Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Bemper Mobil: Definisi, Fungsi, Biaya Servis, dan Cara Reparasi

by Baghendra Lodra
Bemper Mobil: Definisi, Fungsi, Biaya Servis, dan Cara Reparasi

Bemper mobil lecet, penyok, retak ataupun renggang, hampir semua pemilik mobil pasti pernah mengalaminya. Maklum, posisi bemper yang terletak di bagian paling depan dan belakang kendaraan mudah tersenggol kendaraan lain.

Apalagi materialnya yang terbuat dari plastik yang mudah rusak. Padahal bemper merupakan bagian penting dari eksterior yang menentukan jelek tidaknya desain mobil. Mengapa bemper di mobil terbuat bukan dari material metal yang kokoh?

Nah Moladiners, sebelum menjawab alangkah baiknya kalau kita pahami terlebih dahulu mengenai definisi dan fungsi bemper mobil. Setelah itu kita akan mencoba untuk memperbaiki ataupun mengetahui berapa biaya perbaikannya kalau diperbaiki di bengkel.

Fungsi Bemper Mobil

Bemper Mobil: Definisi, Fungsi, Biaya Servis, dan Cara Reparasi

Bemper mobil adalah salah satu komponen safety yang bisa meminimalkan efek kerusakan struktur kendaraan saat terjadi tabrakan

Setiap mobil sekarang pasti memakai bemper. Posisinya di bagian depan dan belakang mobil. Bentuknya tidak hanya mendukung desain mobil. Apalagi bemper depan. Bahkan tak sedikit produsen mobil yang hanya mengganti desain bemper kala melakukan peremajaan model. Ubahan sedikit saja pada bagian bemper, wajah mobil bisa berubah signifikan.

Bemper mobil yang kita kenal memiliki fungsi estetika. Terbuat dari material yang mudah dibentuk, komponen plastik dekoratif ini menutupi struktur berbahan metal yang tersembunyi di baliknya.

Dahulu, bemper mobil bukan komponen wajib. Awalnya bemper dibuat dari potongan baja tebal yang kaku untuk melindungi struktur rangka kendaraan. Perkembangan desain mobil yang semakin maju menuntut desain bemper depan menjadi semakin bervariasi. Itu sebabnya material baja mulai ditinggalkan.

Tak hanya memiliki fleksibilitas dalam desain, material plastik sintetis juga lebih memperhatikan segi keselamatan. Bemper yang terbuat dari plastik dapat menyerap energi benturan lebih baik dibanding baja. Sifatnya yang lentur tak hanya dapat meminimalkan kerusakan struktur dan komponen mobil dengan lebih optimal saja, tetapi juga dapat melindungi pejalan kaki bila terjadi benturan dengan lebih selamat. 

Besarnya energi benturan yang diserap oleh bemper menentukan tingkat kerusakan bemper mobil. Tingkat kerusakan yang terlalu parah, seperti sobek, pecah hingga terpotong, harus kamu konsultasikan dengan bengkel spesialis perbaikan bodi. Besar kemungkinan tingkat kerusakan yang parah membuat bemper tak lagi dapat diperbaiki dan harus diganti dengan komponen yang baru.

Cara Memperbaiki Bemper Mobil 

perbaikan bemper mobil

Bemper mobil yang rusak bisa diperbaiki sendiri di rumah

Bemper yang mengalami kerusakan ringin akibat pemakaian rutin sehari-hari dapat diperbaiki. Biasanya bemper lecet atau tergores hingga penyok akibat menabrak tiang listrik atau pagar rumah. 

Walaupun kerusakannya berukuran kecil dan tidak sampai harus dibawa ke bengkel, tetap saja mempengaruhi keelokan mobil kamu. Berikut ini cara memperbaiki kerusakan ringan bemper mobil secara mandiri di rumah.

Bemper Lecet

Bemper tergores akibat disenggol sepeda motor di tengah kemacetan. Kebetulan luka goresannya tidak terlalu dalam. Meski begitu terlihat goresan bekas gesekan yang merusak warna atau cat bodi mobil. Bagaimana cara memperbaikinya?

Pertama coba dengan memoles bagian yang tergores. Silahkan gunakan pasta untuk memoles bodi mobil yang mudah ditemui. Gunakan polisher atau kain lembut untuk memoles bemper mobil yang tergores.

Sudah dipoles tapi goresan masih terlihat? Coba gunakan produk compound atau scratch remover. Caranya cukup oleskan di bagian yang hendak diperbaiki dan gosok perlahan menggunakan busa atau kain lembut. Caranya sama seperti memoles bodi mobil.

Ada produk paint remover berbentuk pena. Paint remover ini memiliki variasi pilihan warna yang banyak dipakai oleh warna cat mobil pada umumnya. Goreskan pena yang sama dengan warna cat mobil pada bagian yang tergores. Ada pula produk paint remover berbentuk cair dengan kuas kecil seperti tipe-X. Caranya sama, oleskan ke bagian yang lecet. Setelah kering poles dengan compound ataupun pasta untuk memoles mobil.

Baca juga  3 Penyebab Atap Mobil Bocor dan Akibat Buruknya

Kalau bagian kulit bemper mobil sampai terkelupas namun tidak sampai sobek, kalian bisa menyiapkan amplas halus P5000 atau P1000 misalnya. Basahi lebih dahulu amplas sebelum mengamplas bagian yang tergores agak dalam. 

Amplas bagian bemper yang lecet agak dalam sampai halus. Setelah itu keringkan dengan kain kering. Setelah kering gunakan cat cair semprot dan semprotkan ke bagian bemper yang rusak. Semprotkan tipis menutupi seluruh bagian dan tunggu kering.

Ulangi langkah tadi. Kamu boleh menyemprotkan cat cair dua sampai tiga lapisan sampai warna bagian bemper mobil lecet sudah sama dengan bagian lainnya yang mulus. Setelah kering semprotkan cat clear untuk melindungi warna cat yang baru disemprot. Tunggu kembali sampai kering. Kalau sudah kering poles bagian yang sudah dicat agar warna menyatu dengan bagian lainnya dan tidak terlihat belang.

Bemper Penyok

Hampir semua pemilik mobil pasti pernah mengalami kejadian yang tak mengenakkan seperti ini. Misalnya menabrak tiang listrik lantaran terhalangi blind spot saat berjalan mundur. Ataupun bemper mobil menabrak trotoar pembatas tempat parkir. 

Kalau sudah begini, kerusakan biasanya lebih dari sekedar tergores saja. Penyok memang memang menjadi momok karena merusak estetika eksterior mobil. Apalagi bemper terletak di bagian wajah kendaraan.

Tenang tidak usah panik. Siapkan air panas yang mendidih. Siram air panas sedikit demi sedikit ke bagian bemper mobil yang penyok. Tekan bagian dalam bemper yang penyok agar permukaannya kembali ke bentuk semula. Gunakan kain agar tidak melukai tangan kamu. Kalau sudah berhasil, siram dengan air dingin agar bemper kembali ke keadaan normal.

Bagaimana bila bagian dalam bemper sudah dijangkau? Kalian bisa melepas terlebih dahulu bagian bemper. Lakukan perlahan dan hati-hati, jangan sampai malah merusak kancing tempat bemper terikat pada rangka mobil. 

Setelah dilepas, ulangi langkah menyiram air panas sedikit demi sedikit pada bagian bemper mobil yang rusak dan tekan bagian dalam bemper untuk mengembalikan bentuknya ke keadaan semula. Kalau sulit mengembalikannya bagian bemper ke keadaan semula memakai tangan, gunakan palu karet untuk menekan bagian yang penyok dari dalam. Supaya lebih aman, gunakan heat gun sebagai pengganti air panas. Panaskan bagian yang penyok dengan heat gun lalu pukul-pukul perlahan dari dalam bagian bemper yang penyok.

Konsultasikan dengan Bengkel Spesialis Perbaikan Bodi

bengkel bodi repair mobil

Bengkel bodi repair mobil 

Tidak semua mobil bagian bempernya mudah dilepaskan. Bahkan beberapa mobil modern, bagian bemper harus dilepas dengan alat khusus. Kalau sudah demikian, lakukan perbaikan di bengkel spesialis perbaikan bodi atau bengkel cat mobil.

Berapa biaya perbaikan bemper mobil di bengkel spesialis? Estimasi biaya servis bemper mobil bervariasi tergantung tingkat kerusakan dan biaya yang dikenakan bengkel. Perbaikan bemper di bengkel resmi berkisar Rp 800 ribuan sampai Rp 1 jutaan. 

Kalau di bengkel spesialis cat mobil harganya mulai dari Rp 600 ribuan per panel. Biaya tersebut biasanya masih bisa dinegosiasikan. Kalau hanya pengecatan saja, biayanya bisa lebih murah. Misalnya, biaya pengecatan bemper mobil MPV seperti Toyota Avanza di bengkel cat duco biasanya mulai dari Rp 450 ribuan per panel.

Jika bemper mobil sudah rusak parah sampai robek dan harus dijahit, tentu saja biayanya juga menjadi lebih mahal. Atau kalau tingkat kerusakan sudah terlalu parah dan tidak bisa diperbaiki, maka bemper mobil lama kamu harus diganti dengan yang baru. Biayanya bervariasi tergantung jenis dan merek mobil.

Nah Moladiners selain informasi tentang cara memperbaiki bemper mobil yang rusak, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar perbaikan dan perawatan mobil di Moladin

Kalau kamu sedang mencari mobil bekas, pastikan juga kondisi bemper mobil dalam keadaan baik. Moladin dapat menjadi pilihan terbaik kamu untuk membeli mobil bekas. Karena Moladin menjadi platform jual beli mobil bekas online berkualitas di Indonesia. Pantau terus Moladin.com agar mendapat informasi terkini seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika