Apa yang Harus Dilakukan Saat Surat Tilang Hilang? Simak!

Moladin – Kalau kita melakukan pelanggaran lalu lintas, kemungkinan besar bisa mendapatkan tilang, Polisi akan memberikan surat tilang baik yang memiliki warna merah atau biru. Keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama yaitu untuk penyelesaian perkara dan digunakan untuk mengambil barang bukti yang disita.

Kalau sampai surat tilang yang diberikan hilang padahal proses sidang dan transfer  denda sudah dilakukan, apa yang harus dilakukan? Apakah harus mengurus langsung ke kepolisian atau melakukan cara lain agar barang bukti yang disita bisa segera dikembalikan?

 

Mengenal Jenis Surat Tilang

Surat Tilang Merah Dan BiruUmumnya pelanggar diberikan slip merah dan slip biru

Saat ini Indonesia memiliki lima jenis surat tilang yang dibedakan berdasarkan warnanya, yang sering digunakan oleh polisi hanya dua jenis. Pertama adalah warna merah dan warna biru. Pelanggar boleh meminta surat tilang merah atau biru sesuai dengan keinginannya.

Terkadang ada yang merasa tidak bersalah dan menganggap polisi sedang melakukan kesalahan. Jadi, dia memilih untuk tidak mengakui semua dakwaan yang diberikan oleh polisi saat razia terjadi. Namun, tidak sedikit yang menganggap polisi sudah melakukan hal benar dan menerima dakwaan itu.

Kalau pelanggar merasa sudah melanggar aturan, mereka akan meminta yang berwarna biru. Surat biru ini adalah surat yang diberikan kepada pelanggar yang tidak menentang dakwaan yang diberikan. Mereka bisa langsung melakukan proses penyelesaian tilang dengan melakukan transfer denda ke Bank BRI dengan membawa bukti pembayaran yang bakal digunakan untuk mengambil barang bukti.

Surat yang berwarna merah diberikan pada mereka yang menolak dakwaan. Umumnya tidak akan ada denda, tapi langsung melalui sidang yang jadwalnya ditentukan oleh pihak kepolisian, umumnya dalam 5-10 hari. Kalau dalam persidangan pelanggar terbukti bersalah, mereka akan dikenakan denda sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Yamaha FreeGo

*DP mulai dari

 

Kalau Surat Tilang Hilang

Kalau surat tilang hilang, beberapa hal di bawah ini harus dilakukan agar barang yang disita seperti surat kendaraan bisa segera didapatkan kembali.

1. Mengurus Surat Kehilangan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengurus surat kehilangan dari adalah dengan mendatangi kantor polisi terdekat. Berikan salinan surat yang hilang atau tunjukkan foto yang dilakukan setelah mendapatkan surat tilang.

Selanjutnya kantor polisi setempat akan memberikan surat keterangan kehilangan surat tilang. Surat ini bisa digunakan untuk kepengurusan termasuk untuk mengurus pengembalian barang bukti. Tentu dengan lampiran bukti pembayaran denda atau putusan pengadilan.

2. Mendatangi Kantor Kepolisian Lalu Lintas

Kalau Anda tidak memiliki salinannya, yang bisa dilakukan adalah mendatangi kantor Kepolisian Lalu Lintas. Setiap surat tilang pasti ada tanggal dan tkp. Anda disarankan untuk meminta salinannya untuk mengurus proses tilang hingga selesai.

Alternatif kedua ini kadang bisa berjalan dengan lancar dan kadang tidak. Jadi, daripada terjadi kerumitan perkara, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips mencegah surat tilang hilang di poin selanjutnya.

 

Tips Mencegahnya

Surat Tilang BiruBiasakan untuk membuat salinannya

Proses pengurusan kehilangan memang memakan waktu dan juga tenaga. Agar Moladiners tidak sampai mengalami hal ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

1. Selalu Membuat Salinan

Selalu buat salinan dari surat yang Anda terima. Bisa langsung difotokopi atau dipindai lalu cetak dengan warna yang sama. Cara ini dilakukan untuk menjadi bukti kalau memang surat tilang hilang dan tidak ada kecurangan.

Berkas kopian ini bisa digunakan untuk mengurus surat kehilangan tilang di kantor polisi. Coba bayangkan apa yang akan terjadi kalau tidak ada salahnya, Anda tentu akan kesulitan dalam mengurus kehilangan.

2. Mendokumentasikan dalam Foto

Selain dengan melakukan kopi sebanyak beberapa kali, Anda juga bisa membuat foto surat tilang dan pindai digital. Simpan bukti ini kalau sewaktu-waktu ada kesalahan dan surat hilang.

Foto ini juga bisa dicetak lagi untuk dijadikan syarat mengurus surat kehilangan. Begitu mendapatkan surat tilang baik yang memiliki warna merah atau biru, segera dokumentasikan agar bisa digunakan di kemudian hari.

 

Honda PCX 150 All New

*Angsuran mulai dari

 

3. Segera Menyelesaikan Masalah Tilang

Segera selesaikan masalah tilang saat itu juga. Jangan menunda hingga sempat karena bisa saja lupa dan suratnya hilang. Selain itu surat ini juga memiliki masa berlaku. Sebelum permasalahan tilang itu jadi rumit, ada baiknya untuk segera ditangani.

4. Menyimpannya di Tempat yang Aman

Selalu simpan di tempat yang aman. Jangan sembarangan menaruhnya di meja atau mungkin di tas. Coba taruh di lemari dan masuk ke folder aneka berkas. Kalau suatu saat dibutuhkan, Anda bisa segera mengambilnya.

Demikianlah ulasan tentang surat tilang yang hilang cara mengurusnya agar barang bukti yang disita bisa segera didapatkan. Semoga ulasan di atas bisa Moladiners gunakan sebagai rujukan sebelum mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kendaraan. Mari lebih taati aturan berkendara agar aman dari tilang saat razia.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *