Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Penjualan Honda Turun Terus, Brio Enggak Nolong

by Tigor Sihombing
penjualan mobil

Penjualan Honda mobil di Indonesia turun terus, seperti yang terungkap dalam keterangan resmi dari PT Honda Prospect Motor (HPM) yang diterima pada Kamis, 22 Februari 2024, di Jakarta.

Data tersebut mengindikasikan bahwa sepanjang bulan Januari 2024, jumlah mobil Honda yang terjual mencapai 10.019 unit.

Meskipun Honda Brio dan Honda HR-V menjadi penyumbang utama penjualan dengan kontribusi mencapai 68 persen dari total penjualan Honda, namun angka tersebut menunjukkan penurunan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (2023).

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terjadi penurunan signifikan dalam penjualan ritel mobil Honda pada bulan Januari 2024 jika dibandingkan dengan Januari 2023.

Selisih antara kedua periode tersebut mencapai 999 unit, dengan total penjualan ritel Honda pada Januari 2023 mencapai 11.018 unit.

Penjualan beberapa model andalan Honda mengalami penurunan yang cukup drastis. Contohnya, penjualan Honda HR-V turun sebanyak 731 unit dari 2.355 unit pada Januari 2023 menjadi 1.624 unit pada Januari 2024.

tes drive Honda WR-V

tes drive Honda WR-V

Hal yang serupa terjadi pada Honda WR-V, yang mengalami penurunan penjualan sebesar 320 unit dari tahun sebelumnya.

Baca juga  Mitsubishi Raih 2.719 SPK di IIMS 2024, Terlaris Bukan XForce

Selain itu, penjualan All New Honda BR-V juga mengalami penurunan signifikan, turun sebanyak 359 unit dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Begitu juga dengan Honda CR-V yang mencatatkan penurunan penjualan sebesar 48 unit.

Meskipun demikian, Honda Brio tetap menjadi model mobil terlaris pada Januari 2024 dengan penjualan mencapai 5.186 unit, meningkat sebanyak 665 unit dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Yusak Billy, selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, mengakui tantangan yang dihadapi dan menyatakan bahwa perusahaan terus memonitor kondisi pasar untuk menyesuaikan strategi penjualan. Dengan melakukan penyegaran model dan mengadakan pergelaran motorshow dengan berbagai program penjualan menarik, Honda berharap dapat menyegarkan pasar dan meningkatkan penjualan pada awal tahun ini.

Meskipun Honda tetap optimis untuk membalikkan tren penurunan penjualan, tantangan yang dihadapi dalam menghadapi dinamika pasar otomotif yang kompetitif membutuhkan langkah-langkah strategis yang cermat untuk memenangkan hati konsumen dan memulihkan performa penjualan.

Honda hadir di IIIMS 2024

Penjualan Honda

Penjualan Honda HR-V turun sebanyak 731 unit dari 2.355 unit pada Januari 2023 menjadi 1.624 unit pada Januari 2024.

Honda hadir di Indonesia International Motor Show 2024 bertempat di Hall D JIExpo Kemayoran mulai tanggal 15 – 25 Februari 2024. Dalam ajang pameran ini Honda menawarkan berbagai program penjualan dan purna jual yang menarik sehingga memudahkan untuk memiliki mobil Honda sekaligus memberikan nilai lebih bagi konsumen.

Baca juga  Buka-Bukaan Soal Penjualan Mobil Bekas di Indonesia

Program penjualan unggulan Honda di IIMS 2024 mulai dari DP Ringan Mulai dari 10%, Bunga 0%, Cicilan Ringan Mulai dari Rp 2 Juta, Tenor hingga 7 Tahun, Program Trade In, Free Voucher Service dan Parts, Grand Prize Trip ke Thailand dan puluhan Smartphone serta Lucky Dip dengan total hingga ratusan juta Rupiah.

Pada pameran IIMS 2024, Honda meluncurkan New Honda BR-V N7X Edition yang merupakan varian terbaru dari Honda BR-V.

Demikian ulasan terkait penjualan Honda 2024. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika