by

Cara Melacak Motor Hilang, Mudah dan Patut Dicoba!

Cara Melacak Motor Hilang – Setiap orang pasti tidak ingin kehilangan kendaraan bermotor mereka. Walau begitu, kenyataannya di zaman sekarang ini banyak sekali aksi kriminalitas yang terjadi. Pencurian motor hampir setiap hari terjadi dan bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Meskipun sudah banyak tindakan pencegahan, seperti pemasangan kamera CCTV dan juga pengaman, namun pencuri selalu punya cara untuk menggondol kendaraan. Ada yang pakai cairan kimia dalam rangka merusak gembok, menggunakan kunci T, dan masih banyak lagi tekniknya.

Lalu kalau motor sudah terlanjur hilang, bagaiamana cara melacaknya? Apa yang harus dilakukan? Hal pertama adalah, kamu tidak boleh panik. Tenangkan diri agar dapat berpikir secara jernih.

Kemudian coba ikuti langkah dan cara melacak motor hilang berikut ini:

Lapor Pihak Berwajib Merupakan Cara Melacak Motor Hilang Lewat Jalur Hukum

Cara Melacak Motor Hilang Lapor Pihak Berwajib
Salah satu cara melacak motor hilang yang paling sederhana, lapor ke pihak ke polisian agar diselesaikan secara hukum

Cara melacak motor hilang yang pertama adalah melapor ke pihak yang berwajib, seperti kepolisian. Mereka akan membantu melacak kendaraan yang hilang tersebut. Sebelumnya, kamu akan diminta melengkapi semua berkas yang diperlukan sebagai laporan kendaraan hilang.

Melalui polisi, kendaraan yang hilang dapat ditemukan dengan berbagai cara. Bisa melalui rekaman lalu lintas, menanyai warga sekitar, sampai menggunakan info intelijen agar motor yang hilang segera ditemukan.

Mengirim Info Berita Kehilangan Motor Seluas Mungkin, Sosial Media Bisa Sangat Membantu

Cara Melacak Motor Hilang berita kehilangan motor
Contoh postingan kehilangan Honda CBR150R lewat sosial media

Salah satu cara melacak motor hilang adalah sebarkan informasi lewat media sosial seluas mungkin. Beritahukan kabar, bahwa motor kamu hilang lewat berbagai aplikasi sosial media yang dimiliki seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Kamu juga bisa mengakses forum-forum khusus merek motor tertentu untuk memudahkan pencarian. Ini merupakan salah satu trik melacak motor hilang gratis yang dapat kamu terapkan.

Misalnya motor yang hilang adalah Yamaha R25. Coba masuk ke forum R25, kemudian tulis status kehilangan di sana. Biasanya forum atau komunitas R25 yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia, bakal membantu mencarikan. Semakin banyak orang yang tahu dan membantu menyebarkan akan  mempermudah menemukan motor yang hilang.

Trik melacak motor hilang selanjutnya dengan meminta tolong beberapa akun sosial media yang berbasis daerah. Misalnya forum Pondok Gede, Ciledug, Jonggol, dan lain-lain. Intinya manfaatkan teknologi dan sosial media dengan sebaik mungkin ya.

Bisa juga dengan memasang iklan di radio atau mungkin media cetak sebagai cara melacak motor hilang. Intinya adalah kamu harus aktif menyebarkan informasi terkait kehilangan kendaraan ini.

Baca juga  Yuk Seru-seruan di Forum Moladin! Banyak Bertanya Malah Dapat Hadiah!

Semoga dengan melakukan trik melacak motor hilang melalui penyebaran berita di mana-mana, kendaraan kamu bisa cepat ketemu. Ingat, ini bukan cuma berlaku untuk motor, kamu juga dapat memanfaatkan sosial media bila mengalami kehilangan mobil.

Baca Juga :

Pakai Aplikasi Pelacak Motor Hilang Via Smartphone dan GPS Tracker

Lacak motor melalui aplikasi

Selain menyebarkan informasi kehilangan di sosial media, cara melacak motor hilang ternyata teknologi juga sangat membantu saat ada yang mengalami musibah seperti kehilangan motor. Kamu bisa mengandalkan GPS Tracker terintegrasi aplikasi smartphone.

Inilah sebenarnya trik melacak motor hilang yang paling mudah. Hanya saja syaratnya, kamu harus lebih dulu pasang GPS Tracker di motor. Memang harganya tidak murah dan perlu membayar paket data setiap bulan. Walau begitu, keamanan motor kamu bakal terjamin. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Terlebih, aplikasi pelacak motor hilang ini sangat penting untuk kamu yang memiliki usaha rental motor atau mobil. Dapat pula dipasang ke kendaraan pribadi dengan label kesayangan. Bukan soal kapasitas mesin, harga, dan mereknya, tapi kalau sudah kesayangan berarti punya taksiran yang tidak ternilai.

Mau tahu apa saja aplikasi pelacak motor hilang terintegrasi GPS Tracker yang dapat kamu pilih? Cek tiga rekomendasinya lewat pembahasan lengkap di bawah ini:

1. GPS Tracker Super Spring

gps tracker super spring, cara melacak motor hilang
Jika kamu tertarik memasang GPS Tracker Super Spring di motor bisa tebus dengan harga awal Rp1 jutaan

Rekomendasi aplikasi pelacak motor hilang yang pertama adalah GPS tracker Super Spring. Kenapa? Dari sisi pelayanan sudah sangat lengkap, mulai dari call center 24 jam, sampai dengan memiliki 40 kantor cabang di Indonesia. Terlebih lagi, mereka telah punya pengalaman sejak 2008.

Fitur untuk melacak motor hilang di aplikasi Super Spring juga paripurna. Didukung sinyal GSM dan GPS. Kemudian dapat pula mematikan mesin dari jarak jauh.

Terkait harga untuk GPS tracker pelacak motor ini mulai Rp1,29 juta.

2. One Stop GPS

onte stop gps cara melacak motor hilang
Salah satu GPS Tracker berbayar yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan motor kamu yang hilang

Selanjutnya ada aplikasi pelacak motor hilang bernama One Stop GPS. Terkait harga cuma Rp1 juta untuk pemasangan awal. Integrasi sinyalnya adalah dengan Telkomsel Halo.

Dalam hal fitur, Tracker One Stop GPS memiliki banyak kegunaan. Mulai dari memberikan notifikasi saat motor berkendara melebihi batas kecepatan, sampai dengan mematikan mesin dari jarak jauh. Kemudian yang juga menarik, GPS ini punya baterai cadangan dengan waktu 2-3 jam.

Baca juga  10 Cara Mengkilapkan Body Motor, Bisa Coba di Rumah

3. ID Track

trik melacak motor hilang
Dengan GPS Tracker, kamu bahkan bisa mematikan mesin motor dari jarak jauh

Rekomendasi aplikasi pelacak motor hilang yang terakhir adalah ID Track. Soal harga, ini paling murah dibandingkan yang lain, mulai Rp799 ribu.

Soal fitur, tidak kalah dengan GPS Tracker Super Spring dan . Mampu mendeteksi lokasi motor dan mematikannya dari jarak jauh. Bahkan ada fitur sadap suara sekitar untuk mengetahui lebih lanjut soal identitas pencuri.

Pakai Website Pelacak

Lacak motor melalui web

Cara melacak motor hilang selanjutnya adalah dengan menggunakan berbagai website pelacak yang disediakan. Tapi website ini akan bekerja, lagi-lagi bila kamu sudah memasangkan GPS tracker di kendaran.

GPS(Global Positioning System) Tracker atau GPS Tracking, yakni sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan menggunakan bantuan penyelarasan sinyal satelit.

Semua aplikasi dan juga website akan bekerja jika sudah ada GPS yang terpasang pada kendaraan. Well, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Karena itu tak ada salahnya untuk memasang GPS untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

GPS pun sudah tersedia banyak macam dan pilihannya di pasaran. Pilihlah mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. Akan lebih baik untuk mengeluarkan budget sedikit untuk memasang GPS demi untuk tindakan preventive sebelum penyesalan terjadi. Memang tidak ada orang yang ingin kehilangan benda berharga termasuk kendaraan bermotor yang digunakan sehari-hari. Namun, memang tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Setelah tersambung akan sangat mudah untuk melacak keberadaan kendaraan yang hilang. Website akan membantu memberikan informasi terkait lokasi kendaraan dan bisa juga mematikan mesin. Pencuri akan kebingungan saat motor tiba-tiba mati dan tidak bisa dikendarai.

Polrespayakumbuh.org

trik melacak motor hilang
Polisi di Sumatera Barat telah melakukan inovasi dengan membuat website untuk pelacakan motor hilang

Walau demikian, saat ini pihak kepolisian juga mulai mengembangkan website yang dapat melacak motor hilang. Salah satunya Polres Payakumbuh, Sumatera Barat. Lewat laman polrespayakumbuh.org, mereka memampang data-data motor hilang di wilayah tersebut.

Cara melacak motor hilang melalui website ini tidak sulit. Kamu cukup memasukkan data kendaraan di kolom cari. Misal nomor polisi, nomor rangka, nomor mesin, dan lain-lain. Kemudian kalau ternyata motor kamu masuk di daftar tersebut, maka bisa hubungi 110 atau WhatsApp ke 081261111213.

Pengembalian kendaraan dijamin gratis. Kamu cukup membawa surat-surat kendaraan atau surat keterangan dari leasing, bila motor masih dicicil.

Semoga cara melacak motor hilang secara gratis melalui website seperti ini bisa dikembangkan lebih luas lagi. Jadi, tidak hanya di wilayah Payakumbuh, tapi seluruh penjuru Indonesia.

Baca juga  7 Merk Semir Ban Terbaik dan Tanah Lama

Lakukan Tindakan Pencegahan Motor Hilang Akan Lebih Baik

Gembok motor anti maling
Selain pakai aplikasi pelacak motor hilang, kamu juga perlu memasang kunci ganda untuk pencegahan

Meski sudah pakai GPS tracker yang memudahkan cara melacak motor hilang, bakal lebih bagus lagi kalau kamu bisa mencegah kehilangan. Caranya tidak sulit kok. Kamu hanya perlu waspada saat ada gerak-gerik yang mulai mencurigakan.

Perketat juga pengamanan terhadap kendaraan kesayangan. Caranya bisa dengan memasang kunci ganda dan alarm. Kamu bisa memasang kedua fitur tersebut secara mandiri dengan membeli produk aftermarket.

Khusus kunci ganda atau gembok, pilihanya banyak. Ada yang dipakai di tuas rem, cakram, rantai, pelek, dan lain-lain. Harganya juga bervariasi. Bahkan ada gembok yang terintegrasi alarm.

Beli Motor dengan Sistem Keamanan Mumpuni untuk Menghindari Kehilangan

Fitur keyless anti maling
Fitur keyless di motor tentu bisa mencegah maling untuk membobol kendaraan kamu

Salah satu trik yang dapat mencegah kehilangan motor adalah beli kuda besi dengan sistem keamanan lengkap. Beberapa motor keluaran terbaru, bahkan sudah dilengkapi dengan keyless yang terintegrasi dengan alarm. Sebut saja Honda PCX 150 dan Vario 150 .

Lalu untuk kendaraan yang sudah pakai keyless, tanpa alarm ada Yamaha Nmax, Suzuki GSX-R150, Yamaha Lexi, Kawasaki Ninja 250, dan lain-lain. Sebenarnya keyless sudah cukup mencegah maling, lantaran terintegrasi immobilizer.

Fitur immobilizer memastikan hanya kunci atau remote bawaan pabrik yang dapat digunakan untuk mengaktifkan mesin. Selain kunci tersebut, tidak bisa mengaktifkan mesin sama sekali.

Immobilizer juga dapat kamu temui di produk-produk keluaran Vespa. Semuanya sudah pakai immobilizer, walau tanpa keyles. Mulai dari Vespa LX 125, S 125, Primavera, Sprint, dan GTS. Motor sport terbaru yang fenomenal dari Kawasaki yaitu ZX-25R pun pakai immobilizer.

Bagaiamana, sekarang kamu sudah tahu trik melacak motor hilang dan mencegah kehilangan bukan? Intinya meski kejadian terburuk menimpa kamu, usahakan untuk selalu tenang dan jangan panik jika sampai mengalami kehilangan kendaraan.

Dengan melakukan semua usaha tersebut dengan maksimal, motor yang hilang kemungkinan akan bisa ditemukan. Lakukan semua prosedurnya dan jangan malas untuk menanyakan prosesnya pada pihak kepolisian terkait proses kasus kehilangan kamu.

Itu tadi adalah sedikit informasi yang bisa dihadirkan oleh Moladin untukmu. Jangan lupa untuk selalu menantikan berbagai informasi seputar kendaraan kesayanganmu di sini ya. Ingat motor, ingat Moladin.

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru