by

Penyebab Persneling Mobil Matik Macet dan Solusinya

Saat ini mobil bertransmisi matik banyak digandrungi masyarakat, umumnya yang tunggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Dalam beberapa kasus, pemilik mobil matik mengalami persneling mobil matik macet. Apa penyebabnya? Mari kita ulas.

Bagi warga kota besar seperti Jakarta mobil dengan transmisi matik kerap menjadii pilihan dalam membeli mobil. Bukan tanpa alasan, kemacetan hampir disetiap sudut kota tentunya akan cepat membuat capek pengemudi mobil untuk melaluinya jika menggunakan mobil bertransmisi manual yang harus sering menginjak kopling.

Mobil matik tidak luput dari masalah, umumnya pemilik mobil matik mengalami masalah persenling mobil matik macet. Penyebab utamanya jelas apabila pemilik mobil matik tidak melakukan servis berkala secara rutin.

Namun, penyebab lain persneling mobil matik macet juga ada dari beberapa komponen yang berhubungan dengan trnasmisi matik di mobil.

Gejala persneling mobil matik macet

  • Hentakan kasar saat perpindahan gigi

persneling mobil matik macet
Terasa hentakan saat tuas dioindahkan posisinya.

Gejala persneling mobil matik macet paling mudah diketahui adalah terasa hentakan kasar seperti mobil didorong saat perpindahan gigi.

Perpindahan gigi mobil matik bisa dirasakan saat pengemudi menginjak gas dalam-dalam dan bisa dirasakan apakah ada hentakan kasar atau tidak. Jika ada, itu merupakan gejala masalah pada transmisi matik pada mobil.

  • Posisi tuas persneling tidak bisa dipindahkan

Tuas persneling macet saat akan dipindahkan, misalnya dari posisi ‘P’ akan dipindahkan ke posisi ‘D’. Kemacetan pada tuas persneling bisa disebabkan kendala switch dari sistem transmisi matik.

Baca juga  Mau Sewa Roof Box, Simak Harga dan Syaratnya

Imbasnya membuat tuas gigi menjadi tersangkut dan sulit dipindahkan. Bisa jadi jika dicoba beberapa kali tuas akan bisa dipindahkan, namun jika hal ini dibiarkan terlalu lama kerusakan akan bertambah parah.

Penyebab persneling mobil matik macet

  • Switch rem kotor

persneling mobil matik macet
Periksa kondisi switch rem

Komponen swtich rem merupakan komponen pendukung dan bersinggungan dengan sistem transmisi matik. Sehingga jika switch rem kotor karena debu atau sisa pelumas yang menumpuk menyebabkan persneling matik menjadi macet.

Umumnya jika mobil masih dalam keadaan dingin, tuas persneling akan susah atau macet saat akan dipindahkan ke posisi lain, namun jika mesin panas maka tuas baru bisa dipindahkan.

Meski demikian, kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan dan dianggap enteng. Sebab akan merembet pada komponen lain dan kerusakan bisa bertambah parah.

  • Switch rem bermasalah

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa switch rem merupakan komponen yang mendukung kinerja transmisi matik pada mobil. nah, jika komponen ini mengalami masalah imbasnya persneling matik menjadi macet.

Masalah pada switch rem bisa disebabkan karena soket sekring dengan kode fuse tail lamp putus yang disebabkan karena soket kendor.

Baca juga  Cara Membuat Shampo Mobil Dengan Biaya Hemat

Penyebab lainnya adalah bisa disebabkan karena setelan switch terlalu jauh. Biasanya jika setelan switch kurang pas akan telihat saat pedal rem diinjak dalam, lampu rem tidak menyala.

Cara memperbaiki persneling mobil matik macet dan biayanya

persneling mobil matik macet
Perawatan mobil dengan transmisi matik

Dari ulasan sebelumnya bahwa penyebab persneling matik macet adalah disebabkan karena komponen swtich rem kotor atau bermasalah.

Cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan switch rem yang kotor. Kemudian jika switch rem mengalami maslah, ada cara memperbaikinya. Berikut caranya:

  • Buka fuse box yang berada di ruang mesin. Kemudian cari di balik tutup boks sekring, kode yang menunjukan fuse tail lamp. Periksa sekring tersebut apakah putus atau tidak. Caranya dengan mencabut sekring dan lihat apakah bagian penghantar arus masih tersambung atau terputus. Jika putus, segera ganti dengan ukuran yang sesuai.
  • Jika tidak ditemukan dua masalah di atas, mungkin setelannya yang kurang pas. Terkadang switch rem tidak berfungsi kalau setelan switch terlalu jauh. Gunakan kunci pas 12 mm untuk menyetel ulang, putar ke arah kiri atau kanan sampai fungsinya kembali normal. 
  • Langkah terakhir adalah penggantian brake switch kalau tiga cara di atas nggak berhasil.
Baca juga  Penasaran Biaya Tune Up Mobil, Semahal Apa?

Namun, bagi pemilik mobil matik yang masih ragu untuk memperbaikinya sendiri, ada baiknya mobil matik kesayangannya dibawa ke bengkel resmi atau ke bengkel spesialis trnsmisi matik agar hasil perbaikannya optimal.

“Biaya servis transmisi matik dikisaran Rp 2 juta sampai Rp 3 juta. Itu akan kita cek semua komponen transmisi matiknya. Biasanya biaya segitu jika mobil sudah berusia di atas 5 tahun dan pemakaian di atas 100 ribu km. Namun jika kondisi matik karena macet dan disebabkan oleh masalah switch rem saja biayanya berkisar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribuan,” ungkap Setiyadi, mekanik bengkel spesialis transmisi mobil dibilangan Pamulang, saat kami hubungi via telefon beberapa hari yang lalu.

“Agar transmisi matik awet dan halus, rajin-rajin ganti oli transmisinya serta jangan lupa, saat pertama kali mobil menyala dan akan memindahkan posisi ‘P’ ke posisi ‘N’ atau ‘D’ injaklah pedal rem yang cukup dalam,” imbuh Setiyadi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai persneling mobil matik macet beserta gejala, penyebab dan cara memperbaiki serta biayanya.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru