Wednesday, March 29, 2023
Banner

4 Pilihan Pinjaman Tenor Panjang Resmi OJK

by Firdaus Ali
Pinjaman tenor panjang

Ada beberapa macam-macam pinjaman tenor panjang resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dimana salah satunya adalah Dana Tunai dari Moladin diantara lembaga pembiayaan lain baik sesama fintech atau konvensional.

Banyaknya lembaga pembiayaan konvensional dan online alias fintech (financial technology) tentu bisa menjadi pilihan solusi kebutuhan keuangan yang mendadak. Namun begitu, tidak semua lembaga pembiayaan konvensional atau fintech sudah terdaftar di OJK.

Yup, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga independen yang memiliki peran menyelenggarakan sistem dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan di sektor keuanga. Jadi seluruh lini sektor keuangan baik itu perbankan, pasar modal dan industri keuangan lainnya akan diawasi gerak-geriknya oleh OJK.

Hal ini sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 yang menyebutkan peran utama dari OJK yaitu melakukan pengawasan terhadap seluruh lembaga keuangan yang beroperasi di Indonesia, termasuk lembaga investasi. Pengawasan sangat krusial dibutuhkan karena demi mengantisipasi tindakan “nakal” dari para pemilik lembaga keuangan yang hanya mementingkan keuntungan semata.

Ditambah lagi seiring berjalannya waktu, jenis produk keuangan yang ada akan semakin berkembang dan semakin  kompleks. Untuk itu pengawasan dilakukan agar iklim industri keuangan menjadi lebih sehat, stabil, transparan dan aman bagi masyarakat.

OJK punya wewenang yang wajib diikuti oleh seluruh lembaga keuangan, baik bank dan non-bank. Diantaranya memberikan perizinan pendirian bank dan kegiatan usaha bank, menetapkan peraturan mengenai pengawasan di sektor jasa keuangan serta tata cara pengenaan sanksi, menetapkan kebijakan pelaksanaan tugas OJK, menetapkan kebijakan operasional pengawasn terhadap kegiatan jasa keuangan, dan lain sebagainya.

Baca juga  Daftar Leasing BPKB Motor Yang Bekerja Sama Dengan Moladin

Kembali ke pembahasan macam-macam pinjaman tenor panjang resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berikut beberapa diantaranya:

1. Dana Tunai Moladin

Pinjaman tenor panjang

Dana Tunai Moladin

Pinjaman tenor panjang yang pertama ada Dana Tunai Moladin, dimana jangka waktu kredit maksimal bisa sampai 48 bulan alias 4 tahun. Yup, hal ini tentunya membuat konsumen lebih ringan membayar cicilan setiap bulannya.

Selain tenor kredit panjang, Dana Tunai Moladin juga mempunyai rate bunga yang kompetitif yaitu 0,9%. Kemudian, proses pencairannya juga tergolong cepat, yaitu 1 sampai 3 hari kerja. Penasaran ingin mengajukan Dana Tunai Moladin? berikut syarat, langkah-langkah dan kelebihannya.

Syarat Mengajukan Dana Tunai Moladin

  • KTP asli yang masih berlaku
  • BPKB mobil asli, NPWP serta mengisi form yang sudah tersedia di website Moladin.com.
  • Mobil maksimal tahun 2004 (passenger)
  • Mobil maksimal tahun 2005 (komersil)
  • Motor maksimal tahun 2011

Langkah-Langkah Mengajukan Dana Tunai Moladin

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi form yang ada di website Moladin.com/dana-tunai/formulir-pengajuan. Disini kamu akan diminta mengisi data seperti merek kendaraan, model kendaraan, varian kendaraan, tahun pembuatan, plat nomor kendaraan dan jenis BPKB (atas nama sendiri atau orang lain).
  • Setelah itu, calon nasabah juga diwajibkan mengisi form jumlah pinjaman yang diinginkan, tenor pinjaman, serta memilih lembaga pembiayaan yang diinginkan.
  • Nah, setelah mengisi form jumlah pinjaman yang diinginkan dan tenor serta lembaga pembiayaan yang dipilih. Langkah selanjutnya kamu akan diminta mengisi detail data diri dan alamat sesuai dengan KTP.
Baca juga  Gadai BPKB Motor: Cara, Syarat, dan Rekomendasi Terbaiknya!

Setelah form diisi dengan data yang lengkap dan sesuai, selanjutnya data tersebut akan direview dan diproses oleh Moladin. Yang nantinya team Moladin akan menghubungi calon nasabah untuk memastikan keabsahan data yang sudah diinput serta nominal dana yang diinginkan.

Kemudian, setelah calon nasabah setuju maka team Moladin akan mendatangi tempat tinggal calon nasabah untuk mengambil BPKB mobil serta mendokumentasikan mobil yang sesuai dengan data di BPKB. Mulai dari jenis mobil, warna, no mesin, nomor rangka, serta pelat nomor mobil.

Kelebihan Dana Tunai Moladin

  • Bunga ringan
  • Nominal pencairan dana hingga Rp 500 juta
  • Proses pencairan dana 1 sampai 3 hari kerja
  • Tenor kredit hingga 4 tahun
  • Kerjasama dengan banyak leasing
  • Agen Moladin tersebar diberbagai wilayah di Indonesia
  • Syarat mudah

2. Kredivo

Pinjaman tenor panjang

Kredivo

Pinjaman tenor panjang berikutnya ada Kredivo, dimana tenor yang ditawarkan oleh Kredivo yakni dimulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga yang terpanjang adalah mencapai 12 bulan. Adapun rate bunga sebesar 2,95% per bulan serta pencairan dana maksimal Rp 30 juta.

Baca juga  Butuh Pinjaman Dana Cepat Cair? Ini Solusinya!

Kredivo sebenarnya tak jauh berbeda dengan kartu kredit. Kamu bisa membayar transaksi terlebih dahulu, kemudian melunasi tagihan secara berkala. Salah satu keunggulan dari aplikasi pinjaman online tenor panjang satu ini adalah, Kamu tidak akan dibebankan oleh bunga apabila mampu melakukan pelunasan cicilan dalam waktu 30 hari.

3. Kredit Pintar

Pinjaman tenor panjang

Kredit Pintar

Pinjaman tenor panjang selanjutnya ada Kredit Pintar yang menawarkan tenor kredit sampai 12 bulan alias 1 tahun dengan rate bunga 0,5% per hari. Adapun pencairan dana maksimal Rp 8 juta.

Salah satu keunggulan dari aplikasi pinjaman online tenor panjang satu ini adalah, Kamu tidak perlu melampirkan slip gaji ketika ingin mengajukan pinjaman.

4. Tunaiku

Pinjaman tenor panjang

Tunaiku

Selanjutnya, pinjaman tenor panjang ada Tunaiku yang merupakan aplikasi pinjaman KTA (Kredit Tanpa Anggunan) milik Amar Bank. Adapun tenor kredit yang ditawarkan maksimal 20 bulan.

Untuk rate bunga di angka 3 persen sampai dengan 4 persen per bulan dan biaya administrasi sebesar Rp 540 ribu dipotong dimuka. Oh ya, salah satu keunggulan dari aplikasi pinjaman online tenor panjang satu ini adalah, Kamu tidak memerlukan kepemilikan kartu kredit maupun slip gaji untuk mengajukan lho, alias hanya bermodalkan KTP saja.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa fintech dengan pinjaman tenor panjang. Adapun tenor pinjaman adalah batas waktu kredit yang diberikan oleh kreditur kepada debitur (peminjam/nasabah) yang sudah disepakati.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika