Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sparepart Mobil: Penjelasan, Jenis dan Tips Memilihnya

by Baghendra Lodra
Sparepart Mobil

Apa sih Sparepart Mobil? Begini, Ide dasar mobil sangat sederhana, yakni memutar roda untuk menggerakkan kendaraan. Tetapi dibalik konsep kerjanya yang sederhana, ada ribuan sparepart yang bekerja dengan sistem yang sangat rumit.

Menurut banyak sumber, terdapat setidaknya 30 ribu komponen dan suku cadang dalam pembuatan satu unit mobil. Mempelajari puluhan ribu komponen mobil pasti terasa sangat memusingkan dan membosankan. 

Itu sebabnya Moladin mengelompokkan setiap komponen pada mobil berdasarkan jenis dan fungsinya. Tujuannya agar kamu bisa lebih mudah memahami penjelasan dan cara kerjanya masing-masing.

Secara umum sparepart mobil dibagai ke dalam lima jenis, yakni komponen bodi, sistem kelistrikan dan perangkat elektronik, komponen interior, komponen istem penggerak serta komponen lainnya. Sekarang kita bahas satu persatu.

Komponen Bodi

Sparepart Mobil Komponen Bodi

Bodi mobil merupakan bagian eksterior

Komponen bodi mobil tersusun oleh banyak komponen. Sparepart mobi yang menyusun kompoen bodi diantaranya, kap mesin, bemper depan/belakang, pintu, grille, atap, pintu bagasi, kaca depan/belakang, jendela, hingga pelek dan ban.

Seluruh sparpart bagian komponen bodi yang membentu desain satu unit mobil secara utuh. Komponen bodi memiliki peran utama sebagai menjadi wajah dan wujud kendaraan. Komponen bodi juga berfungsi sebagai pelindung bagian dalam mobil. 

Tak hanya memiliki fungsi estetika saja, komponen bodi juga dapat berperan pada performa kendaraan. Desain eksterior yang aerodinamis dapat meningkatkan grip kendaraan ke permukaan jalan hingga efisiensi kendaraan.

Sistem Kelistrikan dan Perangkat Elektronik

aki mobil - bagian mobil

Aki merupakan komponen penting untuk sumber kelistrikan mobil

Setiap mobil mobil membutuhkan sistem kelistrikan dan banyak perangkat elektronik. Misalnya lampu utma untuk penerangan jalan, lampu sein, lampu rem, lampu mundur dan lain sebagaianya. 

Untuk menghidupkan mesin juga dibutuhkan sitem ignition, seperti ignition coil dan spark plugs. Mesin modern juga cukup pintar. Itu sebabnya ia diatur ECU (Electronic Control Unit). ECU menghimpun data yang diberikan oleh ratusan sensor seperti sensor temperatur suhu mesin, sensor oksigen, sensor tekanan bensin, sensor kecepatan dan masih banyak lagi lainnya. Semua perangkat elektronik tersebut bisa beroperasi karena sistem kelistrikan.

Bagian dalam kendaraan juga dijejali denga banyak perngkat elektronik, misalnya head unit audio, sound sistem, kamera parkir, antena radio hingga panel spidometer dan lainnya. Belum lagi komputer pengaturan fitur cruise control dan beragam fitur keselamatan seperti airbag control modul dan lainnya. 

Sistem kelistrikan dan perangkat elektronik merupakan sparepart mobil yang sangat penting. Misalnya sensor temperatur suhu mesin rusak, maka ECU dapat membaca informasi yang salah sehingga memerintahkan mesin untuk membatasi performa. Apalagi kalau komponen pengapian seperti koil ataupun busi mesin mati, sudah pasti mesin tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Mobil dengan fitur ADAS (Advanced Driver Assitance System) memiliki lebih banyak komponen sistem kelistrikan. Ia memiliki sensor atau kamera yang dapat membaca jarak mobil dengan kendaraan di depan, obyek yang melintas di bagian belakang kendaraan hingga dapat memerintahkan mobil melakukan pengereman darurat secara otomatis.

Itu sebabnya battery atau aki mobil yang menjadi pusat sistem kelistrikan kendaraan, merupakan salah satu sparepart mobil yang harus selalu diperhatikan kondisinya. Pilih battery mobil yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Lakukan perawatan rutin dengan megecek kondisi aki mobil agar seluruh fungsi sistem kelistrikan dan perangkat elektronik dapat berfungsi dengan sempurna.

Komponen Interior

Sparepart Mobil Komponen Interior

Interior mobil memiliki berbagai komponen, termasuk jok dan panel-panel pintu serta dashboard

Komponen interior adalah sparepart mobil yang paling sedikit jumlahnya. Sparepart mobil bagian interior diantaranya, jok, dashboard, konsol tengah dan karpet. Menariknya, komponen interior sering dilupakan perawatannya oleh pemilik kendaraan.  

Padahal komponen interior punya fungsi yang tak kalah penting dengan sparepart mobil lain. Misalnya, tombol dan tuas pengaturan yang termakan usia. Bila tuas wiper patah atau rusak, maka kamu akan mengalami kesulitan melihat saat berkendara dalam kondisi hujan lantaran tak dapat mengaktifkan wiper. 

Komponen interior lain yang sifatnya pelengkap juga cukup banyak sebetulnya, sebut saja laci, sandaran tangan hingga tray atau penutup bagasi. 

Komponen Sistem Penggerak

Sparepart Mobil Komponen Drivetrain

Komponen penggerak mobil termasuk mesin dan transmisi

Komponen sistem penggerak merupakan sparepart mobil yang sifatnya fast moving atau sering diganti. Karena komponen sistem penggerak merupakan susunan komponen yang sifatnya bergerak atau mekanis ketika mobil sedang berkendara. Seiring dengan usia pakai, maka sparepart mobil bagian sistem penggerak akan mengalami kehausan sehingga harus diganti ataupun dilakukan perbaikan.

Ada banyak komponen dalam sistem penggerak, mulai dari mesin, transmisi, sistem pendingin, sistem penyaluran bahan bakar, sistem gas buang, rem hingga suspensi dan sistem kemudi. Masing-masing komponen punya disusun oleh banyak sparepart.

Mesin misalnya, jantung pada kendaraan ini terdiri dari ribuan sparepart. Mulai dari blok mesin, kepala silinder, piston, katup, pompa oli, pompa air, tali kipas (fan belt) dan masih banyak lagi lainnya.

Agar dapat bekerja, mesin perlu mendapat asupan oksigen dan bahan bakar. Fuel system supply terdiri dari banyak komponen, diantaranya filter bahan bakar, filter udara, pompa bahan bakar, tangki bahan bakar, injector dan lainnya.

Ketika beroperasi, mesin pembakaran menghasilkan panas. Agar komponen mesin tidak meleleh karena panas (overheat), maka dibutuhkan juga sistem pendinginan mesin yang akan menjaga temperatur ruang bakar dalam suhu ideal. 

Ketika bekerja, friksi yang terjadi pada setiap komponen mesin juga perlu dilumasi agar tidak terjadi gesekan antar komponen mesin. Itu sebabnya mesin memiliki sistem pelumasan. Pemilik wajib melakukan pergantian oli mesin secara rutin.

Hasil sisa pembakaran mesin juga perlu dibuang. Maka ada yang namanya sistem pembuangan gas buang atau exhaust system. Sebelum dibuang ke atmosfer, gas buang diolah terlebih dahulu oleh catalytic converter untuk mengurangi tingkat polusi. 

Mesin menyampaikan tenaganya ke roda lewat transmisi. Transmisi pun banyak jenisnya, manual dan otomatis. Masing-masing punya sparepart yang berbeda. Transmisi memiliki gear atau roda gigi dengan jumlah yang berbeda. Transmisi dihubungkan dengan mesin oleh kopling atau clutch. Kopling sendiri pun punya banyak komponen di dalamnya.

Komponen Lainnya

Sparepart Mobil Komponen Lainnya

Filter udara dan AC merupakan salah satu komponen mobil penting

Terakhir, mobil memiliki komponen lain yang tak kalah penting fungsinya. Misalnya Air Conditioner (AC). Sistem AC terdiri dari banyak komponen, mulai dari kompresor, kondensor, hose atau selang bertekanan tinggi, filter udara, evaporator, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk merangkai seluruh sparepart mobil, dibutuhkan suku cadang tambahan. Misalnya, beraing, kabel, pin, baut, rivet, cat, lem, dan lain-lain. Itu sebabnya, satu unit mobil memiliki banyak sekali sparepart.

Tips Memilih Sparepart Mobil

tips memilih sparepart mobil

Beli sparepart original yang kualitasnya sudah terjamin

Bila sudah waktunya untuk dilakukan pergantian, pilih sparepart yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Paling aman pilih sparpart OEM (Original Equipment Manufacture) atau suku cadang asli pabrikan. 

Namun bila tidak menemukan suku cadang OEM, kamu bisa mencari sparepart mobil buatan aftermaret yang terpercaya. Sebetulnya sparepart OEM juga banyak yang dibuat oleh produsen yang ditunjuk oleh pabrikan. Nah produsen itu menjual produk tersebut dengan brand mereka sendiri. Kamu bisa cari produk aftermarket di pasar onderdil.

Hati-hati barang palsu atau sparepart KW. Cara paling mudah mengidentifikasi onderdil palsu, lihat harganya. Bila harga sparepart mobil yang kamu cari jauh lebih murah dari harga originalnya, maka kualitasnya patut dipertanyakan. Kualitas suku cadang yang tidak asli besar kemungkinan tidak memenuhi standar keselamatan.

Nah Moladiners, itu tadi informasi dan penjelasan mengenai sparepart mobil. Simak terus Moladin untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia otomotif

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika