Motor Injeksi Anda Tidak Mau Langsam? Perhatikan Hal Ini!

Moladin – Motor injeksi memang sedang digandrungi beberapa waktu belakangan ini dan jadi favorit ketimbang motor yang pakai karburator, namun dibalik segudang poin plus tadi motor jenis ini tetap memiliki kekurangan salah satunya adalah langsam

Lebih mudah dioperasikan itu pasti, cocok untuk pria maupun wanita, remaja maupun dewasa, lebih irit bahan bakar, dan memiliki segudang nilai lebih lain yang melekat padanya.

Meski begitu, tetap saja bisa terjadi masalah pada kendaraan yang memiliki lebih banyak suku cadang dan peranti yang terbilang canggih. Di balik semua nilai plusnya, tentu ada nilai kurang yang dimiliki.

 

Penyebab Motor Injeksi Tidak Mau Langsam

motor-injeksi-anda-tidak-mau-langsamBisa jadi throttle body dan injektor dalam keadaan kotor

Motor berada dalam posisi langsam atau idle ketika mesin dalam kondisi menyala tetapi tidak digunakan alias handle gas belum diputar. Biasanya, kondisi motor ini juga disebut stasioner. Pada beberapa kondisi, motor tidak mau berada dalam posisi langsam. Sederhananya, mesin sudah menyala, tetapi ketika gas dilepas, mesin justru mati.

Sebenarnya, kondisi ini terjadi karena beberapa hal, seperti halnya pada motor dengan sistem api karburator. Tentu saja, ini membuat Anda harus menahan grip gas agar mesin motor tidak mati. Nah, pada kondisi jalanan macet, hal ini pasti sangat merepotkan. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab motor injeksi tidak mau langsam?

Komponen Kotor

Penyebab pertama adalah komponen mesin injeksi yang perlu dibersihkan, biasanya pada throttle body dan injektor. Karbon sisa pembakaran yang menumpuk akan menyumbat katup throttle body dan injektor, sebabkan mesin motor tidak mau langsam. Meski terjadi penyumbatan, mesin motor tetap mau menyala.

Perawatan Busi yang Kurang Tepat

Penyebab lainnya bisa saja dari pembersihan busi yang kurang tepat. Ketika Anda melakukan perawatan rutin, mekanik biasanya akan membersihkan bagian busi menggunakan bensin. Sayangnya, cara ini justru sering dilakukan meski sebenarnya kurang tepat. Akibatnya, motor injeksi jadi tidak mau langsam karena kondisi busi yang mudah aus.

Angin yang Masuk ke Penyaring Udara

Hal yang sebabkan motor tidak mau langsam adalah adanya masalah pada angin yang masuk ke dalam saluran udara. Biasanya, kondisi ini terjadi karena ada benda yang diletakkan di dekat kotak penyaring udara.

Seperti misalnya jas hujan, Benda ini memang harus ada di bagasi jok. Sayangnya, tidak banyak yang sadar kalau jas hujan jadi benda yang paling sering menyumbang jalur udara yang dibutuhkan mesin melalui boks. Akibatnya, motor pun kekurangan asupan udara, sehingga tak mau langsam.

Bensin yang Bercampur dengan Air

Jika sudah dilakukan pembersihan pada komponen motor injeksi yang kotor tetapi motor masih tidak mau langsam, bagian berikutnya yang perlu Anda cek adalah tangki bensin. Coba perhatikan, apakah bensin bercampur dengan air, karena ini memang bisa sebabkan motor tidak mau langsam.

 

Bagaimana Mengatasi Motor Tidak Mau Langsam?

motor-injeksi-anda-tidak-mau-langsamLakukan perawatan atau servis rutin pada kendaraan Anda

Pasti sangat merepotkan ya, jika kendaraan yang biasanya digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari bermasalah, terlebih jika Anda sedang sangat membutuhkannya.

Sebenarnya, pada kasus motor injeksi yang tidak mau langsam, cara mendeteksinya terbilang mudah, kok. Pasalnya, motor injeksi sekarang sudah jauh lebih canggih dengan banyaknya sensor yang terpasang.

Mekanik tidak perlu buang banyak waktu dalam melakukan pengecekan, tidak seperti pada motor dengan pengapian karbu. Agar penyebab langsam bisa terdeteksi, maka gunakan alat khusus yang disebut diagnostic tool. Cara kerjanya sederhana, cukup hubungkan soket dengan bagian suku cadang, alat pun akan langsung melakukan scanning pada sensornya.

Jika masalahnya adalah komponen yang kotor, cara penanganannya tentu dengan membersihkan suku cadang yang kotor. Meski membersihkannya mudah, tetapi tidak disarankan untuk melakukannya sendiri.

Pasalnya, pada bagian throttle body yang sering kotor, terdapat beberapa sensor yang bisa memicu terjadinya masalah lain pada motor jika terganggu. Jika masalahnya adalah pembersihan busi yang kurang tepat, cara penanganan paling baik adalah menghindari mengulangi pembersihan dengan bensin.

Lalu, hindari menaruh benda pada kotak penyaring udara, terlebih jika benda tersebut berpotensi menghalangi pasokan udara ke mesin. Terakhir, jika bensin tercampur dengan air. Solusinya tentu saja dengan melakukan pengurasan supaya pompa fuel bisa kembali berfungsi dengan optimal.

Namun, jangan pernah lupa untuk melakukan perawatan atau servis rutin pada kendaraan Anda. Tentu saja untuk menghindari terjadinya masalah-masalah pada motor, seperti motor yang tidak mau langsam. Pengecekan dan perawatan berkala ini juga membantu memperbaiki kerusakan pada motor dan mengecek suku cadang, supaya performa motor tetap optimal.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *