by

5 Penyebab Knalpot Nembak di Motor dan Cara Mengatasinya

Sebagai pemilik motor, kamu mungkin tidak tahu penyebab knalpot nembak. Alhasil lebih memilih membiarkannya. Toh dalam kasus ini, biasanya motor masih bisa berjalan seperti biasa.

Walau begitu, jangan sampai disepelekan. Pasalnya knalpot nembak, bisa jadi tanda bahwa ada yang tidak beres di motor kesayangan.

Jika sampai dibiarkan, bukan tidak mungkin semakin banyak komponen di mesin motor yang bermasalah. Efeknya tentu bakal merepotkan di kemudian hari.

Di samping harus melakukan perbaikan skala besar. Uang yang dikeluarkan di bengkel, juga tentunya semakin banyak. Tentu kamu tidak mau mengalaminya kan?

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka harus peka dengan perubahan suara di knalpot motor kamu. Jika memang bermasalah, segeralah lakukan perbaikan mandiri atau dengan bantuan bengkel terpercaya.

Supaya memudahkan kamu dalam melakukan perbaikan, berikut kami paparkan 5 penyebab knalpot nembak:

1. Ganti Knalpot Racing

penyebab knalpot nembak
Penggunaan knalpot racing harus disertai pengaturan asupan BBM dan udara yang tepat supaya tidak timbul suara nembak

Penyebab knalpot nembak yang pertama, motor kamu habis ganti knalpot standar dengan versi racing. Kalau tidak diiringi pengaturan asupan udara dan bensin, maka berpotensi akan keluar suara nembak dari selongsong pembuangan.

Hal ini dikarenakan knalpot racing memiliki proses pelepasan gas buang yang lebih lancar. Bila ingin seimbang, asupan bensin di ruang bakar juga perlu ditingkatkan.

Baca juga  12 Merek Ban Motor Terbaik, Anti Licin Buat Harian

Kalau tidak diatur seperti itu, maka knalpot bakal nembak. Efek lain, motor bisa mati tiba-tiba. Oleh karenanya, jangan sampai ganti knalpot tanpa melakukan pengaturan udara dan bensin di karburator atau ECU motor.

2. Busi Motor Mulai Lemah

penyebab knalpot nembak
Kalau busi rusak atau kotor, bisa jadi penyebab knalpot motor nembak

Berikutnya yang jadi penyebab knalpot nembak adalah busi motor bermasalah. Fungsi busi merupakan memantik api dalam proses pembakaran di dalam mesin.

Kalau busi kotor atau berkerak, tentu membuat kerjanya tidak optimal. Alhasil tidak mampu memantik api dengang semestinya.

“Jika busi yang seharusnya memantik api ini tak berfungsi maksimal, ia dapat menimbulkan berbagai macam maslaah. Salah satunya bunyi ledakan yang muncul pada knalpot,” seperti dikutip dari laman resmi astramotor.co.id.

Supaya terhindar dari hal tersebut, kamu bisa membersihkan busi motor secara berkala. Bila memang sudah dibersihkan, tapi suara knalpot tetap nembak, bisa jadi tanda elektroda busi aus. Solusi termudah, ganti busi lama dengan yang baru.

3. Knalpot Bocor

tambal knalpot bocor
Kalau knalpot bocor, segeralah tambal supaya tidak nembak-nembak

Bocornya knalpot motor bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, tapi paling umum karena karat. Kondisi seperti ini sering terjadi di motor tua atau tahun lama.

Baca juga  Merawat Motor Lebih Mudah Bersama Moladin

Knalpot bocor juga tidak boleh dibiarkan, karena ini jadi penyebab suara knalpot nembak di motor. Bila terus diabaikan, bahkan kuda besi jadi lebih parah lagi.

Sebut saja motor mudah panas, karena sirkulasi pendinginan tidak stabil. Lalu konsumsi BBM semakin boros. Hingga pembakaran tidak maksimal, sehingga membuat motor seperti hilang tenaga.

Jadi kalau terdengar suara knalpot nembak dan berisik, ada baiknya cek segera bagian selongsong pembuangan ini. Bila ternyata ada bocor, segera tambal knalpot atau ganti baru.

4. Campuran Udara dan Bensin Tidak Tepat Jadi Penyebab Knalpot Nembak

penyebab knalpot nembak
Karburator motor berguna menggabungkan BBM dan udara untuk diubah menjadi gas atau kabut bensin agar  mempermudah proses pembakaran

Penyebab knalpot nembak berikutnya, campuran udara dan bensin di ruang bakar tidak tepat. Bisa karena asupan udara terlalu sedikit atau terlalu banyak. Suplai bensin yang terlalu banyak atau sedikit juga bisa jadi pemicu.

Oleh karenanya, usahakan melakukan pengaturan ini secara tepat. Pada motor karburator, kalau kamu tidak bisa setting sendiri, bisa minta bantuan bengkel terpercaya. Sementara untuk motor injeksi, harus pakai komputer, lantaran lewat ECU.

Baca juga  Ketahui Bahaya Merokok Sambil Berkendara

Selain jadi penyebab knalpot nembak, campuran udara dan besin yang tidak pas juga menimbulkan masalah lain. Misal bensin terlalu banyak, dapat membuat motor terasa boros. Di sisi lain, bensin yang terlalu sedikit, menyebabkan motor mudah mati.

5. Injektor Rusak atau Kaburator Minta Ganti

motor mati saat di gas
Segera ganti karburator dan injektor yang rusak

Asupan bensin dan udara yang kurang pas, bisa disebabkan pula oleh kondisi karburator atau injektor. Bila sudah tidak baik, tentu bakal mempengaruhi campuran keduanya saat di ruang bakar. Hal ini jadi penyebab knalpot nembak di motor.

Kemungkinan injektor atau karburator rusak, bisa bermacam-macam. Paling sering karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan dan kotor. Bukan tidak mungkin pula, lantaran usia yang memang sudah terlalu lama, sehingga menyebabkan keausan komponen.

Itulah tadi penyebab knalpot nembak di motor. Jika kamu mengalami hal serupa, segeralah tangani. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi persoalan lebih banyak di kemudian hari.

Untuk mengetahui informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru