Minggu, September 25, 2022

Peluncuran Suzuki Baleno Terbaru, Sebentar Lagi!

by Tigor Sihombing
Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Selain S-Presso, peluncuran Suzuki Baleno terbaru juga bakal terjadi di Indonesia. Beberapa sumber menyebut, Suzuki Baleno facelift 2022 ini akan hadir saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus mendatang dan tetap impor dari India. Bocoran foto-fotonya sedang di angkut truk masuk Indonesia pun sudah tersebar di dunia maya.

Kemunculan Baleno terbaru di Tanah Air sesungguhnya suatu keharusan. Pasalnya mobil hatchback ini punya angka penjualan yang sangat baik pada tahun lalu.  Menurut data Gaikindo, Baleno terjual 2.724 unit sepanjang 2021. Dengan kata lain menempati urutan ketiga hatchback terlaris setelah Honda City Hatchback dengan 9.642 unit dan Toyota Yaris dengan 6.819 unit.

Hanya saja setelah masuk tahun 2022, Baleno meredup. Ini bukan tidak laku, tapi Suzuki belum impor lagi Baleno dari India. Mungkin karena menunggu versi terbarunya keluar dulu di Negeri Bolywood. 

Benar saja, pada Baleno facelift hadir di India pada Februari 2022. Produk inilah yang nantinya bakal masuk Indonesia tidak lama lagi. Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, kemungkinan besar peluncuran Suzuki Baleno terbaru berbarengan dengan GIIAS 2022.

Baca juga  Prediksi 11 Mobil Terbaru Tahun 2021 di Indonesia

Sebagai produk impor, berarti spesifikasi Baleno terbaru di Indonesia akan mengikuti India? Dengan kata lain, pakai mesin 1.200 cc dan transmisi automatic manual transmission (AMT)? Sepertinya tidak, karena itu adalah spesifikasi untuk pasar India. Sementara versi ekspornya lain!

Prediksi Spesifikasi Suzuki Baleno Facelift 2022

peluncuran suzuki baleno terbaru

Peluncuran Suzuki Baleno terbaru di Indonesia kemungkinan berbarengan dengan GIIAS 2022

Kalau saat ini, Suzuki Baleno yang beredar di Indonesia pakai kode mesin K14B. Maka versi barunya akan ada ubahan. Prediksi ini bukan tanpa alasan, melainkan seteleah melihat spesifikasi versi ekspor Baleno India ke Afrika Selatan.

Baleno facelift di Afrika Selatan pakai mesin berkode K15B dengan kapasitas 1.500 cc, mirip dengan mesin Ertiga versi Indonesia. Bisa menghasilkan tenaga 103 PS dan torsi 138 Nm. Mesin ini juga memiliki dua pilihan transmisi yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Soal spesifikasi dimensinya, hatchback tersebut memilki panjang 3.990 mm atau lebih pendek 5 mm dari sebelumnya, tinggi 1.500 mm lebih rendah 10 mm dari sebelumnya. Sedangkan lebar dan jarak sumbu roda tetap sama yakni 1.745 mm dan 2.520 mm.

Baca juga  Suzuki XL7 Didaulat Sebagai Mobil Paling Fungsional

Terkait fitur, kabarnya Suzuki Baleno 2022 terbaru kini memiliki head up display, pengaturan AC baru yang sudah digital serta terdapat juga head unit layar sentuh baru yang sudah bisa terkoneksi dengan Suzuki Connect App. Menariknya, head unit tersebut juga sudah dibekali dengan fitur perintah suara Amazon Alexa serta dikombinasikan dengan perangkat audio premium dari Arkamys. Belum lagi adanya pengaturan audio pada setir, Sistem audio Arkamys, Ambient light, Auto Dimming Rear View Mirror, dan Port USB.

Terkait spesifikasi keamanan dan kenyamanan, Suzuki Balono facelift 2022 juga memilki airbags 6 titik, Kamera parkir 360 derajat, Sensor parkir
ABS + EBD, Stability Control, Cruise Control, Speed limiter, ISOFIX, Immobilizer.

Fitur-fitur tersebut merupakan Suzuki Baleno 2022 yang sudah rilis di India pada Maret lalu. Tapi besar kemungkinan Balono 2022 facelift juga akan disematkan fitur Cruise Control terbaru, yang saat ini sudah dimiliki Toyota New Yaris.

Demikian ulasan terkait peluncuran Suzuki Baleno terbaru di Indonesia yang kemungkinan berbarengan S-Presso di GIIAS 2022 Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Harga Suzuki XL7 Alpha FF, Paling Mahal!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika