Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Rekomendasi Oli Mobil Terbaik untuk Mesin Mobil Kamu

by Deni Ferlindungan
code oli mobil

Pemilihan oli mobil terbaik tentunya sangat menentukan kinerja mesin kendaraan kamu. Hal ini menjadi salah satu bagian penting dalam merawat mesin.

Tujuannya tentu tak lepas untuk menjaga performa mesin tetap dalam kondisi terbaik. Selain itu, dengan menggunakan oli  yang tepat, mesin mobil pastinya jadi lebih awet.

Oleh karenanya, penggunaan oli mesin sendiri tak boleh sembarangan. Supaya hasil yang didapat maksimal, kamu perlu menggunakan oli mobil terbaik untuk kendaraan.

Pertanyaannya, apa saja merek oli mobil terbaik yang bisa jadi rekomendasi tepat untuk kendaraanmu? Berikut bahasan lengkapnya. 

Jenis-Jenis Oli Mobil

rekomendasi oli mobil terbaik

Oli mesin memiliki dua jenis: sintetik dan mineral

Rekomendasi oli mobil terbaik bisa dilihat dari jenisnya. Umumnya terdapat dua oli berdasarkan materialnya yaitu sintetik dan mineral. Sebenarnya keduanya sama-sama terbuat dari minyak bumi, tapi bedanya untuk oli sintetik, minyak bumi tersebut diolah lagi.

Oli Sintetik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rekomendasi oli mobil terbaik dilihat jenisnya. Pembahasan pertama adalah oli sintetik yang paling pas untuk mesin modern. Hal tersebut, karena oli sintetik punya tingkat SAE rendah atau kekentalan yang cukup encer.

Kelebihan oli sintetik adalah memiliki banyak kandungan baik untuk mesin mobil. Ini dikarenakan, sintetik berarti sudah melewati berbagai proses pengolahan serta mendapat berbagai macam campuran. Alhasil ada tambahan seperti metal protection, detergent, dan lain-lain.

Oli Mineral

Apakah oli mineral lebih buruk dibanding oli sintetik? Jawabannya tidak. Ada beberapa kelebihan oli mineral seperti punya tingkat kekentalan yang baik, sehingga pas untuk mesin-mesin mobil lawas atau model lama. Kemudian harga oli mineral umumnya relatif lebih murah, sehingga tidak bikin kantong jebol.

Tips Ganti Oli Mobil Terbaik, Berapa Km?

jenis oli mobil terbaik

Lakukan pergantian oli secara rutin, agar kinerja mesin tetap dalam kondisi terbaik

Periode penggantian oli mobil cukup beragam, meski terkadang sama-sama mengendarai merek dan jenis mobil tertentu. Setiap mobil bisa memiliki waktu penggantian oli mesin yang berbeda-beda.

Ada sejumlah hal yang mempengaruhi jangka waktu penggantian oli, seperti situasi lalu lintas yang dihadapi mobil. Jadi tak selamanya meski memiliki merek sama, namun periode ganti oli bisa saja berbeda.

Sebagai contoh mobil yang sehari-harinya menempuh jalur tol dengan kecepatan konstan bisa mengganti oli lebih lama dibandingkan dengan mobil yang menghadapi situasi lalu lintas macet.

Jika mobil digunakan setiap hari dan selalu terkena macet, maka kualitas oli menjadi kurang bagus. Sebab dalam situasi macet, mesin dan oli tetap bekerja, sehingga oli harus diganti lebih awal untuk menjaga kualitas pelumas serta sektor jantung pacu.

Lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti buku petunjuk atau buku manual yang diberikan ketika membeli mobil. Biasanya mobil melakukan penggantian oli setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali.

Namun aturan itu tidak berlaku bagi semua mobil, karena setiap pengendara menggunakan dan merawat kendaraannya tentunya berbeda-beda. Khususnya untuk mobil yang menggunakan oli dengan kandungan campuran mineral lebih, sebaiknya mengganti oli setiap 5.000 km. Bila menggunakan oli dengan kandungan full sintetik, tidak masalah jika menggantinya setiap 10.000 kilometer.

Sebab, oli mesin yang terlambat diganti dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil dan menurunkan performa mesin kendaraan. Tentu kamu tidak mau hal itu sampai terjadi bukan?

Oli dengan kandungan aditif yang tepat untuk masing-masing kendaraan akan lebih menjaga performa setiap komponen mesin. Oleh karena itu, mobil yang digunakan dalam kondisi berkendara statis dengan kecepatan konstan, tidak masalah jika baru ganti oli setiap 10.000 km.

Baca juga  Lampu Indikator Oli di Mobil Menyala, Lakukan 5 Hal Ini!

Sedangkan untuk mobil yang sehari-harinya menghadapi situasi lalu lintas macet. Sebaiknya setiap 5.000 km sudah ganti oli atau setidaknya mengecek kondisi oli serta memerhatikan performa mesin.

Ketika dirasa tarikan mesin sudah agak berat, atau getaran mesin terasa lebih kasar, tidak ada salahnya kamu memeriksa kondisi oli mesin.

Pilihan Oli Mesin Mobil Terbaik yang Ada di Pasaran

Lalu apa saja sebenarnya rekomendasi oli mobil terbaik yang bisa kamu gunakan? Di pasaran tersedia berbagai macam merek yang sudah terpercaya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Oli Mobil Pertamina

Pertamina Fastron Techno

Pertamina Fastron Techno masuk dalam jajaran oli mobil terbaik

Bicara mengenai oli mobil terbaik, kamu bisa menggunakan produk dalam negeri yang ternyata punya kualitas yang tak kalah bagus. Di mana oli mobil Pertamina bisa jadi pilihan.

Setidaknya ada dua rekomendasi oli mobil Pertamina yang bisa kamu gunakan, seperti Fastron Techno dan Fastron Gold.

Fastron Techno 10W-40 merupakan pelumas semi-sintesis yang punya kualitas mumpuni. Pelumas ini dilengkapi dengan teknologi NANO GUARD yang mampu melapisi setiap sudut mesin dengan optimal saat mesin pertama kali dinyalakan.

Sementara untuk Fastron Gold, punya kualitas yang lebih baik dibandingkan produk kompetitor yang ada di Indonesia. Fastron Gold 5W-30 diklaim memiliki daya tahan yang mumpuni untuk menghadapi segala kondisi cuaca di Tanah Air.

Pihak pabrikan mengklaim, daya tahan pelumas mumpuni hingga 10.000 kilometer. Selain itu, Fastron Gold juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

2. Oli Mobil Shell

oli mobil shell

Oli mobil Shell termasuk pelumas terbaik di Tanah Air

Selanjutnya pilihan oli mobil terbaik, kurang pas rasanya jika tidak membahas oli mobil Shell. Ada beberapa alasan yang membuat Shell kerap direkomendasikan.

Shell memiliki formula terkini yang membuatnya mampu bekerja dengan maksimal untuk melindungi mesin kendaraan kamu. Oli mobil Shell juga punya titik penguapan yang rendah saat berada dalam kondisi suhu panas ekstrem.

Efeknya, hal tersebut akan membuat kamu tidak perlu sering menambahkan oli, karena oli yang berkurang. Dampaknya tentu membuat kamu lebih hemat dalam hal perawatan kendaraan.

Rekomendasi oli mobil terbaik Shell mungkin kamu bisa menggunakan Shell Helix Ultra 5W-40 yang udah disempurnakan dengan teknologi Shell PurePlus.

Teknologi tersebut dapat membantu menjaga seluruh komponen mesin tetap bersih.

Apabila kocek yang kamu nggak mencukupi untuk Shell Helix Ultra, kamu bisa menggunakan Shell Helix HX3 dengan tingkat kekentalan 20W-50 yang punya banderol lebih murah.

3. Oli Mobil1

Mobil1 merupakan oli mobil terbaik yang bisa jadi pilihan masyarakat

Mobil1 merupakan oli mobil terbaik yang bisa jadi pilihan masyarakat

Pelumas produksi PT Exxon Mobil itu termasuk ke dalam oli mobil terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan pelumas mesin kendaraan.

Oli mobil1 biasanya digunakan khusus untuk mobil-mobil yang menggunakan pelumas semi sintetik. Salah satu produk yang cukup banyak digunakan masyarakat adalah Mobil1 5W-30 berkapasitas 4 liter.

Menariknya, oli tersebut dapat digunakan pada mesin bensin dan diesel. Keunggulan dari oli mesin mobil ini adalah perlindungan mesin yang maksimal dari risiko keausan, panas, hingga dari kinerja mesin yang cukup berat.

Mobil1 5W-30 juga dapat membersihkan mesin mobil secara menyeluruh sehingga peforma tetap terjaga.

Baca juga  Pakai Piggyback Mobil, Performa Mesin Meningkat?

4. TOP 1, Bisa Jadi Pilihan Oli Mobil Terbaik

Top 1 Zenzation

Pelumas Top 1 Zenzation

TOP 1 masuk dalam pilihan oli mobil terbaik yang bisa kamu gunakan. Sejak dahulu nama TOP 1 sudah dikenal orang Indonesia sebagai produsen oli berkualitas, baik untuk produk oli motor ataupun oli mobil.

Khusus untuk mobil, rekomendasi oli yang bisa digunakan adalah TOP 1 Zenzation yang diformulasikan dengan kandungan sintetik 30% lebih tinggi dibandingkan oli mobil lainnya.

Kelebihan tersebut membuat usia pakai TOP 1 Zenzation lebih lama dibandingkan pelumas biasa. Terbukti pada pengujian bersama Autobild Indonesia, oli TOP 1 Zenzation tetap stabil digunakan hingga 15.000 km.

TOP 1 Zenzation dilengkapi dengan Ester Fortified, yaitu aditif yang dirancang untuk menjaga mobil melaju dengan halus dan memberikan respons sempurna, sejak awal mesin dihidupkan.

Teknologi lain yang juga tersedia adalah Max TBN, yakni teknologi anti korosi yang lebih tinggi dan mampu memberikan perlindungan maksimum terhadap karat.

Selain itu, TOP 1 Zenzation telah memenuhi Exceed Euro 6 Standard, membuat mobil memiliki emisi gas buang lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan, sekaligus menghasilkan daya dan tenaga yang lebih optimal.

5. Pelumas Castrol

Castrol Magnatec

Castrol Magnatec, pelumas dengan harga terjangkau

Berlanjut membahas mengenai oli mobil terbaik, kamu mungkin bisa menggunakan pelumas Castrol. Produk unggulan yang bisa digunakan adalah Castrol Magnetic.

Castrol Magnatic merupakan satu-satunya pelumas yang mengombinasikan molekul-molekul pintar dengan teknologi sintetik untuk memberikan lapisan perlindungan terkuat sejak mesin mobil dihidupkan.

Menariknya, kandungan molekul pintar tersebut mampu membersihkan mesin secara menyeluruh. Selain itu, pelumas ini juga memiliki banderol yang terjangkau, lho!

6. Pelumas Eneos

Eneos Lubricants

Eneos Lubricants punya pelumas khusus mobil matik

Eneos masuk dalam salah satu oli mobil terbaik yang bisa jadi pilihan kamu. Produk yang bisa digunakan yakni Eneos CVT Fluid Asia.

Sesuai namanya, varian ini dikhususkan untuk mesin mobil yang menggunakan sistem transmisi CVT metal belt. Ada beberapa alasan yang membuat oli mobil Eneos bisa jadi pilihan.

Di mana oli ini diklaim mampu membuat mesin mobil lebih awet. Keunggulan oli mobil Eneos mampu menjaga suhu mesin tetap dingin saat kondisi ekstrem.

7. Total Quartz, Oli Mobil yang Bisa Diandalkan

Total Quartz Lubricants

Total Quartz Lubricants

Pelumas yang masuk dalam oli mobil terbaik adalah Quartz, dengan produk Quartz 7000SM 10W-40. Oli mesin ini bisa digunakan untuk mobil bermesin bensin atau diesel.

Quartz 7000SM 10W-40 memiliki daya tahan terhadap oksidasi yang baik serta membersihkan komponen mesin secara menyeluruh. Dampaknya membuat tenaga mesin meningkat dan lebih responsive.

8. Oli Seiken

rekomendasi oli mobil terbaik

Oli Seiken

Khusus untuk mobil, Seiken memiliki beragam pilihan baik itu untuk mesin diesel dan bensin. Contohnya untuk mobil-mobil LMPV populer terbaru seperti Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander, tersedia Seiken ULTRA 0W-20 seharga Rp 382 ribu kemasan 4 liter. Bisa juga menggunakan Seiken ULTRA 5W-30 seharga Rp 365 ribu kemasan 4 liter.

Apa kelebihan oli Seiken dibanding yang lain. Salah satunya memiliki dukungan teknologi tinggi dan inovatif dari Jepang. Salah satu fiturnya adalah Shield Active Technology yang mampu melindungi mesin secara paripurna. Ini juga membantu meningkatkan penghematan bahan bakar dan kontrol emisi gas buang sehingga mesin selalu dalam kondisi bersih.

“Seiken terkenal dengan produk yang handal tidak hanya di Jepang akan tetapi juga diseluruh dunia. Kami salah satu pioner dalam bidang cairan otomotif dan telah dipercaya lebih dari 30 tahun oleh hampir seluruh pabrikan perakitan otomotif di Indonesia,” kata Sales & Marketing Manager PT Indosarana Lokapratama (ILP), Aries Budy selaku pemegang merek oli Seiken di Indonesia.

Baca juga  4 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Start Awal

9. Pelumas OE (Original Equipment)

Toyota Motor Oil

Toyota Motor Oil

Para pabrikan otomotif kini sudah memasarkan oli original equipment (OE) khusus bagi produk mereka yang dipasarkan di Indonesia. Contohnya Toyota yang kini telah memasarkan oli mobil terbaik untuk Avanza beserta produk lainnya, termasuk oli mobil terbaik untuk Fortuner Diesel.

Sebagai gambaran, kamu harus berpatokan pada buku panduan pabrikan dalam memilih pelumas kendaraan.

Pada Toyota Avanza terbaru pelumas yang digunakan lebih encer dibandingkan dengan oli mesin versi sebelumnya. SAE (The Society of Automotive Engineers) dari oli mobil terbaik Avanza baru, sebaiknya menggunakan SAE 0W-20. SAE merupakan sistem kode untuk karakteristik viskositas pelumas.

Sesuai rekomendasi pabrikan, kamu bisa menggunakan oli bawaan pabrikan, yakni Toyota motor oil (TMO) SAE 0w-20. Lalu TMO Full synthetic 0W-20 Eco Power yang memiliki API SN dan ILSAC GF-5, serta bisa menggunakan TMO 10W-40.

Pemilihan oli disesuaikan dengan kondisi mesin mobil, secara sederhana semakin rendah SAE maka semakin encer olinya. Oli encer bisa meningkatkan performa mesin sehingga cocok untuk mobil-mobil terbaru.

Tapi untuk mobil yang sudah berumur diatas 5 tahun lebih baik menggunakan oli yang lebih kental (10w-40). Oli encer kurang baik dalam hal pelumasan dibandingkan oli kental.

Mesin mobil yang umur komponennya sudah banyak, rentan mengalami aus. Sehingga jika menggunakan oli encer akan menimbulkan suara berisik pada mesin.

Oli mobil terbaik Avanza, yakni TMO 0W-20 biasanya ditawarkan dengan banderol sekitar 165 ribu rupiah per liternya. Dikalikan 4 liter maka untuk olinya saja anda perlu biaya 660 ribu.

Interval pergantian oli sebaiknya dilakukan pada rentang 5.000 hingga 7.000 kilometer. Ketika melakukan pergantian oli, jangan lupa mengganti filter oli. Karena filter oli yang kotor akan mengotori oli baru yang dituangkan di dalam mesin.

Harga Oli Mobil

oli mobil terbaik

Oli bertugas menjaga kinerja mesin dalam kondisi terbaik

Terkait dengan harga oli mobil terbaik yang jadi rekomendasi di atas cukup beragam, lho! Sebagai contoh untuk oli Fastron Techno 10W-40 per liter biasanya dijajakan dengan banderol mulai Rp 70 ribuan. Sementara untuk kemasan 4 liter ditawarkan dengan harga mulai Rp 247 ribuan.

Fastron Gold punya banderol yang sedikit lebih mahal, dengan harga mulai dari Rp 99 ribu per liter. Untuk ukuran 4 liter sekitar Rp 390 ribu hingga Rp 425 ribuan.

Masih direntang harga yang tak jauh berbeda dengan pelumas Pertamina. Harga oli Shell berada di angka Rp 320 ribu hingga Rp 720 ribu. Banderol tersebut mengikut varian dan juga kualitas dari pelumas yang ditawarkan Shell.

Oli Mobil1 harganya juga cukup menarik, nih! Biasanya rentang harga ukuran 4 liter oli Mobil1 5W-30 sekira Rp 420 ribuan.

Castrol harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan Mobil1. Untuk pelumas Castrol Magnatic biasanya dipasarkan dengan harga Rp 360 ribuan ukuran 4 liter.

Eneos tak kalah murah dengan produk-produk pelumas lainnya. Sebagai contoh untuk Eneos CVT Fluid Asia ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 150 ribu.

Total Quartz juga punya banderol masih terjangkau, dengan rentang harga mulai dari Rp 81 ribu per liter, khusus untuk Quartz 7000SM 10W-40.

Sementara, oli mobil TMO memiliki banderol yang cukup beragam. Umumnya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 165 ribuan.

Nah, sekarang sudah tahukan rekomendasi oli mobil terbaik yang bisa kamu pakai? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika