by

Moladin Bagi Tips Mudik Aman & Nyaman Khusus Pengendara Motor

-Tips & Trik-819 views

Menghitung hari menuju Hari Raya Idul Fitri, pastinya kalian udah ngerasain atmosfer yang sedikit berbeda bukan? Seolah-olah rasa rindu akan kampung halaman semakin menggebu. Ritual pulang kampung alias mudik yang selalu menjadi acara tahunan yang dirayakan masyarakat dengan beragam moda transportasi. Salah satunyamudik pakai motor.

Layaknya dalam hal apapun, persiapan yang matang akan memudahkan kita sampai ke tujuan. Jika kalian termasuk salah satu dari orang-orang yang mudik menggunakan motor, alangkah baiknya kalian memperhatikan kondisi mesin, seluruh bagian motor, kesehatan pengendara, hingga mempersiapkan logistik sebelum memulai perjalanan mudik menuju kampung halaman.

[product product=”Yamaha Jupiter Z1″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Jupiter_Z1_2064_66859_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-jupiter-z1-bebek-air-cooled-4-stroke-sohc-115cc?utm_source=yamaha_jupiter_z1&utm_medium=blog_mudik-pakai-motor_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_jupiter_z1″ price=”Rp. 800.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Kali ini Jinny akan berbagi tips mudik aman dan nyaman menggunakan motor agar lancar dalam perjalanan dan selamat sehingga dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan sukacita bersama keluarga dan kerabat tercinta . Mari simak tips mudik pakai motor aman dan nyaman dari Jinny berikut ini:

7 Tips Mudik Aman & Nyaman

1. Perencanaan Matang Agar Mudik Aman dan Nyaman

Tips agar Mudik Aman dan Nyaman
Tips Mudik Aman dan Nyaman

Sebelum kalian melakukan perjalanan jarak jauh, alangkah baiknya kalian mempersiapkan perjalanan mudik kalian dengan memperkirakan jarak dan waktu tempuh, hal ini dapat mempengaruhi rute yang akan kalian lewati aman dari halangan apapun. Pastikan juga telah mempersiapkan rute atau jalan alternatif lain apabila rute yang biasa kalian lewati mendapati halangan atau kemacetan yang tinggi.

Baca juga  Honda ADV 150 Punya Kembaran, Namanya Honda BeAT ADVenture

Penting juga untuk memilih waktu yang ideal untuk memulai perjalanan supaya bisa menghindari kemacetan. Malam adalah waktu ideal untuk memulai perjalanan, selain dapat terhindar dari sengatan matahari, kalian bisa mengejar waktu lebih cepat. Pasalnya, kalian akan lebih lama membutuhkan istirahat dibanding berkendara pada siang hari. Siapkan juga kunci-kunci standar untuk membongkar motor seperti halnya obeng, kunci busi maupun kunci inggris. Perlengkapan ini akan sangat berguna apabila motor kalian “ngambek” di jalan dengan situasi yang jarang terdapat bengkel.

2. Cek Kondisi Motor

Cek Kondisi Motor Sebelum Mudik agar aman dan nyaman
Cek Kondisi Motor Sebelum Mudik

Sebelum memaksa sang kuda besi bekerja keras menempuh perjalanan yang panjang dan jauh, melakukan pengecekan kondisi motor dapat menunjang keselamatan dan kelancaran dalam melakukan perjalanan mudik. Dalam hal ini, kalian bisa melakukan servis ringan dan ganti oli di bengkel motor terdekat pilihan kalian seperti yang udah Jinny jelasin pada artikel Tips Pilih Bengkel Sebelum Mudik kemarin. Pastikan sang mekanik memeriksa kondisi ban, rantai, kanvas rem dan kelengkapan instrumen motor sebelum digunakan mudik.

3. Packing Aman

Motor Dilengkapi Box Untuk Menyimpan Barang agar mudik aman dan nyaman
Motor Dilengkapi Box Untuk Menyimpan Barang

Semua persiapan motor sudah beres.  Tentu logistik sangat berguna sekali dalam perjalanan bahkan nanti setelah tiba di tujuan, maka dari itu kalian juga harus mempersiapkan logistik biar aman diperjalanan. Tapi jangan sampai motor kalian terlalu banyak membawa muatan, sebab hal tersebut dapat membahayakan kalian sendiri karena dapat menyebabkan motor tidak stabil. Jangan membawa barang-barang yang kurang perlu, sebisa mungkin pisahkan barang-barang yang berharga k edalam tas yang bisa kalian bawa kemana-mana. Hal ini bertujuan agar barang-barang berharga kalian selalu dalam pengawasan meskipun saat sedang istirahat.

Baca juga  Merawat Motor Lebih Mudah Bersama Moladin

[product product=”Yamaha Mio M3″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Mio_M3_2068_66732_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-mio-m3-matic-air-cooled-4-stroke-sohc-125cc?utm_source=yamaha_mio_m3&utm_medium=blog_mudik-pakai-motor_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_mio_m3″ price=”Rp. 400.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Cara lainnya yang lebih aman untuk membawa logistik kalian, yaitu memasang boks tambahan. Kalian dapat menggunakan boks sesuai kapasitas yang diperlukan, tersedia berbagai merk box motor dengan pilihan harga dan model. Untuk membawa barang-barang yang jumlahnya lumayan banyak, Jinny rekomendasikan kalian agar pakai boks, selain lebih aman, motor juga lebih seimbang saat melaju.

4. Siapkan Safety Gear

Perlengkapan Berkendara Agar tercipta Mudik Aman dan nyaman
Perlengkapan Berkendara Agar Mudik Makin Aman

Jangan lupa untuk memakai peralatan standar keamanan berkendara alias Safety Gear yang terutama adalah helm, namun pastikan helm dengan standar SNI. Penggunaan helm full face sangat dianjurkan, selain lebih aman, helm jenis ini dapat melindungi mata dari debu dan angin. Terdapat perlengkapan pendukung yang lain seperti jaket, celana jeans dan sepatu juga dapat memberikan perlindungan ekstra buat kalian. Beberapa perlengkapan tersebut juga mampu melindungi kalian dari cuaca panas dan udara dingin dimalam hari. Siapkan selalu mantel atau jas hujan untuk mengantisipasi apabila terjadi hujan saat dalam perjalanan. Referensi jas hujan yang bagus sudah Jinny kasih tau sebelumnya pada artikel Pilih Jas Hujan Tak Boleh Asal.

5. Safety Riding, Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Mudik Pakai Motor

Berkendara Aman Saat Perjalanan agar Mudik Aman dan nyaman
Berkendara Aman Saat Perjalanan Mudik

Tips mudik pakai motor yang terakhir adalah hal yang terpenting menurut versi Jinny. Yup, safety riding alias berkendara dengan aman. Hal ini tidak berimbas untuk diri kalian sendiri, namun juga sesama pengguna jalan yang lain. Safety riding banyak caranya, seperti mematuhi rambu lalu lintas dan menjaga sikap berkendara yang benar. Selain itu, istirahat tiap 2 jam saat berkendara merupakan hal yang penting sekali. Tubuh akan rileks sejenak, terutama mata yang akan terasa segar kembali setelah berkonsentrasi penuh ke jalan raya. Jangan memaksakan kondisi tubuh yang sudah drop untuk melanjutkan perjalanan.

Baca juga  Tangkai Pengungkit Standar Tengah Motor Matic Bengkok? Ini Penyebab Sekaligus Solusinya

[product product=”Yamaha Fino 125″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Fino_125_2070_76316_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-fino-125-matic-air-cooled-4-stroke-sohc-125cc?utm_source=yamaha_fino_125&utm_medium=blog_mudik-pakai-motor_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_fino_125″ price=”Rp. 500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Gimana kawan-kawan? Jadi sudah pada ngerti kan apa saja yang harus diperhatikan saat akan mudik pakai motor tetap aman dan nyaman. Nah, buat kawan-kawan yang akan melakukan perjalanan mudik, semoga selamat di jalan dan sampai di tujuan dengan aman. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan diri sendiri sebagai kebutuhan. Sampai jumpa lagi dengan Jinny lain hari.

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Terbaru