by

Penyebab Motor Susah Langsam dan Trik untuk Mengatasinya!

Penyebab Motor Susah Langsam – Halo Moladiners, putaran mesin yang langsam pastinya jadi dambaan semua orang. Ketika mesin motor langsam pastinya motor kesayangan bakal kerjasama mau diajak jalan santai ataupun ngebut. Acara jalan-jalan bareng si kuda besi pastinya jadi lebih menyenangkan.

Bagaimana kalau motor kamu ternyata belakangan jadi tidak langsam? Kamu lagi cari-cari informasi mengenai penyebab motor susah langsam? Moladin ada infonya nih.

Yuk, cek sama-sama berikut ini! Ada trik mudah untuk mengatasi motor susah langsam, lho. Jangan sampai nggak tahu!

Cek Karburator Vakum

Cek Karburator Vakum

Motor susah langsam memang cukup mengganggu. Selain performanya menurun, motor yang susah langsam juga jadi boros bahan bakar. Sebelum kita lanjut, Jinny mau nanya dulu nih. Moladiners sudah cek belum karburator motor kesayangan menggunakan model apa?

Kalau menggunakan model vakum, mungkin ini yang menjadi penyebab kenapa motor kamu susah langsam. Karburator vakum ini memang irit bahan bakar, tapi setelah tiga tahun, langsam biasanya jadi lebih tinggi. Hal ini pun otomatis membuat konsumsi BBM juga semakin bertambah.

Masalah utama biasanya terletak di per vakum, sob. Karena sering dipakai, semakin lama tekanannya juga semakin lemah. Akhirnya daya vakum karbu pun menurun dan skep motor jadi tidak tertutup dengan sempurna. Kalau saja per karbu ini banyak dijual di pasaran, tentunya ini bukan masalah besar.

Baca juga  6 Penyebab Klakson Motor Mati dan Solusinya

Kabar buruknya adalah per vakum karbu ini tidak dijual eceran, alias harus dibeli satu paket. Gimana nggak bikin kantong jebol kalau begini ceritanya. Selain harganya jadi lebih mahal, spare part lain pun jadi mubazir karena tidak terpakai.

Tips Sederhana Mengakali Per Karbu

Per Karbu

Tarik Per Karbu

Supaya kamu tidak terlalu cepat beli per karbu sepaket, ada baiknya kamu mencoba trik berikut untuk menangani penyebab motor susah langsam. Bawa ke bengkel dan minta mekanik yang di sana untuk menarik per supaya tekanannya tetap terjaga, sob.

Cara sederhana ini setidaknya efektif dalam menghadapi langsam yang tinggi. Namun, tentunya tidak bertahan lama karena bisa muncul kembali sewaktu-waktu.

Tambahkan Ring di Dalam Botol Skep

Cara jitu lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi penyebab motor susah langsam karena per karbu adalah menambahkan ring di dalam botol skep, sob. Ring ini akan membuat jarak per jadi lebih pendek dan tekanannya pun jadi lebih besar.

Kamu hanya perlu menyiapkan ring 12 mm. Tebalnya bisa kalian sesuaikan sendiri, Moladiners. Tambahkan beberapa ring jika dirasa memang kurang kuat tekanannya. Setelah ring terpasang, kamu harus memastikan bahwa skep bisa mengangkat sempurna.

Trik yang mudah dan murah bukan? Bisa kamu praktikkan kalau memang bujet kamu pas-pasan dalam membeli per karbu sepaket. Namun apabila kondisi per memang memprihatinkan, tidak ada cara lain memang kecuali membeli per yang baru.

Baca juga  Harga Setang Seher & Penyebab Kerusakannya

Baca Juga :

 

Kebocoran di Intake Manifold

Kebocoran di Intake Manifold

Penyebab kedua motor susah langsam ditenggarai karena intake manifold atau komponen penghubung karburator dan lubang inlet mengalami kebocoran. Hal ini mempengaruhi rasio bahan bakar karena ada gas “palsu” yang masuk ke ruang bakar.

Cara mendeteksi kebocoran ini cukup gampang, yakni dengan menyemprotkan cairan pembersih karburator ke sambungan intake saat mesin motor dalam keadaan hidup. Apabila putaran mesin menjadi turun, besar kemungkinan intake manifold motor kamu bocor dan harus segera diperbaiki.

Kebocoran Kompresi

Kebocoran di kompresi

Penyebab motor susah langsam yang ke tiga adalah kebocoran kompresi. Paking head biasanya tidak menapak dengan baik sehingga posisinya terjepit atau bisa juga robek. Bahkan bisa jadi lem-nya sudah tidak merekat dengan kuat, sehingga kebocoran sangat mudah terjadi.

Kalau ini kondisinya, motor kesayangan kamu bukan hanya susah langsam, sob. Bisa jadi malah kehilangan tenaga. Nah, cek baik-baik apakah ada kebocoran kompresi di motor kamu, ya!

Baru Ganti Kanlpot Standar dengan Knlapot Racing

Knalpot racing

Pada kaget kan kalau ganti knalpot bisa jadi salah satu penyebab motor susah langsam? Saat knalpot standar digantikan dengan knalpot racing, ada baiknya kamu juga meminta mekanik untuk menyetel ulang karburator kamu, sob.

Baca juga  Harga Vixion R Lebih Murah dari MT-15, Ini Spesifikasinya

Kalau kamu malas ke bengkel, kamu bisan mencoba mengganti spuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar. Jangan lupa untuk mengatur setelan udaranya juga ya.

Itu dia 4 penyebab motor susah langsam. Supaya kamu nggak berhadapan dengan masalah di atas, wajib banget hukumnya untuk rajin mengecek kondisi karburator dan kompresor. Moladiners juga harus rajin membersihkan karburator setidaknya dua bulan sekali dan menyetel ulang karburator agar kinerjanya tetap sesuai.

Supaya ngga makan waktu, bawa saja kuda besi kesayangan ke bengkel kepercayaan kamu, sob. Toh, tidak semua bikers memang paham soal jeroan karburator.

Kamu juga bisa mencari lokasi bengkel terdekat menggunakan aplikasi Moladin, lho. Tinggal buka aplikasi Moladin di ponsel kamu dan klik fitur bengkel, maka informasi bengkel terdekat pun bisa kamu temukan. Merawat motor pun jadi lebih gampang bareng, Moladin!

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Terbaru