Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Harga Nissan Z GT4, Tembus 3,5 Miliar!

by Firdaus Ali
Nissan Z GT4

Setelah diperkenalkan secara global pada September 2022 lalu, kini harga Nissan Z GT4 resmi diumumkan yaitu 33,2 juta Yen  atau sekitar Rp 3,5 miliar.

Kenapa mahal? Pasalnya mobil sport ini sangat istimewa dengan basis All New Nissan Z. Dikerjakan bareng oleh Nissan Motor Co., Ltd, Nissan Motorsport & Customizing Co., Ltd, dan NISMO Engineering serta basisnya dari All New Nissan Z.

Kehadiran Nissan Z GT4 tidak lain adalah untuk mengikuti ajang balap mobil. Alhasil secara tampilan juga terlihat layaknya mobil balap. Walau demikian, siluet bodi Nissan Z versi produksi termasuk fitur-fitur eksteriornya tetap dipertahankan. 

Beberapa ubahan pada bagian eksteriornya adalah bumper yang dilengkapi splitter dan canard, serta kap mesin berventilasi. Sisi samping pelek dan ban lebih lebar, dan terlihat ringan yang akan mempengaruhi performa mobil saat manuver. Begitu juga di belakang, spoiler besar membuat mobil tetap menapak di trek saat kecepatan tinggi. Ada pula penyempurnaan pada Nissan Z GT4, seperti aerodinamika, sasis, dan suspensi.

Baca juga  Acura NSX Type S, Edisi Perpisahan yang Beringas!

Kombinasi warna juga menarik, mengusung tema matahari terbit yang membuat aura gagah dan sporty dari mobil ini semakin terpancar. Kemuaidn, tema warna tersebut juga dikombinasikan dengan dsain livery khas tahun 1970 an serta disematkan nomor 23 yang legendaris.

Kemudian pada bagian interiornya, meski tidak begitu terlihat jelas, namun dikabarkan Nissan Z GT4 sudah mendapatkan roll cage, jok balap, dan harness. Ya, semua ini sesuai dengan spesifikasi  mobil balap.

“Bagi Nissan, motorsport adalah ekspresi semangat dan keahlian kami yang tiada duanya. Kami percaya diri Nissan Z yang disiapkan untuk balap di kategori GT4 ini siap untuk melanjutkan kiprah balap yang telah berjalan lebih dari 50 tahun” ungkap Ashwani Gupta, Chief Operating Officer Nissan, seperti dikutip dari laman Nissan Global (29/9/2022).

Tertarik punya? Sabar, karena Nissan Z GT4 akan mulai dijual pada awal tahun 2024 untuk pasar Jepang dan Amerika. Namun begitu, pemesanan sudah bisa dilakukan mulai pertengahan tahun 2023.

moladin tampil baru blog banner

Spesifikasi Nissan Z GT4

Nissan Z GT4
Mesin Nissan Z GT4
Baca juga  3 Mobil Sport Mewah di Panggung BIMS 2021

Selanjutnya, Nissan dan NISMO bersiap untuk turun balap dengan Nissan Z GT4 pada 2023 mendatang. Menariknya, mobil sport ini juga telah menjalani uji lintasan dan sebagai kendaraan yang berpartisipasi dalam Fuji 24 Hour Race pada bulan Juni lalu, Super Takiyu Series tambahan di Motegi serta pengujian lainnya.

Nissan Z GT4 mempunyai dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1.870 mm dan berat 1.410 kilogram. Jika dilihat dari angkanya dimensi dan bobotnya memang diatur ideal untuk mendukung performa mesinnya.

Sementara itu untuk performanya, Nissan Z GT4 menggunakan mesin V6 twin-turbo VR30DDTT yang telah diperbaharui untuk mendapatkan tenaga dan torsi yang optimal. Hasilnya, di atas kertas bisa memuntahkan tenaga lebih dari 400 hp dan torsi 475 Nm. Selanjutnya, mesin berkapasitas 2.997 cc itu dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 9-percepatan.

Oh ya, untuk mendukung performa, akselerasi dan estetika tampilannya, Nissan Z GT4 menyematkan velg dengan ukuran 18 x 10.15 untuk bagian depan dan 18 x 11 untuk velg bagian belakang.

Baca juga  Honda Civic Type R Facelift 2021 Meluncur, Apa Bedanya?

Nissan Z GT4 merupakan kelas kategori berbasis mobil produksi yang dimodifikasi dan dihomologasi untuk keperluan balap. Cocok untuk orang kaya yang hobi berkendara di lintasan atau buat para kolektor.

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi dan  harga Nissan Z GT4. Apakah nantinya konsumen Indonesia bakal kebagian unit? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika