by

Rekomendasi Motor 2 Silinder Murah untuk Harian

Motor 2 Silinder Murah – Kuda besi bermesin dua silinder bukanlah masuk kelas entry level. Motor jenis ini ada di level menengah dengan kapasitas mesin minimal 250 cc, serta punya performa yang bertenaga di putaran mesin atas. 

Bicara soal suara mesin, motor dua silinder juga lebih enak di telinga dibanding satu silinder. Dalam hal fitur, pun jauh lebih modern. Kombinasi semuanya, menghasilkan rasa berkendara yang semakin menyenangkan. Lantaran punya banyak kelebihan, harga motor 2 silinder biasanya cukup tinggi.

Bagaimana kalau cuma punya bujet terbatas, namun ingin beli kuda besi dengan konfigurasi mesin dua silinder? Tidak perlu bingung, ada beberapa pabrikan yang membanderol produknya dengan harga terjangkau.

Ingin tahu apa saja rekomendasi motor 2 silinder murah yang bisa kamu beli di Indonesia? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Motor 2 Silinder Murah Terbaru yang Dijual di Indonesia

Bila kamu mencari motor 2 silinder murah dengan kondisi baru, maka pilihannya cukup banyak. Jenisnya mulai dari sport fairing, naked sport, hingga cruiser. Dalam hal harga, banderolnya juga bervariasi, mulai Rp 40 jutaan yaitu Benelli Patagonian Eagle 250.

Ingin tahu rekomendasi motor dua silinder lainnya yang juga punya harga murah? Cek daftarnya di bawah ini:

1. Honda CBR250RR

Motor 2 Silinder, Honda CBR250RR
Jangan kira karena punya banyak teknologi modern, harganya jadi mahal. Honda CBR250RR adalah motor sport full fairing dua silinder termurah di Indonesia

Rekomendasi motor 2 silinder murah yang pertama adalah Honda CBR250RR. Motor sport full fairing keluaran Honda ini memiliki penampilan yang sangat memukau. Berbekal tampilan sporty dan banyak fitur canggih, CBR250RR menjadi salah satu motor terbaik di kelas sport 250 cc.

Mesinnya punya kapasitas murni 249,7 cc, Parallel Twin Cylinder dengan delapan katup. Di atas kertas, torsi puncak yang dihasilkan mencapai 23,3 Nm pada 11.000 rpm dan tenaga maksimal 38,7 hp pada 12.500 rpm. Mesin tersebut dikencani oleh transmisi 6-percepatan.

Bukan cuma punya performa buas, berbagai teknologi modern juga hadir. Motor sport Honda 2 silinder ini punya berbagai teknologi canggih. Sebut saja throttle by wire yang tidak lagi menggunakan kabel gas, sehingga respons motor terasa lebih presisi. Ada pula tiga riding mode: comfort, sport, dan sport+ memberikan preferensi untuk penunanggnya.

Tambahan fitur Honda CBR250RR yang lain adalah panel instrumen full digital, sistem pencahayaan full LED, dan suspensi depan upside down. Dengan segala keunggulan tersebut, jangan pikir harganya mahal.

Baca juga  Ratusan Biker Ramaikan Benelli Day 2019

Honda menjual CBR250RR dengan banderol mulai Rp 61,6 juta (OTR Jakarta). Paling murah dibanding motor 2 silinder full fairing lainnya, seperti Yamaha R25 yang harga varian termurahnya Rp 61,665 juta (OTR Jakarta) dan Kawasaki Ninja 250 Rp 64,1 juta (OTR Jakarta).

Baca juga:

2. Yamaha R25

Yamaha YZF R25
Harga Yamaha R25 memang lebih mahal dibanding Honda CBR250RR, tapi gapnya sangat tipis

Selanjutnya rekomendasi motor 2 silinder murah adalah Yamaha R25. Banderol motor pabrikan Garpu Tala ini memang di atas CBR250RR, namun tidak beda jauh cuma puluhan ribu.

Jika melihat tampilan, R25 juga tidak kalah istimewa. Punya upside down suspension di depan membuat motor terlihat lebih gagah, sekaligus memberikan handling lebih baik saat bermanuver cepat. Bodi juga tampak sportif dengan DNA Yamaha R-Series yang begitu kental.

Berbagai fitur canggih disematkan di motor ini, termasuk speedometer LCD dengan shift timing light, dan sistem lampu LED. Untuk urusan dapur pacu, R25 menggendong mesin 250cc, DOHC, dua silinder, berpendingin cairan.

Mesin ini memang kalah jauh dari sisi tenaga bila dibanding CBR250RR, namun torsinya menang. Di atas kertas, mampu melontarkan torsi hingga 23,6 Nm pada 10.000 rpm. Sementara tenaganya cuma 35,5 hp pada 12.000 rpm.

3. Yamaha MT-25

motor 2 silinder murah
Harga Yamaha MT-25 cuma Rp 55 jutaan. Inilah satu-satunya naked sport 250 cc asal Jepang yang masih dijual.

Kalau kamu cari motor 2 silinder murah dan bergaya naked sport, pilihan terbaiknya adalah Yamaha MT-25. Banderolnya cuma Rp 55,46 juta (OTR Jakarta). Jauh lebih terjangkau dibandingkan Benelli TN 249 S selaku kompetitor yang dipasarkan Rp 60 jutaan.

Selain murah, kamu juga mendapat motor merek Jepang kalau beli MT-25. Bila melihat performa pun tidak bisa diremehkan. Motor Yamaha 2 silinder ini sanggup memuntahkan torsi hingga 23,6 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga maksimal 35,5 hp pada 12.000 rpm. Kompetensinya sama dengan sang saudara kembar yaitu R25.

Kemudian untuk fitur, MT-25 punya lampu depan LED proyektor yang bisa memberi visibilitas berkendara lebih baik. Ada pula panel instrumen besar dengan shift timing light untuk menginformasikan waktu terbaik dalam melakukan perpindahan gigi naik. Yamaha juga memberikan suspensi upside down besar di kaki depan.

Baca juga  5 Perbedaan Kawasaki Ninja 250 Vs ZX-25R, Lebih Baik Mana?

4. Benelli Patagonian Eagle

motor dua silinder murah
Pilihan motor 2 silinder termurah di Indonesia adalah Benelli Patagonian Eagle

Jika harga Rp 60 jutaan masih tampak mahal, maka kamu wajib melirik Benelli Patagonian Eagle sebagai motor 2 silinder murah. Banderolnya mulai dari Rp 41,1 juta (OTR Jakarta).

Hanya saja gayanya bukan sport, melainkan cruiser retro. Ciri khas motor cruiser, memiliki jok rendah, pijakran kaki agak ke depan, dan setang tinggi. Dengan begitu, rasa berkendaranya menjadi sangat relaks.

Lalu untuk tampilan retro, Patagoinan Eagle benar-benar tidak bisa terbantahkan. Pakai lampu dan spion bulat, knalpot dengan dua selongsong, serta sandaran jok belakang.

Terkait mesin, jangan terlalu berharap dengan performanya. Jantung mekanisnya cuma bisa melontarkan torsi 16,5 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga 17,43 hp pada 8.000 rpm. Padanan mesin tersebut adalah transmisi manual 5-percepatan.

Walau tidak terlalu mantap soal performa, percayalah motor ini punya suara istimewa. Dengan konfigurasi mesin motor dua silinder, terdengar layaknya empat silinder.

Benelli Patagoinan Eagle memiliki dua varian: karburator dan injeksi. Khusus versi injeksi, banderolnya lebih mahal, Rp 45,7 juta (OTR Jakarta). Tampilan pun dibedakan dengan aksen hitam semakin banyak, pelek jari-jari, serta pilihan warna atraktif.

5. SM Sport V16

motor 2 silinder murah
Motor SM Sport V16 istimewa dari sisi fitur dan tampilan. Pakai konfigurasi mesin V-Twin, sungguh mirip Harley-Davidson

Motor 2 silinder murah yang terakhir adalah SM Sport V16. Harganya Rp 50 jutaan dan lagi-lagi bergaya cruiser.

Kelebihannya punya lampu depan proyektor, panel instrumen digital, rem cakram di kedua roda, dan anti-lock braking system (ABS). SM Sport V16 dibekali mesin 250 cc berkonfigurasi V-Twin sehingga tampilannya benar-benar mirip Harley-Davidson.

Kelebihan lain, suara mesinnya juga begitu istimewa. Terdengar layaknya motor gede. Di atas kertas, mesin ini bisa mengeluarkan torsi 19 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 18,7 hp pada 8.000 rpm. SM Sport juga telah mengaplikasikan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi.

Buat kamu yang belum tahu SM Sport, ini merupakan merek Tiongkok blasteran Malaysia. Dipasarkan di Indonesia bersama-sama dengan brand SYM.

Itulah tadi pilihan motor 2 silinder murah dalam kondisi baru yang dijual di Indonesia. Kira-kira kamu mau pilih yang mana? Lebih suka gaya sport fairing, naked sport atau cruiser?

Baca juga  Honda CB-F, Motor Retro Terbaru yang Meluncur Saat Korona

Motor 2 Silinder Bekas Rp 30 Jutaan

motor 2 silinder murah ninja 250 karburator
Ninja 250 karburator bisa jadi pilihan untuk kamu yang cari motor bekas 2 silinde rmurah

Setelah melihat harga motor 2 silinder murah terbaru yang dibeberkan di atas, ternyata masih belum juga masuk bujet kamu. Jangan kecil hati. Bila kamu tetap ingin beli motor dua silinder, maka coba cari versi bekas.

Harga motor 2 silinder bekas ada yang dijual di bawah Rp 30 jutaan. Pilihannya pun beragam, namun soal tahun produksi memang sudah di atas 10 tahun. Ambil contoh Kawasaki Ninja 250 dengan sistem penyemprotan karburator lansiran 2008-2010, banderolnya Rp 27 juta.

Namun kalau kamu mau motor 2 silinder tahun muda, kisarannya masih di atas Rp 30 jutaan. Sebut saja Kawasaki Z250 produksi 2015 Rp 35 jutaan. Begitu pula dengan MT-25 keluaran 2016 mencapai Rp 38 jutaan.

Tips Beli Motor Bekas

moto dua silinder murah mt-25
MT-25 lansiran 2016 dijual Rp 38 jutaan, cocok buat kamu yang cari motor bekas dua silinder dengan harga terjangkau

Dalam membeli motor 2 silinder bekas, sesungguhnya tidak ada harga pasti. Semua tergantung dari negosiasi penjual dan pembeli. Oleh karena itu, wajib untuk menawar.

Teknik melakukan penawaran motor bekas juga tidak sembarangan. Kamu harus tahu dulu tahun produksinya. Jika motor tersebut merupakan tahun tua, maka harganya sudah pasti lebih murah (kecuali edisi spesial atau koleksi). Lalu kondisi pun menentukan. Bila tampilan dan performa masih prima, pasti harganya lebih tinggi.

Kemudian yang juga patut diperhitungkan adalah kondisi surat-surat legal. Jika full paper dan masih hidup pajaknya, wajar kalau ditawar mahal. Namun, kalau motor bodong atau tanpa surat sudah pasti harganya jauh di bawah pasaran.

Sebisa mungkin, kamu harus melakukan test ride sebelum membeli motor bekas. Hal ini dilakukan untuk benar-benar mengetahui kondisi kuda besi secara paripurna. Perhatikan bantingan suspensinya, performa mesin, rem, sampai ke tombol-tombol elektronik. (LDR)

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru