Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

9 Mobil Favorit Keluarga Indonesia, dari yang Murah Hingga Termewah!

by Baghendra Lodra
mobil favorit keluarga indonesia

Bicara mobil favorit keluarga Indonesia, tentu acuannya adalah angka penjualan. Hal menariknya adalah, tidak semua bermodel MPV layaknya Toyota Avanza dan Daihatsu Sigra.

Jika melihat dari yang terlaris, ternyata model SUV juga banyak menjadi pilihan keluarga di Tanah Air. Mobil-mobil seperti Toyota Rush dan Mitsubishi Pajero Sport, punya angka penjualan istimewa.

Lalu soal harga, tidak semua mobil keluarga harus murah. Kami pun menyertakan mobil-mobil mewah dengan banderol miliaran seperti Toyota Alphard dan Hyundai Palisade.

Mau tahu daftar mobil favorit keluarga Indonesia. Sebagai informasi, semua model yang kami tampilkan harus memiliki tiga baris bangku atau 7-seater. Berikut detail lengkapnya:

mobil sahabat keluarga blog banner

1. Daihatsu Sigra – MPV Termurah

mobil favorit keluarga indonesia - daihatsu sigra

Daihatsu Sigra cocok buat keluarga dengan bujet terabatas

Mobil favorit keluarga Indonesia yang pertama adalah Daihatsu Sigra. Terbukti dari angka penjualannya tembus 29.879 unit dari Januari hingga Agustus 2022 atau jadi LCGC 7-seater terlaris di Indonesia.

Daya tarik Sigra selain mampu muat banyak penumpang dan harganya sangat terjangkau yaitu mulai Rp 129,5 juta untuk varian 1.0 D MT. Sementara yang termahal, Sigra 1.2 R AT DLX cuma RP 174,7 juta. Inilah MPV termurah di Tanah Air, cocok buat keluarga yang punya bujet terbatas.

2. Toyota Avanza – Masih Mobil Sejuta Umat

mobil favorit keluarga indonesia - toyota avanza

All New Avanza merupakan mobil keluarga terlaris di Indonesia

Kemudian membahas mobil favorit keluarga Indonesia, tentu tidak lepas dari mobil sejuta umat yaitu Toyota Avanza. Angka penjualannya dari Januari hingga Agustus 2022 tembus 39.909 unit, sekaligus jadi LMPV terlaris di Tanah Air.

Ubahan model yang dilakukan pada akhir 2021, nampaknya tidak membuat konsumen goyah dalam meminang Avanza. Walau kini pakai penggerak depan (FWD) sebagai pengganti penggerak roda belakang (RWD), MPV Toyota ini tetap laris manis

Baca juga  Test Drive Nissan Kicks e-Power, Tidak Perlu Injak Rem!

Kesuksesan tersebut, tidak lepas dari nama besar Avanza yang hadir di Indonesia sejak 2003. Alhasil masyarakat sudah sangat percaya, walau banyak kompetitor seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga hadir.

Kemudian, Toyota juga selalu berhasil membuat Avanza sebagai mobil dengan value for money yang sangat baik. Salah satu buktinya, lewat harga mulai RP 233,1 juta (OTR Jakarta), konsumen sudah memperoleh mobil yang tangguh di segala medan, muat banyak, hingga memiliki kenyamanan dari AC double blower.

Keistimewaan lain, harga Toyota Avanza bekas selalu stabil, jadi memilikinya bisa dikatakan seperti investasi. Tidak percaya, cek saja Avanza lansiran 2018 yang masih laku Rp 165-195 jutaan.

3. Hyundai Stargazer – Rising Star Mobil Keluarga

mobil favorit keluarga indonesia -hyundai stargazer

Sosok Hyundai Stargazer yang punya tampilan futuristik

Tidak salah kalau Hyundai Stargazer masuk sebagai mobil favorit keluarga Indonesia. Dari sisi penjualan, MPV H miring ini adalah rising star. Sukses masuk 6 besar mobil terlaris di bulan pertama penjualannya pada Agustus 2022 dengan 3.955 unit.

Wajar, karena Stargazer punya banyak keistimewaan. Lihat saja desainnya yang tampil beda seperti mobil masa depan. Lalu performa mesin 1.500 cc miliknya juga yang terbaik dibanding kompetitor seperti Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Kemudian untuk interio,r ada captain seat. Fitur-fiturnya pun sangat modern dengan tombol SOS dan Hyundai Bluelink.

4. Wuling Confero – Mobil Cina Terlaris

mobil favorit keluarga indonesia - wuling confero

Wuling Confero punya spesifikasi setara Avanza, tapi harganya mirip Toyota Calya

Nama Wuling Confero kami masukkan sebagai mobil favorit keluarga Indonesia, karena inilah mobil Cina terlaris. Angka penjulannya tembus 6.538 unit dari Januari hingga Agustus 2022. Setidaknya, Confero membuktikan bahwa masyarakat Tanah Air mulai menjadikan mobil Cina sebagai alternatif kendaraan.

Kelebihan Wuling Confero sebagai mobil keluarga adalah punya spesifikasi setara Avanza tapi dijual seharga Toyota Calya. Cocok buat keluarga yang punya bujet terbatas, tapi ingin punya mobil. Banderol Confero mulai Rp 154,8 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.5 DB MY MT. Tersedia pula opsi jok captain seat untuk varian tertinggi yaitu Confero S yang dijual mulai Rp 180,7 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Anthony Ginting Pilih Hyundai Creta, Gara-Gara Maling!

5. Suzuki Ertiga Hybrid – Mobil Hybrid Terlaris

mobil favorit keluarga indonesia - suzuki ertiga hybrid

Ertiga Hybrid sanggup membukukan konsumsi BBM 22,11 km/liter dalam sebuah lomba irit

Penjualan Suzuki Ertiga memang tidak terlalu istimewa dibanding kompetitor di kelas MPV. Walau demikian, kalau di segmen mobil hybrid, sesungguhnya Ertiga Hybird terbilang mengagumkan. Bagaimana tidak? Inilah mobil hybrid terlaris di Indonesia yang terjual 571 pada Agustus 2022.

Oleh karena itulah, Suzuki Ertiga Hybrid masuk dalam daftar mobil terfavorit keluarga Indonesia. Keunggulannya ada di sisi harga terjangkau. Bisa dikatakan, LMPV pabrikan berlogo S ini merupakan mobil hybrid termurah dengan banderol mulai Rp 270,3 juta (OTR Jakarta).

Kemudian dengan teknologi mild hybrid, Ertiga terbaru memiliki performa yang lebih baik saat berakselerasi. Begitu juga dari sisi konsumsi BBM yang diklaim lebih hemat dibanding versi konvensional, pas banget di saat harga BBM sedang melambung.

6. Toyota Rush – LSUV Terlaris

mobil favorit keluarga indonesia - toyota rush

Rush merupakan satu-satunya LSUV yang masih pakai penggerak roda belakang (RWD)

Mobil favorit keluarga Indonesia selanjutnya adalah Toyota Rush. LSUV ini merupakan yang terlaris di Tanah Air dengan 28.613 unit laku dari Januari hingga Agustus 2022.

Keunggulan Toyota Rush adalah masih menggandalkan sistem RWD yang lebih mumpuni ketika melewati jalan menanjak. Sementara para kompetitor seperti Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, dan Suzuki XL7, sudah berpindah ke sistem FWD.

Nama Toyota Rush juga sudah lebih dikenal konsumen, karena telah hadir sejak 2006 di Indonesia. Mobil ini juga memiliki durabilitas mantap, serta resale value yang terbilang stabil.

Baca juga  5 Kelebihan Land Cruiser 300, Generasi Baru Bermesin Kecil

7. Mitsubishi Pajero Sport – SUV Bongsor Terlaris

Harga Pajero Sport dan Fortuner

Pajero Sport sering dipilih oleh orang kaya baru sebagai mobil keluarga mereka

Selanjutnya daftar mobil keluarga terfavorit Indonesia ditempati oleh Mitsubishi Pajero Sport. SUV bongsor ini merupakan yang terlaris di kelasnya dengan penjualan Januari – Agustus 2022 tembus 15.362 unit, menagalahkan Toyota Fortuner selaku rival.

Keunggulan Pajero Sport, salah satunya di teknologi modern khususnya di sistem keselamatan. Tersedia forward collision mitigation system (FCM) hingga adaptive cruise control (FCM). Lalu sebagai mobil ladder frame, Pajero juga andal di berbagai medan jalan. Plus, tersedia pula varian 4×4.

8. Toyota Alphard – MPV Mewah Terlaris

mobil keluarga terfavorit - Toyota Alphard

Dari artis hingga pengusaha memilih Toyota Alphard sebagai mobil keluarganya

Buat kalangan berduit, Toyota Alphard merupakan mobil keluarga terfavorit Indonesia. Cek saja angka penjualannya, Alphard (ditambah Vellfire) tembus 3.087 unit sepanjang Januari hingga Agustus 2022. Padahal dari sisi harga, di atas Rp 1 miliar.

Daya tarik Alphard tentu desainnya yang mewah, muat banyak, serta kenyamanannya. Mobil ini juga memiliki nama besar di Tanah Air, lantaran sudah eksis sejak 2003. Merek Toyota yang punya banyak jaringan bengkel pun ikut menambah kepercayaan konsumen memilih Alphard sebagai mobil keluarga.

9. Hyundai Palisade – SUV Mewah Terlaris

mobil favorit keluarga indonesia - hyundai palisade

Palisade mengombinasikan kemewahan dan aura gagah khas SUV

Hyundai Palisade merupakan nama baru di segmen mobil mewah Tanah Air, hadir pertama kali pada akhir 2020. Walau demikian, sekarang Palisade menjelma jadi SUV mewah terlaris dengan penjualan 1.421 unit pada Januari hingga Agustus 2022.

Keunggulannya adalah mewah, tapi memiliki wujud sebuah SUV macho. Jadi kalau mau setir sendiri, masih oke. Berbeda dengan Toyota Alphard yang bahaya ketika pemilik mengambil alih kemudi, bisa dikira supir.

Soal kenyamanan, Hyundai Palisade juga tidak perlu diragukan. Interiornya menggunakan captain seat untuk penumpang baris kedua. Hadir pula 12 speaker dari infinity untuk memanjakan telinga seluruh anggota keluarga ketika mendengarkan musik sambil berkendara.

Meski mewah, tapi harga Hyundai Palisade tidak terlalu mahal. SUV ini dijual mulai Rp 842 juta hingga Rp 1,11 miliar (OTR Jakarta).

Itulah tadi bahasan mobil keluarga terfavorit Indonesia. Kalau menurut kamu banderolnya kemahalan, bisa pilih versi bekasnya di Moladin, yang tentu punya harga lebih terjangkau.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika