by

Mobil Listrik Huawei Siap Diproduksi, Saingan Apple?

Tren mobil listrik yang terus berkembang, membuat industri lain di luar otomotif melirik pasar yang sangat seksi ini. Salah satunya adalah kabar yang menyebutkan bahwa mobil listrik Huawei akan diproduksi massal.

Sebelumnya, raksasa telekomunikasi Apple, dikabarkan sudah melakukan kerja sama dengan KIA untuk bisa memproduksi mobil listrik.

Dalam sebuah informasi yang beredar, Apple melakukan perjanjian untuk membangun mobil listrik mereka di fasilitas produksi KIA yang terletak di Georgia. Mengenai model apa yang diproduksi, belum ada informasi terkait hal tersebut.

Melansir dari carbuzz, mobil listrik Huawei adalah sebuah cara yang dilakukan agar merk asal Cina ini bisa masuk ke pasar Amerika Serikat. Pasalnya, Huawei, tidak bisa memasarkan produk mereka di negeri paman sam ini.

Masih menurut informasi tersebut, Huawei, sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa vendor untuk memuluskan langkah tersebut. Salah satunya adalah berkomunikasi dengan BluePark New Energy Technology BAIC Group.

Meski kabar tersebut sudah sangat santer terdengar, namun juru bicara Huawei yang enggan disebutkan namanya membantah kabar rencana pembuatan mobil listrik Huawei tersebut. Menurutnya, Huawei, hanya sebatas vendor untuk membantu produsen otomotif untuk memproduksi mobil baru.

Baca juga  7 Pabrikan Akan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

“Huawei bukanlah pabrikan mobil. Namun melalui Information, Communication and Technology (ICT), kami bertujuan untuk menjadi penyedia komponen yang berorientasi pada mobil digital dan baru, sehingga memungkinan OEM mobil untuk membangun kendaraan yang lebih baik,” ujar sumber tersebut.

Sejauh ini tidak ada detail desain yang terungkap tetapi mengenai mobil listrik Huawei diharapkan akan segera diproduksi untuk pasar secara massal. Nantinya, menurut informasi yang beredar, mobil listrik besutan Huawei akan beradu pasar dengan rival yang tidak kecil.

Kompetitor Mobil Listrik Huawei

Mobil listrik Huawei
Mobil listrik Huawei akan diproduksi dalam waktu dekat

Beberapa rival yang akan dihadapi mobil listrik Huawei ketika bernar diproduksi adalah Tesla Model Y, Ford Mustang Mach-E, dan Volkswagan ID.4. Menarik untuk melihat raksasa teknologi ini bisa membangun mobil listrik. Terlebih di tengah maraknya industri otomotif akan mobil listrik.

Memang Huawei belum memiliki portofolio dalam memproduksi mobil listrik. Namun sejauh ini, Huawei sangat dekat dengan industri tersebut. Beberapa hal yang sudah dilakukan oleh Huawei dalam industri otomotif adalah menjadi vendor.

Baca juga  Test Drive Hyundai Ioniq, Mobil Listrik Sensasinya Beda?

Huawei sudah menjadi vendor untuk mobil listrik meliputi perangkat lunak dalam mobil, sensor, dan perangkat keras komunikasi 5G.

Isunya, jika mobil listrik Huawei benar diproduksi, maka ini adalah langkah yang tepat lantaran permintaan mobil listrik di Cina tengah tinggi. Di samping itu, pasar otomotif Cina menjadi salah satu lumbung terbaik bagi produsen otomotif dalam memasarkan mobil listriknya.

Untuk seputar informasi otomotif terbaru, simak terus moladin.com

Terbaru