mobil tersebut memiliki mesin V8 2.9 liter twin-turbocharged yang menyanyikan 478 tenaga kuda bertransimisi manual.

Selain itu Vettel juga tercatat memiliki Ferrari California T yang rilis pada tahun 2014 silam. Mobil pabrikan kuda jingkrak tersebut memiliki mesin V8 3,9 liter turbo ganda yang menghasilkan 560 tenaga kuda.

Vettel sering terlihat mengendarai California T-nya pada beberapa kesempatan, dan dari raut wajahnya iya sangat sumringah.

Mobil Harian Pembalap F1

Selain Ferrari Vettel juga mengoleksi mobil dari pabrikan lain, seperti Infiniti FX – Vettel Edition, Fiat 500 dan Renault Megane RS RB8.

Mobil Renault sendiri didapatnya ketika memenangkan kejuaraan F1 ketiganya berturut-turut, dan Renault, sebagai penyedia mesin untuk tim Formula 1, merilis Megane RS RB8 khusus untuk Vettel. Mobil tersebut memiliki spek mesin 2 liter turbocharged yang sama dengan 265 tenaga kuda seperti RS biasa, tetapi edisi khusus ini dicat dengan warna Dusk Blue yang sama dengan mobil F1 tahun itu.

Mobil itu juga dilengkapi dengan roda 19 inci, diferensial selip terbatas, dan perangkat lunak yang disebut RS Monitor, yang memberikan informasi balapan secara real-time. Produksi dibatasi hingga 120 unit dengan harga sekitar $ 35.000.

3. Lewis Hamilton

Mobil Harian Pembalap F1

Lewis hamilton bersama Pangeran Harry baru keluar dari mobil Mercedes-Benz EQC saat peresmial Museum di Sirkuit Silverstone beberapa waktu silam.

Mobil harian pembalap F1 lainnya adalah milik Lewis Hamilton. Juara dunia Formula 1 sebanyak tujuh kali, rupakanya memiliki koleksi puluhan supercars.

Namun ada beberapa mobil yang sering digunakannya harian. Lewis Hamilton juga peduli lingkungan, iya kerap menggunakan mobil-mobil listrik untuk mengantrnyya beraktifitas. sebut saja seperti Mercedes-Benz EQC dan Smart EQ ForTwo.

Dalam laman Autovolution iya mengatakan sebisa mungkin dijemput mobil ramah lingkungan atau mobil listrik ketika sampai di bandara untuk mengikuti balap.

Selain Mercedes-Benz, Lewis juga memiliki mobil klasik Ford Mustang Shelby GT500 keluaran 1967. Lewis tergila-gila dengan mobil asal Amerika Serikat ini setelah menonton film Bullitt.

Mobil Harian Pembalap F1

Hamilton bersama Shelby Mustang GT500 1967.

“Saya membeli Shelby Mustang GT500 1967 karena saya melihat Steve McQueen mengendarai Mustang ini di film Bullit, ” kata Hamilton.

Shelby GT500 tahun 1967 merupakan model pertama yang dibangun di seri ini. Menggunakan basis Mustang Fasback 1967 yang dilengkapi mesin 7.0L V8.

Demikian ulasan terkait mobil harian pembalap F1. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika