Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mobil Listrik Buatan Israel, Bisa Berubah Ukuran!

by Firdaus Ali
Mobil listrik buatan Israel

Berikut akan kami ulas mengenai mobil listrik buatan Israel bernama CT-1. Menariknya, mobil produksi dari kota Tel Aviv itu ukurannya bisa membesar dan mengecil.

Dilansir dari laman Insideevs, sebuah perusahaan startup asal Israel bernama City Transformer telah merilis mobil listrik bernama CT-1. Adalah mobil listrik yang ditujukan untuk masyarakat yang sering beraktifitas di jalan-jalan kota yang sibuk dan sempit. Mobil ramah lingkungan ini dapat memperpanjang dan menarik kembali roda, melebarkan dan menyusutkan sasis.

“Lebih dari 4 miliar orang saat ini tinggal di wilayah urban, di perkotaan, dan itu hanya akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Orang-orang membutuhkan kendaraan untuk pusat kota, untuk jalan-jalan sempit, untuk dunia masa depan,” terang Asaf Formoza selaku Chief Executive Officer (CEO) City Transformer, seperti dikutip dari timesofisrael beberapa waktu lalu.

Berbicara dimensi, mobil listrik buatan Israel CT-1 memiliki dimensi panjang 2,49 meter dan lebar 1,4 meter. Sementara rodanya dirancang dengan mekanisme foldable yang bisa ‘dilipat’ menjadi hanya 1 meter.

Baca juga  Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik Resmi Berdiri, Fokus Infrastruktur!

Adapun secara teknisnya, dengan fitur Folded Mode, bagian roda bisa menjulur keluar dan bisa masuk ke dalam sehingga terkesan bodinya bisa membesar dan mengecil sambil berjalan dengan kecepatan antara 9-48 km per jam. Adapun untuk mengaktifkannya, pengemudi hanya perlu menekan sebuah tombol di kabin selama dua detik, ketika sudah menyusut, panjang mobil listrik kecil buatan startup Israel itu menjadi hanya 1 meter.

Secara tampilan, City Transformer CT-1 mengusung desain yang futuristik. Mobil listrik berkapasitas 2-penumpang itu menyuguhkan kombinasi desain yang apik. Hal itu bisa terlihat dari lekukan body, desain headlamp dan desain velg yang selaras.

Untuk menguatkan kesan mobil masa depan serta mengedepankan fungsi saat di area parkiran yang sempit, mobil listrik CT-1 buatan Israel ini menggunakan sistem membuka pintu Scissor yang sama dengan sistem pintu beberapa model mobil Lamborghini.

Pada bagian interior mobil listrik ini tidak menyuguhkan desain yang fenomenal. Wajar karena memang konsep CT-1 dibangun untuk fugsionalitas penduduk urban. Adapun di kabin interior hanya ada speedometer digital, beberapa tombol untuk fitur, serta setir yang bentuknya unik.

Baca juga  Kia EV5 Concept, SUV Listrik Bisa Offroad?

Spesifikasi City Transformer CT-1

Mobil listrik buatan Israel

City Transformer CT-1

Mobil listrik buatan Israel ini sudah dipasarkan di Eropa, salah satunya adalah negara Perancis. Adapun mobil listrik ini dijual dengan kisaran harga 16.000 euro, atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 261 jutaan.

Untuk spesifikasinya, CT-1 mendapatkan asupan energi dari baterai berkapasitas 16 kWh dengan fitur Fast Charging berdaya hingga 14 kW. Kemudian untuk jarak tempuh dalam kondisi baterai terisi penuh diklaim mencapai 178 km. Menariknya, untuk melaju dari 0-50 km per jam bisa dicapai hanya dalam 5 detik.

Soal kelengkapan fitur, CT-1 sudah dilengkapi dengan fitur standard seperti electric windows, penghangat kabin, sunroof, konektivitas smartphone, dan beberapa software kelistrikan lain yang dibuat Bosch.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika