oleh

Sejarah Mazda 2, dari Minivan Jadi Hatchback

Sejarah Mazda 2 berawal pada tahun 1996. Ketika itu namanya Mazda Demio yang dipasarkan di Jepang dan Eropa dengan bentuk mirip mini van.

Kemudian pada tahun 2007, bentuknya berubah menjadi hatchback. Masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2009 dengan nama Mazda 2. Kehadiran Mazda 2 tentunya melengkapi mobil-mobil sejenis yang juga beredar saat itu, seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz. Sayang, jualannya tidak selaris dua kompetitornya tersebut.

“Lahir pertama pada tahun 1996 dengan nama Mazda Demio yang sangat mengutamakan kepraktisan. Kemudian pada tahun 2007 baru berubah bentuk menjadi hatchback dan dipasarkan secara global,” seperti dikutip dari matome.response.jp.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mobil ini. Simak sejarah Mazda 2 di Indonesia, berikut ini:

Mazda 2 Pertama Hadir di Indonesia Tahun 2009

sejarah mazda 2
Mazda 2 lansiran awal di Indoensia

Sejarah Mazda 2 generasi pertama hadir dengan tampilan yang sporty dan modern. Bentuknya memang berbeda dengan para rivalnya, sehingga mobil ini menjadi pilihan menarik bagi pemuja mobil jenis hatchback yang ingin tampil beda.

Pada awal kemunculannya, Mazda 2 hadir dengan dua varian. Yaitu varian S sebagai entry level dan varian R sebagai tipe tertingginya.

Desain eksterior Mazda 2 mengusung tampilan sporty dan modern. Pada bagian depan, terdapat gril berukuran kecil yang menampilkan kesan stylish yang di tengahnya terdapat logo Mazda dengan aksen krom.

Kemudian pada bagian lampu utamanya mengusung desain yang tajam. Selain itu, pada desain bumpernya juga kompak dengan bentuk bodinya.

Pada bagian belakangnya Mazda 2 disematkan stop lamp dengan desain apik berbentuk trapezoid yang cenderung mirip dengan headlamp di bagian depan. Ditambahkan roof spoiler dan wiper untuk menambah kesan sporty. Kemudian pada bagian velgnya menggunakan velg alloy berukuran 16 inci.

Baca juga  Mazda CX-3 1.5 Meluncur Minggu Depan, Harga Lebih Murah!

Soal dimensi, Mazda 2 generasi awal mempunyai panjang 3.950 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.694 mm. Sedangkan ground clearancenya di angka 130 mm.

sejarah mazda 2
Interior Mazda 2 generasi pertama

Masuk ke dalam kabin interior Mazda 2 disuguhkan tampilan yang modern dan elegan, dimana warna yang diusung kombinasi hitam dan abu-abu.

Posisi dashboard menyatu dengan head unit sebagai fitur audio yang dapat memutar musik CD, AUX, dan USB. Kemudian pada bagian Multi Information Display (MID) Mazda 2 menggunakan anlaog yang dipadukan dengan digital.

Desain setirnya memang sederhana dengan perpaduan warna silver dan hitam. Meski demikian, Mazda 2 sudah menyematkan steering switch audio untuk memudahkan memilih lagu yang akan diputar pada head unitnya (varian R).

Soal fitur keselamatan, Mazda 2 generasi awal varian R dan S sudah diengkapi dengan sistem pengereman Antilock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA) serta ISOFIX Child Seat untuk mengakomodasi dan melindungi anak-anak ketika di dalam kabin mobil.

Namun, pada varian S hanya terdapat single SRS Airbag pada bagian pengemudi. Sedangkan varian R sudah mengusung dual SRS Airbag yang terpasang kemudi dan penumpang depan. Selain itu, varian R juga sudah dilengkapi immobilizer.

Dari jantung pacunya, Mazda 2 generasi awal menggunakan mesin berkode MZR 1.5L, DOHC dengan 16 valve yang dikombinasikan dengan transmisi manual 4-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Hasilnya tenaga maksimumnya diklaim sebesar 103 hp pada 6000 rpm, sedang untuk torsi puncaknya 135 Nm di 4000 rpm.

Baca juga  Daftar Harga Mazda 2 Bekas, Mulai Dari 73 Jutaan

Mazda 2 Mendapatkan Mesin Skyaktiv Tahun 2014

sejarah Mazda 2
Mazda 2 generasi kedua

Meski tidak selaris Honda Jazz dan Toyota yaris, sejarah Mazda 2 di Indonesia kembali terukir pada tahun 2014. Pabrikan asal Jepang itu meluncurkan Mazda 2 Skyactiv yang tampil lebih sporty dan mewah, baik dari eksterior dan interiornya.

Sementara untuk jantung pacunya juga sudah mengalami pembaharuan yang signifikan dengan disematkannya teknologi SkyActiv yang performanya mantap.

Desain eksteriornya terlihat lebih mewah dan sporty berkat disematkannya grill dengan desain garis horizontal yang lebih agresif dan ukuran lebih besar. Selain itu desain lampunya juga terlihat lebih tajam yang seolah-oleh menyatu dengan grillnya ditambah sentuhan aksen krom.

Untuk mendongkrak kemewahan tampilan eksteriornya, Mazda 2 generasi kedua yang beredar hingga 2019 ini menggunakan velg alloy two tone dengan ukuran 15 inci untuk varian R dan 16 inci untuk varian GT.

Bicara dimensi, mobil ini mempunyai panjang 4.060 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.495 mm. Sedangkan wheelbasenya di angka 2.570 mm.

Pada bagian kabin interiornya juga menampilkan desain lebih modern dan mewah berkat balutan warna hitam hampir disemua bagian.

Desain mewah tersebut juga didukung fitur canggih yang dapat ditemui dalam mobil ini. Untuk tipe GT, sudah dilengkapi dengan paddle shift, Mazda Navigation System, dan Active Driving Display.

sejarah mazda 2
Interior Mazda 2 generasi kedua

Active Driving Display merupakan fitur unik yang futuristik berupa Heads Up Display (HUD) yang menampilkan kecepatan serta navigasi di bagian depan sehingga tidak mengganggu konsentrasi pengemudi.

Selain itu, terdapat pula fitur Commander Control, Mazda Connect, layar 7″ TFT Touchscreen, Steering Wheel Audio Control, Drive Selection Mode, dan banyak fitur canggih lainnya.

Baca juga  Diler Baru Mazda di Bandung Resmi Beroperasi

Mazda 2 generasi kedua menggunakan mesin 1.5L SKYACTIV-G Dual S-VT DOHC  4 in-line cylinder, 16 valve yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Hasilnya tenaga maksimumnya diklaim mencapai 110 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Kemudian soal fitur keselamatan Mazda 2 SkyActiv sudah mengadopsi Dual SRS Airbag, rear view parking, rain sensor, ISOFIX, ABS, EBD, BA, DSC, Traction Control, Emergency Stop Signal, Hill launch assist, smart city brake support.

Mazda 2 Skyactiv Facelift 2020

sejarah Mazda 2
Mazda 2 facelift

Sejarah Mazda 2 kembali bergulir dengan melakukan facelift pada bagaian eksteriornya di tahun 2020. Ubahan yang paling kentara ada di bagian grillnya, berubah menjadi model rumah tawon dengan aksen krom membingkai bagian bawahnya hingga ke bagian bawah lampu utama.

Kemudian pada lampu utamanya sudah menggunakan LED dan daytime running light yang melingkari area projector headlight serta didukung kemampuan auto on/off headlamp & auto levelling.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sejarah Mazda 2 di Indonesia. Mobil ini desainnya memang mewah dan sporty, khususnya pada generasi kedua dan faceliftnya. Namun sayang, harga bekasnya masih tergolong mahal, ada direntang Rp 155 juta hingga Rp 274 juta.

Kalau kamu mau, bisa pinang Mazda 2 lansiran 2010. Harganya sudah di bawah Rp 100 jutaan. Pantau terus Moladin.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terbaru