Cewek Wajib Tahu, 4 Perawatan Dasar Dalam Merawat Motor

Hai, sobat cewek Moladin! Jinny mau nanya nih. Kalau dalam hal rawat-merawat motor, kalian biasanya ngurusin sendiri atau minta bantuan saudara laki-laki atau bahkan bokap, sih? Ayo ngacung yang suka merawat motornya sendiri. Nah, buat yang suka merawat motornya sendiri kamu harus tahu cara perawatan motor agar awet, pasti sudah tahu lah apa saja yang harus kalian lakukan setiap bulannya supaya motor kalian tetap prima di jalanan.

Buat kalian yang belum tahu, apalagi yang tinggal sendiri dan bahkan kemana-mana sendiri, kalian sebagai cewek wajib tahu lho empat perawatan dasar dalam merawat motor kalian. Yes, supaya kalian tidak mudah panik dan tidak gampang dikibulin sama mas-mas tukang bengkel.

Biar kalian cewek-cewek makin canggih, yuk simak 4 jurus dasar yang bikin motor kalian tetap yahud!

1. Ganti Oli

perawatan motor
Rutin Ganti Oli Secara Periodik

Oli itu penting sekali buat kelangsungan hidup motor kalian, sob. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli berfungsi mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, mendinginkan mesin motor, peredam getaran mesin dan suara bising yang ditimbulkan, anti karat bagi komponen mesin, serta pengendali kotoran mesin.

Kalau kalian telat ganti oli, biasanya volume oli dalam mesin akan berkurang banyak dan kondisinya kental serta hitam pekat. Akibatnya mesin kalian kotor dan tidak memiliki pendingin sehingga cepat panas dan tarikan mesin pun jadi berat. Jangan sampai terjadi ya,gals. Oleh karena itu, baiknya kalian mengganti oli sebulan sekali.

Buat kalian yang sibuk bekerja, daripada hari Sabtu – Minggu sendiri saja di kamar kos dan tidak punya teman jalan-jalan, lebih baik kalian pergunakan waktunya untuk ke bengkel dan mengganti oli. Siapa tahu kalian ketemu gebetan di sana. Cek bengkel mana saja yang buka di hari minggu dengan fitur bengkel dari Moladin ya.

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

2. Cek Kampas Rem Secara Berkala

Kanvas Rem
Cek Bagian Rem, Perhatikan Ketebalan Kanvas Rem

Bisa bayangin tidak,gals, saat seru-serunya kalian nyelip sana sini di jalan raya, eh rem kalian gak berfungsi. Akibatnya pasti fatal deh, bisa jadi kalian mengalami tabrakan. Cewek canggih seperti kalian pasti tidak mau mengalami hal ini kan. Oleh karena itu, kalian harus sering mengecek kondisi kampas rem,gals, sebab rem adalah salah satu komponen paling vital dari motor kalian.

Sebenarnya kalian bisa dengan mudah mengetahui apakah kampas rem perlu diganti atau tidak. Perawatan motor agar awet yang pertama, perhatikan bunyi motor saat kalian melakukan pengereman. Apabila terdengar bunyi benda yang saling bergesekan saat kalian melakukan pengereman, itu tandanya kalian harus segera mengganti kampas rem. Tanda yang kedua adalah apabila tarikan tuas rem terasa lebih dalam dan secara kasat mata terlihat kampas rem sudah tipis, ada baiknya kalian segera pergi ke bengkel untuk mengganti kampas rem kalian,gals.

Untuk tahu harga kampas rem di pasaran, cek di fitur Moladin bagian sparepart ya,gals. Informasi harga sparepart bikin kamu anti dikibuli oleh tukang bengkel. Kantong aman, hati pun terasa damai karena kalian bisa nyelap nyelip lagi di jalanan tanpa rasa khawatir.

3. Cek Rantai Motor Secara Berkala

Rantai Motor Berkualitas
Rantai Yang Aus Bikin Motor Kurang Responsif

Biasanya memang banyak pengendara motor yang tidak sadar rantai motornya bermasalah. Hal ini dikarenakan letak rantai motor yang cukup tersembunyi. Pengendara motor biasanya baru sadar rantainya bermasalah saat roda motor tidak mau bergerak.

Rantai motor yang putus atau lepas dari porosnya cukup berbahaya lho,gals. Bayangkan kalau kalian lagi asyik-ayik melaju dengan kecepatan tinggi dan mendadak rantai lepas atau putus, motor akan berhenti mendadak dan kalian bisa terpelanting jauh. Serem kan. Apalagi cewek, kalau kulit kalian sampai baret gara-gara jatuh dari motor, bisa butuh waktu yang lumayan lama supaya bisa mulus lagi. Dan jangan lupa ongkos ke klinik kecantikannya juga mahal.

Suzuki Nex II

*Dp mulai dari

Nah, untuk menghindari hal ini, sering-seringlah mengecek kondisi rantai motor kalian,gals. Kalian bisa menyatukan rutinitas cek rantai motor dengan waktu pergantian oli supaya lebih hemat biaya. Pengecekan rantai motor ini prosesnya lebih cepat daripada prose pergantian oli lho. Menghindari malapetaka lebih baik daripada menyembuhkan bukan.

4. Pastikan Karburator Selalu Bersih

karburator
Karburator Maupun Throttle Body Merupakan Komponen Penting Guna Suplai Udara dan BBM Ke Mesin

Pernah mengalami mesin motor tidak mau menyala sehabis hujan kah,gals? Nah, hal pertama yang harus kalian lakukan dalam kondisi tersebut adalah memeriksa kondisi busi. Apabila busi motor kalian dalam keadaaan baik-baik saja, selanjutnya yang harus kalian cek adalah karburator.

Karburator ini singkatnya dikenal sebagai komponen untuk menampuang sekaligus menyalurkan bahan bakar. Ada dua katup pada karburator, satu katup dipakai untuk jalan masuknya bahan bakar dan katup  satu lagi dipakai untuk sirkulasi angin.

Apabila karburator kalian dalam keadaan kotor, tidak heran kalau mesin kalian tidak bisa dihidupkan. Karburator yang kotor menghalangi distribusi bahan bakar, serta sirkulasi angin yang dibutuhkan oleh mesin motor. Hal ini mengakibatkan mesin motor jadi tersendat-sendat atau bahkan tidak mau hidup. Segera bawa motor kalian ke bengkel untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Oke,gals, itulah empat jurus dasar dalam perawatan motor agar awet. Gunakan selalu aplikasi Moladin untuk mempermudah aktivitas ke bengkelmu ya. Ingat, cewek canggih itu cewek yang bisa merawat sendiri motornya dan tidak gaptek. Pakai terus aplikasi Moladin supaya motor kalian tetap canggih dan tahu informasi terbaru tentang perawatan motor agar awet.

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

Ingat Motor, Ingat Moladin!

DAPATKAN HELM SEHARGA 200 RIBU DI SINI!

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *