Minggu, Juni 16, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

PEVS 2024: Presiden Jokowi Apresiasi Deret Kendaraan Listrik Dari Motor Hingga Truk Listrik

by Ivan
Jokowi apresiasi deret kendaraan listrik

Pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 kedatangan tamu spesial yaitu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Jumat (3/5) pukul 16.30 WIB. Ini impresi Presiden Jokowi apresiasi deret kendaraan listrik dari motor hingga truk listrik.

Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, Menteri Investasi/BKPM, Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono, dan Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung.

Ada beberapa booth yang dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo saat berada di pameran PEVS 2024. Di antaranya booth milik NEU, Keeway EV, BYD, Mobil Anak Bangsa (MAB), PT PLN (Persero). Presiden juga melakukan kunjungan ke area pameran Asiabike Jakarta di Hall A, JIExpo Kemayoran seperti Yadea, Sunra, Aima dan Tailg.

“Pameran kendaraan listrik itu sangat bagus sekali. Saya melihat ada banyak jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil, bahkan bis dan truk juga ada,” ucap Jokowi setelah berkeliling di pameran PEVS 2024.

Jokowi optimis Indonesia segera memiliki ekosistem kendaraan listrik
Jokowi optimis Indonesia segera memiliki ekosistem kendaraan listrik

Jokowi optimis Indonesia akan memiliki ekosistem kendaraan listrik sendiri di masa depan. Pasalnya, dari sisi produksi Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar. Tak hanya itu, Indonesia juga akan segera memiliki pabrik industri baterai yang akan mulai berproduksi pada bulan depan.

“Dan kalau melihat misalnya kaya kendaraan listrik, sepeda motor listrik itu kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu saja. Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali. Yang kedua, nanti bulan depan itu ada yang namanya pabrik industri baterai yang sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ini ekosistem ini segera terbangun,” jelas Jokowi.

Baca juga  BYD Seagull, Mobil Listrik Rp 175 Jutaan Rival Wuling Air EV!

Salah satu booth yang dikunjungi oleh Presiden Jokowi adalah perusahaan listrik milik negara yakin PT PLN (Persero). Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memberikan penjelasan langsung kepada Presiden Jokowi tentang kesiapan PLN dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Hingga saat ini, PLN bersama mitra telah menyediakan 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU) dan melakukan inovasi dengan mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik eksisting yang tersebar di seluruh Indonesia.

PLN telah menyediakan 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum
PLN telah menyediakan 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

“Kami telah menghadirkan aplikasi PLN Mobile yang di dalamnya terdapat platform EV Digital Services (EVDS). Melalui fitur ini masyarakat dengan mudah bisa mengetahui lokasi charging station yang terdekat, melakukan pemantauan transaksi pembelian listrik, menggunakan layanan Home Charging, layanan test drive hingga membeli kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

Kedatangan Presiden Jokowi merupakan salah satu dari sekian banyak kemeriahan yang hadir pada hari keempat pameran PEVS 2024. Sejak dibuka pada Selasa, 30 April yang lalu. PEVS 2024 terus menunjukan kemeriahannya dengan berbagai program hiburan dan wawasan mengenai kendaraan listrik.

Baca juga  Mitsubishi Minicab MiEV Jadi Mobil Pos di Indonesia

Berbagai program unggulan terus menghibur pengunjung. Hari ini Komunitas Sepeda/Motor Listrik (KOSMIK) memeriahkan Electric Motorcycle Show Off (KOSMIK) dengan atraksi-atraksi menarik dari para pengendara sepeda motor listrik.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan kesempatan untuk menyaksikan aksi para mahasiswa yang berpartisipasi dalam ajang Formula Student. Segmen kali ini, para mahasiswa akan memamerkan pengetahuan dan kreativitas mereka dalam merancang kendaraan listrik masa depan. Dengan semangat inovatif yang menyala-nyala, mereka akan menampilkan proyek-proyek yang menggabungkan teknologi terkini dengan desain yang revolusioner, menjadi inspirasi bagi industri kendaraan listrik di masa mendatang.

unnamed 4 1

Kemeriahan lainnya juga terlihat dari booth GESITS, salah satu produsen sepeda motor listrik terkemuka di Indonesia juga ikut ambil bagian dalam memeriahkan ajang PEVS 2024. Dalam ajang pameran kali ini, GESITS mengumumkan kerjasamanya dengan IBC dan Hyundai Kefico. Direktur Marketing PT Gesits Motor Nusantara, Doddy Setiawan menambahkan, kolaborasi antara GESITS, IBC, dan Hyundai Kefico ini akan menghadirkan 2 model motor listrik.

Kolaborasi ini meliputi kerja sama bisnis teknologi yang terdepan untuk menjadi garda depan dalam peningkatan kinerja dengan produk yang berkualitas dan terjamin dengan ketahanan dan kehandalan dalam industri sepeda motor listrik termasuk dengan ekosistemnya. Kerjasama ini juga akan membawa teknologi terbaru dalam industri kendaraan listrik, termasuk pengembangan sistem baterai yang lebih efisien, pengoptimalan performa motor, dan integrasi teknologi terkini.

Baca juga  UBL Bangun Motor Listrik BL-SEV01, Asli Karya Anak Bangsa!

Semakin meriah dengan acara Buyers EVening Gathering serta hiburan live music yang dihadirkan untuk memanjakan pengunjung yang hadir. Dengan maraknya hari keempat acara, PEVS 2024 terus memperkuat posisinya sebagai pameran kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara yang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga inspirasi bagi semua pengunjung.

“Dengan berbagai aktivitas menarik dan edukatif yang ditawarkan, PEVS 2024 hadir untuk semua kalangan, dari yang muda hingga yang tua. Kami berharap dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua pengunjung,” jelas Rudi MF.

PEVS 2024 masih dibuka hingga 5 Mei 2024 mendatang, mulai pukul 10.00 s/d 20.00 WIB. Pengunjung cukup membayar Rp50.000 untuk harga tiket masuk yang dapat dibeli melalui aplikasi PLN Mobile, serta pembelian secara langsung di pintu masuk area pameran, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Rasakan langsung era elektrifikasi kendaraan di Indonesia dengan mengunjungi PEVS 2024, The Leading EV Show in Indonesia.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika